5 Makanan Khas Klaten Yang Harus Kamu Coba

Klaten adalah sebuah kabupaten yang cukup unik, karena diimpit oleh dua kerajaan dan dua keraton. Di sebuah barat kota Klaten ada sebuah keraton Kasunanan Yogyakarta, dan di sebelah timur merupakan keraton Kasunanan Surakarta.

Kota ini juga tentunya mempunyai berbagai macam kuliner yang rasanya tak kalah enak jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Beragam kuliner yang unik dan menggoda setiap pengunjung kota ini untuk kembali melepas rindu bagi pemudik atau pengunjung kota ini.

Berikut adalah beberapa kuliner kota Klaten yang wajib kalian coba:

Sego Gudangan

Makanan yang biasa ditemukan  saat pagi hari ini, merupakan makanan sejenis acar yang terdiri dari aneka sayuran segar yang ditambah dengan parutan kelapa, bubuk kacang, lalu disiram saus terbuat dari tempe.

Sego Gudangan - berita.baca.co.id
Sego Gudangan – berita.baca.co.id

Dalam satu  porsi terdapat; nasi, gudangan, dan lauk-pauk. Kuliner murah ini bisa dengan mudah kalian jumpai di tempat yang ramai di kota Klaten.

BACA JUGA : Cafe Unik di Bali

Nasi Terancam Khas Klaten

Nasi trancam adalah makanan menyerupai hidangan urap yang bisa kalian temui di daerah Jawa Timur. Namun yang bikin beda adalah semua sayuran disajikan tanpa direbus terlebih dahulu. Mirip dengan Karedok, tapi bedanya tidak menggunakan bumbu saus kacang.

Nasi Terancam Khas Klaten - Makanajib.com
Nasi Terancam Khas Klaten – Makanajib.com

Nasi terancam banyak dijajakan berdampingan dengan ayam goreng dan berbagai jeroan ayam maupun sapi yang gurih. Tetapi, kalian juga bisa menikmati nasi terancam dengan teman yang lebih sederhana seperti tahu atau tempe goreng.

BACA JUGA : Kuliner Khas Semarang

Soto Bebek & Bebek Bacem

Saat kalian sedang berada di daerah Karanglo, Gondang, maka kalian harus mencicipi soto bebek di kota ini. Di sepanjang jalan  raya Yogyakarta-Solo ini, kalian akan  menjumpai deretan warung soto bebek. Salah satu warung soto bebek yang paling legendaris adalah milik Bu Siswo yang sudah berdiri sejak 1953.

Soto Bebek & Bebek Bacem - Klaten.onwae.com
Soto Bebek & Bebek Bacem

Warungnya yang tak jauh dari pabrik gula Gondang Winangun ini, juga menyediakan bebek bacem pertama di Klaten. Tak hanya disajikan dengan bacemgoreng, melainkan juga dibakar, membuat sensasi cita rasa sendiri.

Bagi kalian pecinta kuliner bebek, wajib mendatangi warung soto bebek dan bebek bacem Bu Siswo yang berada di Karanglo, Gondang, sebelah timur pabrik gula tersebut.

Sego Tumpang Lethok

Makanan ini adalah  nasi yang ditambahkan sayuran segar diatasnya dan ditaburi dengan parutan kelapa di atasnya.

Sego Tumpang Lethok – Tribbunnews.com

Biasa ditemukan saat pagi hari dan dihidangkan dengan kurapan daun pepaya, bayam, nangka muda, daun jeruk, telur rebus, krecek, serta tak lupa koyor. Selanjutnya barulah disiram dengan kuah sambal tumpang (lethok) yang terbuat dari campuran tempe, cabai, sandan, dan lain-lain.

Makanan khas Klaten ini dapat Anda jumpai di Jln. Mayor Kusmanto hingga daerah Perlimaan Bramen saat pagi hari.

Slondok Khas Klaten

Makanan ringan yang terbuat dari singkong yang telah digiling, lalu direbus dengan bumbu-bumbu spesial. Setelah tercampur maka Slondok akan dibentuk seperti gelang-gelang dan akan dijemur hingga kering. Tahap selanjutnya adalah penggorengan dan pengemasan Slondok. Mungkin bagi sebagian orang mengenal makanan ini dengan nama Kelanting.

Dulunya Slondok hanya memiliki satu rasa namun sekarang Anda dapat menjumpai Slondok dengan berbagai varian rasa dan tak perlu  khawatir karena tetap ada produsen yang mempertahankan rasa originalnya.

Nah itu adalah 5 makanan  khas Klaten yang bisa kamu coba saat sedang berkunjung ke Klaten. Jadi sekarang sudah punya gambaran kan mau makan apa?

 

Sumber Referensi : Wisatadanhotelmurah.com

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Inilah Rumus Sederhana Agar Akhlak Selalu Baik

Mon Sep 16 , 2019
Akhlak adalah cerminan dari kepribadian seseorang. Walaupun biasanya hal pertama yang dinilai seseorang terhadap orang yang baru pertama kali ditemuinya adalah penampilan. Tapi justru hal pertama yang harus selalu kita perbaiki setiap harinya itu adalah akhlak. Lho kenapa harus akhlak? Sebab percuma saja kalo penampilannya menarik, tapi dari segi akhlak […]
Akhlak Mulia