5 Cara Ampuh Agar Kamu Bisa Mendapatkan Beasiswa

Mendapatkan beasiswa adalah mimpi dari setiap orang yang sedang menempuh pendidikan. Baik itu kamu lagi menempuh sekolah menengah atas ataupun ke jenjang yang lebih tinggi lagi seperti kuliah. Kenapa harus mendapatkan beasiswa? Sebab biaya pendidikan sekarang itu mahal bro! Apalagi kalo kuliahnya di universitas tenama, terlebih lagi kalo ada niatan di luar negeri. Rasanya akan sangat berat jika mengandalakan uang pribadi.

Dengan mendapatkan beasiswa, setidaknya kamu bisa meringankan beban orangtuamu. Malu aja kan kalo udah gede, tapi masih nyusahin orangtua. Terlebih lagi jika kuliahnya di jenjang S2 dan S3 yang tentu membutuhkan biaya yang engga sedikit.

Beasiswa
Beasiswa (Sumber: Thoughtco.com)

Sebenernya sih kalo orangtua mah pasti oke-oke aja dan ngedukung anaknya untuk kuliah kemanapun juga. Tapi kita juga sebagai anak pasti ingin kan membuat mereka bangga? Ya setidaknya dengan membuktikan kepada mereka bahwa kita bisa lho kuliah tanpa harus mengandalkan biaya dari orangtua. Syukur-syukur kan kalo bisa gratis sampe lulus. Insya Allah itu mah pasti membuat orangtua kita bangga.

Nah di tulisan ini saya mau berbagi sedikit tips mengenai cara ampuh agar kamu bisa mendapatkan beasiswa. Saya sendiri Alhamdulillah bisa dapet beasiswa full sampe lulus di Universitas Pertamina. Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diberikan oleh Pertamina Foundation. Sebuah yayasan milik PT. Pertamina (Persero) yang bergerak dibidang di bidang sosial dan kemanusiaan, dan memiliki fokus di bidang pendidikan dan lingkungan hidup.

Seangkatan dengan saya, lebih dari 250 orang telah yang mendapat beasiswa dari Pertamina Foundation. Beasiswa yang diberikannya macem-macem, ada yang dikasih beasiswa full sampe lulus ditambah juga uang saku, ada yang hanya beasiswa full sampe lulus saja tanpa uang saku, ada juga yang hanya mendapatkan uang saku saja tanpab gratis biaya kuliah, ada yang biaya kuliahnya dibayarin 50%, dan masih banyak lagi tipe beasiswa yang tersedia.

Universitas Pertamina
Saya dengan teman-teman Teknik Mesin Universitas Pertamina

Intinya, sangat banyak sekali beasiswa yang diberikan oleh Universitas Pertamina, baik itu yang berasal dari Pertamina Foundation, dari pihak Universitas sendiri, dan juga dari Kementrian Pendidikan. Disamping beasiswa prestasi, di Universitas Pertamina juga tersedia beasiswa ekonomi dan beasiswa-beasiswa lainnya. Ah pokonya keren deh… Soalnya target dari pihak rektorat itu sebesar 50 persen dari mahasiswa yang kuliah di Universitas Pertamina harus mendapatkan beasiswa. Masya Allah!

Okee langsung aja ya kita masuk ke bahasan utama kita, 5 cara ampuh yang kita bisa ikhtiarkan untuk bisa mendapatkan beasiswa. Tips ini ditulis berdasarkan pengalaman saya pribadi, yang Alhamdulillah saat ini sedang menjadi salahsatu yang ditakdirkan Tuhan sebagai peneriman manfaat beasiswa. Apa aja tipsnya?

1. Berdoa itu penting brader, harus jadi yang utama

Dibeberapa situs lain, kebanyakan tips menganai beasiswa suka menaruh berdoa ini di urutan paling akhir. Maka ditulisan ini, saya mua tampil beda dan memberanikandiri untuk menaruh hal ini diurutan paling atas. Kenapa? Sebab saya yakin, bahwa setiap beasiswa yang didapatkan seseroang ada campurtangan doa dibelakangnya.

