Jika Kamu ke Lampung, Jangan Lewatkan 5 Tempat Kuliner ini

Keberagaman kuliner yang terdapat pada masing-masing daerah di Indonesia tentunya memiliki perbedaan tersendiri, tak terkecuali di Lampung. Kemiripan boleh saja ada, namun apakah cita rasa dan tampilannya sama persis? Tentu saja tidak!

Jika kamu berencana pergi ke Lampung dalam waktu dekat, maka kamu engga boleh melewatkan kesempatan untuk mencicip kuliner-kuliner ini. Beberapa di antaranya mungkin sudah sangat familiar dan selalu berhasil bikin kamu kangen untuk balik lagi ke Lampung. Sementara sisanya bisa jadi belum pernah kamu nikmatin sekalipun. Berikut ini kuliner andalan Lampung yang super lezat dan bisa bikin kangen serta dijamin bikin nagihin!

1. Nasi Uduk Toha

Nasi Uduk Toha
Nasi Uduk Toha (Sumber: Travelingyuk.com)

Salah satu kuliner paling populer yang katanya mesti dicoba saat kamu ke Lampung adalah Nasi Uduk Toha. Kuliner yang satu ini merupakan kuliner malam yang sering dilabeli ‘nggak afdal ke Lampung kalau belum ke sini’. Meski harganya agak mahal, tapi sayang kan kalu kamu melewatkan kuliner legendaris Lampung ini?

Terletak di Jalan RA Kartini No. 156, Bandar Lampung, Warung Makan Nasi Uduk Toha merupakan tempat terbaik untuk kamu menikmati Nasi Uduk di seantero Bandar Lampung.  Nasi Uduk Toha ini memiliki cita rasa khas yang lezat dan membuat kamu ketagihan. Ada beragam lauk pauk yang bisa kamu pilih untuk melengkapi teman makan kamu seperti seperti ayam goreng, telur, bawang goreng, sambal, telur dadar dan masih banyak jenis lauk pauk yang lainnya.

Baca juga: Kuliner Asli Solo

2. Bebek Bakar Mbok Wito

Bebek Bakar Mbok Wito
Bebek Bakar Mbok Wito (Sumber: Idntimes.com)

Kuliner yang satu ini bisa kamu nikmati di RM Mbok Wito yang terletak di Jl Gatot Subroto No. 64, Pahoman dan jug di Way Halim Permai, Bandar Lampung. Sebagai penyedia jasa kuliner, Rumah Makan Mbok Wito ini mengandalkan menu tradisional dengan aneka lalapan. Sajian Mbok Wito memiliki ciri khas dari racikan bumbu yang membalut setiap daging bebeknya.

Olahan bebek yang biasanya terkenal keras, alot dan memiliki bau amis, tidak ditemukan di menu Mbok Wito ini. Rasanya enak, dagingnya empuk, dan yang paling penting baunya engga amis. Menyantapnya dengan sepiring nasi hangat, sambal yang pedasnya betul-betul pedas tapi tetap enak, lalapan, dan nggak ketinggalan kol goreng, ngebayanginnya saja sudah bikin ngiler ya.

3. Bakso Sony

Mie Khodon
Bakso Sony

Bisa dikatakan, Bakso Sony merupakan ikon kota Bandar Lampung. Kuliner berkuah ini sangat populer di Lampung dan menawarkan sajian bakso paling lezat. Baksonya terbuat dari daging sapi, kuahnya bening dan segar, dan dilengkapi dengan mie putih, daun bawang, serta jeroan sapi.

Wisata Kuliner Bakso Haji Sony ini terletak di Jalan Wolter Monginsidi No 42 A Bandar Lampung. Di Lampung, khususnya di Bandar Lampung, bakso yang lebih dikenal dengan brand Bakso Sony ini bisa dikatakan sangat legendaris. Hal ini dikarenakan mayoritas dari warga Bandar Lampung pasti pernah merasakan kelezatan sajian bakso yang satu ini. Untuk mencicipi bakso Sony, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp15.000 per porsi.

4. Mie Khodon

Mie Khodon
Mie Khodon (Sumber: Pesona.travel)

Jika kamu mengaku pencinta mie, maka kamu wajib mencoba Mi Khodon yang ada di Bandar Lampung. Mie Khodon di buat bahan baku berupa campuran tepung terigu dan telur serta dibuat sendiri oleh keluarga Pak Subarno. Mie ini dijamin di buat tanpa bahan pengawet dan bebas bahan kimia. Soal olahan, Mie Khodon ini mirip dengan mie tek-tek. Perbedaannya, terletak dalam penyajiannya. Mie Khodon disajikan dalam bentuk basah, bertabur udang kering, dan dibalur bumbu rahasia.

Untuk mencoba kuliner yang satu ini kamu bisa datang ke Jalan Ikan Bawal No 22 AA, Teluk Betung, Kota Bandar Lampung. Rumah makan ini merupakan generasi ketiga semenjak didirikan sejak tahun 1960. Dikarenakan selalu rame dengan pengunjung, Mie Khodon sudah buka mulai siang hari, jadi kamu engga perlu menunggu hingga malam hari untuk dapat menikmatinya. Soal rasa, kamu jangan pernah meragukannya lagi, soalnya mie khodon ini bercita rasa unik dan spesial.

 

5. Pempek

Pempek Lampung
Pempek Lampung (Sumber: Idntimes.com)

Pempek selalu identik dengan Palembang. Tapi apakah benar pempek cuma dari Palembang aja? Ternyata engga brader! Di Lampung juga ada pempek yang cita rasanya tak kalah menggoda. Jika Kamu ke Lampung, pempek ini engga akan sulit ditemukan. Mulai dari gerobak di pinggir jalan sampai dengan level restoran. Bila kamu ingin mencobanya, jangan sampai engga memesan pempek keritingnya. Konon katanya pempek jenis itu membuat banyak orang ketagihan.

 

Referensi:

1. idntimes.com/food/dining-guide/ika-7/5-kuliner-andalan-lampung-yang-enaknya-juara-apa-saja

2. ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-lampung/5-tempat-wisata-kuliner-khas-lampung-yang-terkenal-nagihin

3. marketing.co.id/5-tempat-wisata-kuliner-enak-dan-murah-di-lampung/

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Inilah 5 Kuliner Asli Solo yang Paling Terkenal

Tue Aug 27 , 2019
Kota Surakarta atau yang lebih dikenal dengan nama Solo merupakan salah satu kota tujuan wisata paling populer setelah Jogja yang teletak di Pulau Jawa. Engga hanya tempat wisata kulinernya saja yang sering diburu, tetapi banyak juga wisata bersejarah dan kebudayaan setempat yang sudah banyak didatangi oleh para wisatawan Mancanegara. Namun […]
Selat Solo