Ini Dia 5 Kuliner Khas Palembang Yang Wajib Dicoba!

Berbicara menganai Kota Pelmabnag, banyak hal menarik yang ada di Bumi Sriwijaya ini. Mulai dari wisata alamnya, wisata budayanya dan tentunya wisata kulinernya. Ada banyak kuliner khas Palembang yang siap memanjakan lidah kamu saat berkunjung ke kota ini. Selain pempek yang telah mendunia, Palembang juga masih punya beragam kuliner lezat lainnya.

Yaaa… Kota Palembang memang terkenal dakan kelezatan makanan khasnya. Bagi penikmat wisata kuliner, Bumi Sriwijaya ini menjadi tempat destinasi yang disukai. Sebagian dari makanan yang ada di bawah ini mungkin sudah dijual di kota-kota lain. Tetapi tentunya akan lebih mantap lagi kalo kita langsung makan di tempat asalnya. Nah ini dia berbagai macam makanan khas yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Palembang.

1. Pempek

Pempek
Pempek (Sumber: Idntimes.com)

Siapa sih yang engga kenal dengan makanan khas palembang yang satu ini? Kelewatan ya kalo gak kenal mah wkwkwk. Makanan yang sudah mendunia ini terbuat dari ikan, tepung dan sagu. Biasanya nih, pempek ini disajikan dengan cuka kental yang nikmat.

Saat ini pempek telah berkembang dan banyak variasinya  Ada pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek keriting, pempek adaan dan variasi lainnya. Walaupun di daerah-daerah lainnya pempek mudah ditemukan, namun mencoba pempek langsung buatan orang asli Palembang tentu akan jauh lebih nikmat.

Baca juga: Tempat Nongkrong di Palembang

2. Mie Celor

Mie Celor
Mie Celor (Sumber: Review.bukalapak.com)

Mulai dari bentuknya hingga diameternya , makanan khas Palembang yang satu ini mirip dengan spageti asal Italia. Perbedaannya hanya terletak pada cara penyajian mie celor yang disajikan dengan kuah santan kental dan gurih. Kuahnya ini terbuat dari bahan dasar santan kelapa segar. Jadi tentunya nikmat banget.

Ditambah lagi potongan telur ayam bulat juga menjadi ciri khas dari mie ini. Dalam menyantapnya, biasanya dalam satu hidangan juga dicampur dengan kaldu udang dan sayuran sayuran seperti toge. Karena satu porsinya mengenyangkan, mie yang dibuat dari tepung terigu ini biasanya menjadi salah satu pilihan sarapan warga Palembang sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu.

3. Tekwan

Tekwan
Tekwan (Sumber: Craftlog.com)

Tekwan merupakan bakso khas Palembang. Makanan yang satu ini memiliki aroma dan rasa yang khas serta sedikit berbeda dari bakso pada umumnya. Bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan tekwan hampir sama dengan bahan yang digunakan untuk membuat pempek. Hanya saja bentuk tekwan dibuat bulat kecil-kecil menyerupai bakso ikan.

Nah dalam penyajiannya, tekwan ini biasanya disajikan bersama bakso ikan, mie putih, kuah benong, taburan daun seledri, bawang goreng, potongan bengkuang, maupun jamur kuping. Karena kuahnya yang terbuat dari sari kepala udang dan daun bawang, kuah tekwan ini sangat gurih dan menggugah selera. Tentunya wajib kamu coba juga brader!

Baca juga: Tempat Makan di Palembang

4. Sambal Tempayok

Sambal Tempoyak
Sambal Tempoyak (Sumber: Idntimes.com)

Sambal tempoyak merupakan sambal yang terbuat dari durian yang telah difementasi. Pengen tau rasanya seperti apa? Sambal tempoyak ini memiliki rasa asam, pedas serta manis dengan sedikit aroma durian. Umumnya, sambal khas Pelembang ini disajikan bersama sup pindang, ikan goreng ataupun ayam goreng.

Cocok banget nih bagi kamu yang ingin mencoba makanan khas Palembang yang bercita rasa unik. Berbahan dasar durian, kebayang kan aromanya seperti apa haha? Biar gak penasaran kamu wajib coba sendiri deh!

5. Kue Delapan Jam

Kue Delapan Jam
Kue Delapan Jam (Sumber: Cantik.tempo.co)

Nama delapan jam yang melekat di belakang kata kue ini bukanlah tanpa alasan. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya yang membutuhkan waktu 8 jam. Kue yang satu ini dibuat dengan cara dikukus, bukan dipanggang seperti maksuba. Mungkin kamu merasa aneh ya dengan nama kue tersebut wkwk. Meski begitu, kue ini sangat enak dan memiliki rasa yang legit lho.

Namun sayangnya, makanan khas Palembang ini saat ini mulai susah dicari. Biasnya kue delapan jam ini hanya bisa kamu temui saat momen-momen hari raya, baik saat Idul Adha ataupun lebaran Idul Fitri. Nah bagi kamu yang ingin mencicipi kue ini, maka berkunjunglah ke Palembang di hari lebaran Idul Fitri ya.

Nah, itu dia beberapa makanan khas Palembang yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Palembang. Dijamin deh kamu bakal rindu pengen balik lagi ke kota yang satu ini.

 

Sumber:

Liputan6.com/lifestyle/read/3912070/9-makanan-khas-palembang-ini-wajib-kamu-cicipi-tak-cuma-pempek

Fimela.com/lifestyle-relationship/read/3850105/selain-pempek-ini-5-makanan-khas-palembang-yang-enak-tiada-duanya

Idntimes.com/food/diet/farhana/10-makanan-khas-palembang-yang-wajib-dicoba-c1c2/full

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kuliner Khas Pekanbaru Yang Engga Ada Duanya

Sat Oct 26 , 2019
Kalo kamu mengaku seorang yang mencintai kuliner dan sangat berambisi untuk berburu berbagai jenis kuliner, maka ada baiknya kamu harus kitari semua kota yang ada di Indonesia. Kenapa? karenas setiap daerah yang ada di penjuru Nusantara ini memiliki berbagai jenis makanan yang sangat khas dan berbeda dari daerah lainnya. Nah salah satu […]
Es Laksamana Mengamuk