Berdoa itu penting
Berdoa itu penting (Sumber: gomuslim.co.id)

“Ah masa? Saya dapet beasiswa tapi gak pernah tuh sekalipun berdoa!”

“Sok alim lu, dimana-mana juga doa mah hanya pelengkap aja!”

“Iya nih apaan sih, biasanya doa itu di akhir setelah kita apply semua persyaratannya!”

Oke tenang-tenang brader! Kalian boleh aja engga setuju dengan saya, itu hak kalian. Tapi saya sendiri sangat percaya, bahwa di dunia ini tidak ada yang kebetulan, alias semuanya saling terhubung. Sebenernya tak menutup kemungkinan juga sih kita bisa mendapatkan beasiswa walaupun gak pernah berdoa sekalipun. Tapi percayalah, pasti ada doa orang-orang lain di belakangnya, baik itu doa orangtua kita, guru-guru kita, temen-temen kita, atau mungkin doa seorang ibu tua yang tak sengaja kita berikan sisa makanan waktu berangkat sekolah.

Intinya mah, hal pertama yang harus kamu lakukan saat ingin mendapatkan beasiswa adalah berdoa. Minta pada Tuhan supaya diberikan petunjuk dan jalan supaya bisa mendapatkan beasiswa yang tepat. Sebab sehebat apapun juga kamu berikhtiar untuk mendapatkan beasiswa, jika Tuhan engga mau berkehendak mah pasti akan ada aja halangannya. Baik itu kamu telat menerima informasinya, ada satu persayaratan yang lupa terpenuhi, dan hal-hal simpel lainnya yang dapat menyebabkan kamu gagal mendapatkan beasiswa.

Jadi hal pertama dan yang paling utama, jangan lupa banyak-banyakin doa yaa ;).

2. Jangan males buat nyari informasi

Nah setelah kita berdoa, Tuhan itu engga diam brader. Dengan sifatnya yang Maha Baik, Tuhan akan menunjukan jalan-jalan yang dapat mengantarkan kamu supaya bisa mendapatkan beasiswa yang kamu butuhkan. Tapi sayaratnya, kamu juga harus mau usaha untuk mencari informasinya. Gak mungkin juga kan infonya tiba-tiba dateng dari langit ke hadapan kita wkwkwk. Soalnya kita mah bukan nabi yang layak menerima wahyu. Jadi tetap jangan males nyari informasinya.

Nyari Informasi
Nyari Informasi (Sumber: Pexels.com)

Saya sendiri waktu tau kalo ada beasiswa di Universitas Pertamina itu infonya dapet di Bandung, ketika mengikuti Edu Fair yang diadakan pihak Universitas. Tempat tinggal saya di Garut, tapi waktu itu saya memberanikan diri untuk pergi ke Bandung dengan beberapa orang teman naik motor. Dan Alhamdulillah, mungkin salahsatu jalannya itu dari sana. Coba saja kalo saya males pergi ke Bandung, belum tentu kan dapet beasiswa?

Jadi coba deh kalo kamu emang niat mau dapet beasiswa, jangan jadi makhluk mageran. Gerak, gerak, gerak. Cari terus informasinya. Apalagi saat ini teknologi udah canggih, bisa juga kan nyari juga lewat internet. Intinya kalo emang niat kita kuat insya Allah Tuhan itu pasti nunjukin jalan-jalanNya. Aseli deh!

3. Cari tau persyaratannya dari jauh-jauh hari

Ketika kamu pengen mendapatkan beasiswa, kamu juga harus gercep, gerak cepat. Jangan dadakan, dan harus dari jauh-jauh hari. Kenapa? Sebab biasanya proses atau tahapan untuk bisa menerima beasiswa itu panjang. Setidaknya nih, kamu harus mulai cari-cari persyaratan yang dibutuhkan untuk bisa apply beasiswa itu tiga bulan sebelumnya.

