6 Makanan Khas Cianjur. Yang Harus Kamu Coba!

Setiap daerah pasti memiliki makanan khasnya masing-masing, tak terkecuali Cianjur, salah satu wilayah yang terletak di provinsi Jawa Barat. Selain terkenal dengan tempat wisatanya yang menarik, daerah ini juga memiliki banyak makanan khas.

Berikut beberapa makanan khas Cianjur yang patut kalian coba, saat sedang mampir di Cianjur :

Laksa Cianjur

Laksa Cianjur merupakan salah satu makanan khas Cianjur yang banyak digemari oleh baik warga lokal maupun para wisatawan yang berkunjung ke Cianjur.

Laksa Cianjur – Gambar : Cianjur.pojoksatu.id

Bahan dasar laksa Cianjur adalah taoge, daun kemangi, tidak ketinggalan pula oncom dan bihun, kuahnya menggunakan santan.

Laksa Cianjur ini mirip dengan laksa Bogor, mungkin karena Cianjur berdekatan dengan Bogor jadi makanannya pun mirip-mirip hehe. Namun meskipun terlihat mirip, dalam hal rasa pasti ada perbedaan antara laksa Cianjur dengan laksa Bogor. Kalian dapat menjumpai banyak tukang laksa Cianjur di Jalan Mokhamad Ali.

Roti Manis Tan Keng Cu

Roti Tan Keng Cu – Via Galeriwisata.com

Kalau kalian adalah pecinta roti, maka kalian harus mencoba kuliner satu ini, yaitu roti manis. Kuliner roti Cianjur ini sudah sangat lama diproduksi  dan masih eksis hingga sekarang, serta menjadi favorit masyarakat lokal maupun wisatawan yang datang.

Roti manis ini sudah diproduksi sejak tahun 1926 silam. Salah satu roti manis yang cukup terkenal adalah roti manis Tan Keng Cu. Cara pembuatannya masih menggunakan cara tradisional, pembakaran roti pun masih menggunakan batu bara, sehinggga roti ini memiliki ciri khas tersendiri.

Geco

Geco – Via : Merahputih.com

Geco adalah salah satu makanan khas Cianjur. Geco merupakan singkatan dari touge dan tauco. Tidak hanya namanya yang unik, rasa dari makanan ini pun tak kalah enak jika dibandingkan dengan makanan khas Cianjur lainnya. Geco memiliki tampilan yang mirip dengan kutat tahu. Hanya saja, Geco disajikan dengan tauco. Penasaran kan? Kalau sekarang kalian sedang di Cianjur, tak ada salahnya untuk mencoba makanan ini.

Moci

Moci adalah campuran kacang tanah dan terigu yang dilumuri tepung dan diolah dengan cara khusus, sehingga menghasilkan sajian kuliner yang unik dan menggugah selera.

Moci biasanya dijual dalam kotak-kotak kecil yang terbuat dari bambu atau yang lebih dikenal dengan sebutan besek. Harganya pun sangat terjangkau, hanya sekitar 5.000 per kotak.

Bandrek

Minuman tradisional khas Cianjur yang legendaris ini mempunyai aroma rempah yang sangat kuat, dengan rasa yang sedikit pedas dan campuran kayu manis gula aren yang membuat rasanya semakin nikmat.

Salah satu sentra pembuatan dan penjualan bandrek di Cianjur, berada di desa Sukamaju yang masih membuat minuman khas ini dengan cara tradisional dan menggunakan bahan alami.

Marici

Ada makanan ringan khas Cianjur bermerk Marici. Marici sebenarnya singkatan dari Makanan Ringan Cianjur. Marici tersaji dalam beberapa bentuk, yaitu olahan putumayang, rengginang dan renggining.

Marici – gambar : Vindyputri.com

Marici Putumayang terbuat dari tepung beras  yang dibentuk mirip mie kemudian dikukus, lalu disajikan bersama dengan santan dan saus gula merah.

Sedangkan rengginang adalah kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan yang telah dikeringkan dengan cara dijemur kemudian digoreng. Kalau renggining adalah kerupuk tradisional yang mempunyai bentuk sama dengan rengginang, namun bahan dasar utamanya adalah tepung beras yang dikeringkan.

**

Itulah adalah sedikit ulasan makanan khas Cianjur, dari ke enam makanan diatas ada nggak yang menarik perhatian kalian dan ingin mencobanya? Semoga makanan-makanan diatas bisa menjadi referensi saat kalian sedang di Cianjur ya.

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Pacaran Lama Bukan Jaminan Akan Menikah

Wed Aug 21 , 2019
Banyak yang menganggap bahwa pacaran merupakan salah satu cara perkenalan sebelum menikah. Dengan pacaran, berarti akan lebih mengenal sosok orang yang akan dinikahi kelak. Mungkin benar, dengan pacaran akan membuat dua orang saling mengenal lebih dalam, tapi hal itu tidak bisa dijadikan jaminan hubungan tersebut akan berakhir dipelaminan. Berikut adalah […]