5 Kuliner Khas Jayapura yang Mantap Jiwa

Walaupun engga seterkenal kota lainnya seperti Bali dan Yogyakarta, tapi tentu saja kota Jayapura ini punya daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Terlebih lagi kulinernya pun yang khas tergolong unik bila dibandingkan dengan kota-kota lain.

Makanya sayang banget kalo kamu melewatkan begitu saja dan gak punya rencana untuk berwisata kuliner ke kota Jayapura ini. Supaya kamu gak kebingunan saat mau kesana harus mencicipi apa aja, berikut ini kami rekomendasikan kuliner khas dari daerah yang terletak di paling timur Indonesia ini. Yukk disimak!

1. Papeda

Papeda
Papeda (Sumber: Tokopedia.com)

Makanan khas kota Jayapura yang pertama adalah papeda, apakah kamu masih merasa asing dengan kuliner yang satu ini? Kalo engga, maka wajar aja karena memang papeda ini sudah sangat terkenal di Indonesia dikarenakan banyak diliput oleh wartawan dari stasiun TV.

Kuliner khas Jayapura yang satu ini berbentuk seperti jelly atau bisa juga dibilang seperti bubur yang dibuat dengan bahan dasar sagu. Papeda memiliki tekstur kenyal dan lengket seperti lem dan memiliki warna putih pudar. Rasanya sih tawar makanya biasa dimakan bersama dengan tongkol yang dibumbui kunyit.

Baca juga: Tempat Makan di Jayapura

2. Ikan Bungkus

Sarang Semut
Ikan Bungkus (Sumber: Bacaresep.com)

Makanan selanjutnya yang gak noleh dilewatkan adalah ikan bungkus. Bahan dasar dari kukiner yang satu ini adalah ikan laut yang dibumbui rempah-rempah khas Papua. Setelah itu akan dibungkus menggunakan daun talas.

Ikan bungkus ini dimasak dengan cara dibakar di atas api kecil hingga matang. Sekilah sih makanan ini mirip dengan pepes namun tentu saja yang membedakannya adalah rempah-rempah dan bumbunya yang  merupakan khas Papua. Rasanya yang gurih dan nikmat membuat kamu jangan sampai melewatkannya!

3. Sarang Semut

Sarang Semut
Sarang Semut (Sumber: Bp-guide.com)

Makanan khas Papua yang rasanya sulit ditemui di daerah lain di nusnatara adalah sarang semut. Bahkan kuliner tradisional ini menjadi salah satu cara pengobatan tradisional yang banyak dilakukan masyarakat pedalaman Papua dan juga sudah digunakan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Makanan ini tentu saja ini bukanlah sarang semut yang sebenarnya. Melainkan sebuah tanaman yang tumbuh dan berkembang pada batang pohon yang banyak tumbuh dj Papua. Harganya lumayan sih, mencapai Rp 40.000 untuk ukuran 100 gram.

4. Udang Selingkuh

Udang Selingkuh
Udang Selingkuh (Sumber: bp-guide.id)

Nah bagi kamu yang doyan makanan jenis seafood, bisa nih mencicipi udang selingkuh. Makanan ini sangat khas karena udang yang digunakan adalah jenis udang dengan capit yang besar. Bahkan mirip dengan capit kepiting lho.

Cita rasa kuliner ini memang beda, engga seperti udang yang biasa kamu dapatkan di pasar atau supermarket. Untuk satu porsi udang selingkuh ini kamu harus merogoh kocek antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000. Harga yang sepadan tentunya karena akan dibalas dengan pengalaman makan udang yang luar biasa dan tak terlupakan.

Baca juga: Tempat Makan di Manado

5. Sate Ulat Sagu

Sate Ulat Sagu
Sate Ulat Sagu (Sumber: tokopedia.com)

Pohon sagu yang banyak tumbuh di wilayah Papua engga hanya dimanfaatkan untuk diolah menjadi tepung sagu saja. Batang sagu yang sudah diambil isinya untuk dijadikan tepung sagu pun masih bisa memberi manfaat. Jadi, batang sagu yang dibiarkan membusuk ini bakal jadi rumah dari kawanan ulat sagu untuk berkembang.

Ulat sagu memang jadi salah satu makanan favorit masyarakat Papua, termasuk di Jayapura. Ulat sagu ini bisa dimakan langsung mentah-mentah namun ada juga yang memanggangnya untuk dijadikan sate. Sate ulat sagu ini menjadi kuliner yang sangat khas di wilayah Papua, termausk di Jayapura.

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kuliner Khas Tanjung Selor, Kamu Suka yang Mana?

Sat Apr 25 , 2020
Kalo kamu belum tahu dimana itu kota Tanjung Selor, berarti mainnya belum jauh inih. Tanjung Selor merupakan kota yang terletak di bagian Pulau Kalimantan dan merupakan Ibu Kota Kalimantan Utara. Kota ini memiliki sejarah panjang terkait perdagangan di masa lampau sehingga menambah kekayaan kuliner yang ada di kota ini. Nah […]
Nasi Subut