Persyaratan
Persyaratan (Sumber: Yothmanual.com)

Bahkan lebih baik juga nih saat kamu masih duduk di SMA kelas 1 misalnya nih, kamu udah cari-cari informasi menganai beasiwa untuk kuliah sejak saat itu. Dengan begitu kamu akan prepare sejak awal dan bisa tahu hal-hal yang perlu kamu siapkan itu apa sih. Setidaknya dengan cara seperti itu kamu udah go ahead daripada teman-teman yang lainnya.

Jangan sampai, saat kamu ingin mendapatkan beasiswa saat kuliah justru baru mencarinya h-1 bulan. Enggak salah sih sebebenrnya, tapi kamu akan ketinggalan jauh dari temen-temen yang lainnya. Persiapan kamu pun jadi minim, dan akhirnya kesempatan kamu untuk bisa dapet beasiswa pun jadi kecil.

4. Perkaya skill dan relasi

Hal lain yang tak kalah pentinganya adalah kamu harus punya banyak skill dan relasi. Dalam beberapa kesempatan, ada juga tuh beasiswa yang bisa didapatkan karena kamu punya banyak kemampuan. Misalnya nih karena kamu jago silat, maka kamu dapet beasiswa dari Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Misalnya juga kamu jago Astronomi, jago renang, dan keahlian di bidang-bidang lainnya. Itu bia jadi daya jual tersendiri untuk kamu bisa mendapatkan beasiswa.

Skill
Skill (Sumber: Pexels.com)

Dari sekarang, kamu juga harus mulai memperbanyak relasi. Sebab tak jarang informasi mengenai beasiswa ini berasal dari relasi atau kenalan kita. Coba deh diluaskan lagi relasinya. Siapa tau kan dari sekian banyak yang kita kenal, ada tuh satu atau dua orang yang bisa memberikan informasi kepada kita mengenai beasiswa yang kita harapkan.

5. Mulai biasakan diri untuk nulis

Yang terakhir adalah tentang kenapa harus membiasakan diri untuk menulis? Soalnya kebanyakan dari beasiswa yang dibuka mewajibkan kamu untuk menyertakan tulisan sebagai salahsatu persyaratannya. Baik itu essay, cover letter, ataupun jenis tulisan-tulisan lainnya. Beberapa contoh tema tulisan yang sering dijadikan tema dalam persayaratan besasiswa seperti “Kenapa saya layak mendapatkan beasiswa?” atau “Kontribusi apa yang telah kamu berikan untuk Indonesia?” dan tema-tema yang lainnya.

Nulis
Biasakan diri untuk mulai nulis

Intinya kamu harus mulai membiasakan nulis dari sekarang, soalnya kalo baru mulai latihan nulis saat mau mengajukan beasiswa, rasanya akan sulit. Beda lagi dengan mereka yang memang udah membiasakan nulis dari jauh-jauh hari. Itu akan sedikit memperingan kamu dalam membuat tulisan yang diwajibkan saat kamu mau apply beasiswa.

Nah itu aja mungkin sedikit tips dari saya, mudah-mudahan ada manfaatnya yaa. Semangaaaat terus. Kalo ada apa-apa dan ada yang perlu didiskusikan, mangga silahkan :)). Doa saya, mudah-mudahan Tuhan mudahkan kamu agar bisa jadi salahsatu orang yang bisa meraasakan bagaimana jadi penerima manfaat dari sebuah beasiswa :)).

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Tempat Wisata Kuliner Malang Yang Sudah Puluhan Tahun

Sat Aug 24 , 2019
Ada tiga alasan kenapa kamu harus menggunjungi kota Malang. Pertama, karena Malang termasuk kota yang memiliki pantai yang indah. Sepanjang pesisir, kalian bisa menikmati deburan ombak, pantai berpasir putih, hingga snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut. Alasan selanjutnya, karena di Malang banyak tempat wisata dan hiburan, khususnya dibagian kota Batu. […]
Hok Lay - Inijie.com