5 Daftar Tempat Makan Malam Di Pekalongan

Meskipun kota Pekalongan dikenal sebagai kota batik, tapi ternyata dikota ini punya banyak daftar tempat makan yang mesti dikunjungi saat sedang berada dikota ini.

Selain harganya yang terjangkau, rasanya pun dijamin bikin ketagihan para pembeli yang mecobanya. Berikut adalah beberapa pilihan tempat untuk berwisata kuliner di Pekalongan :

Lesehan Nasi Megono

Nasi Megono memang salah satu makan khas Pekalongan. Nasi  Megono terdiri atas nasi yang diatasnya diberikan cacahan nangka muda yang dicampur dengan parutan kelapa beserta bumbu-bumbu lainnya. Nasi megono biasanya disajikan dengan mendoan atau tempe goring tipis yang bertepung yang digoreng setengah mateng.

Nasi megono dengan telur puyuh dan tempe mendoan -gambar : beritakuliner.com

Lesehan nasi megono sangat mudah dijumpai di Pekalongan, mulai dari sepanjang jalan Urip Sumoharjo yakni dari perempatan Ponalawean ke Selatan hingga ke daerah Kedung Wuni.

Menurut cintapekalongan.com, lesehan nasi megono yang paling ramai berada di Jalan Urip Sumoharjo Pringlangu atau Buaran. Biasanya buka mulai pukul 17.00 WIB hingga tengah malam.

Yang namanya lesehan, sudah pasti anda bisa memilih sendiri berbagai macam lauk yang sudah disediakan seperti: pepes ikan, sate, telur puyuh, mendoan tempe, hingga capitan (sapitan daging) yang juga merupakan makanan khas Pekalongan.

Harga yang ditawarkan pun tergolong sangat murah bila dibandingkan dengan makanan-makanan yang ada di Jakarta, karena harganya tak sampai 10.000 rupiah loohhh. Murah banget nggak tuh?

Tapi yang harus kalian garis bawahi adalah masakan jika beda orang yang mengolah sudah pasti rasanya pun akan berbeda, jadi selamat mencari nasi megono yang sesuai dengan lidah kalian yaa hehe.

Obonk Steak & Ribs

Waah ada kabar gembira nih untuk para pecinta daging atau steak. Karena,di Pekalongan juga ada loh resto steak yang terkenal enak, nama tempatnya adalah Obonk Steak N’ Ribs.

Obonk Steak & Ribs – via id.openrice.com

Awalnya resto dengan sistem waralaba ini didirikan oleh Bapak Sugondo, meski dulu target pasarnya adalah kalangan menengah atas, namun ternyata harga yang ditawarkan masih lebih murah jika dibandingkan dengan resto atau hotel berbintang lainnya. Masih dibawah 100.000 rupiah.

Menu yang ditawarkan pun beragam. Daging yang digunakan juga ada yang lokal maupun import. Resto ini terletak di Jalan Progo No. 53A Padukuhan Kraton, Kota Pekalongan. Buka mulai dari jam 11:00 – 22.00

Angkringan Sang Dalang

Tempat makan yang paling banyak ditemui di Jawa adalah tempat makan berjenis angkringan. Harganya pun sudah pasti murah dan sangat cocok untuk para mahasiswa ataupun anak kost.

Nah di Pekalongan ternyata ada warung angkringan yang bernuasna café and resto yaitu Angkringan Dalang. Ditempat ini menyediakan banyak menu, diantaranya : nasi kucing, nasi uduk, serta berbagai macam makanan khas angkringan lainnya. Angkringan Dalang beralamat di Jalan Binagriya Kota Pekalongan atau MAN 2 pekalongan, lurus terus kearah barat sejauh 100 meter.

Ayam Gepuk

Ayam gepuk sebenarnya masih mirip-mirip dengan ayam penyet ataupun ayam geprek. Tapi biasanya walau nama dan bentuknya sama, tapi setiap daerah punya ciri khas rasa yang berbeda loh.

Di Pekalongan ada nih tempat makan yang terkenal dengan resep sambal yang lezat yang dipadu dengan ayam atau bebek goreng, yang bertempat di Tirto atau selatan alun-alun kota Pekalongan.

Nasi Goreng Ibu Kustiani

Sumber gambar : Foursquare

Warung nasi goreng Ibu Kustiani adalah salah satu warung nasi goreng yang terkenal dengan cita rasa yang sangat enak dan sedap. Tidak hanya menyediakan nasi goreng, tapi ada juga capcay kuah atau mie kuah yang tak kalah enaknya.

Warung Nasi Goreng Ibu Kustiani beralamat di Jalan Angkatan 45, Kota Pekalongan atau dari Bank BTN belok kearah utara sejauh 150 meter.

Jadi kalian sudah menentukan mau pergi ketempat yang mana dulu nih?

 

Sumber Referensi: Cintapekalongan.com

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pada Beberapa Hal Berikut Ini, Nampaknya Kamu Memang Harus Bersikap Bodo Amat!

Wed Aug 21 , 2019
Beberapa hari ke belakang, dunia sosial media Indonesia kembali di buat heboh. Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan karena Young Lex telah merilis sebuah single baru yang judulnya “Lah Bodo Amat”. Banyak pro dan kontra yang muncul dari hadirnya lagu tersebut ke khalayak umum. Tapi pada kesempatan ini saya bukan […]