Snow White: Kisah Putri yang Cantik dan Tujuh Kurcaci

Posted on

Rasanya tidak ada yang tidak mengenal kisah Snow White, dongeng klasik yang telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak film dan cerita. Mari kita mengeksplorasi kisah ini dan tidak hanya mengenal tokoh-tokohnya, tetapi juga struktur generik yang terkandung di dalamnya.

Snow White, yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Putri Salju, adalah kisah tentang seorang putri cantik yang mendapat celaan dari ibu tirinya yang jahat. Kisah ini menceritakan tentang petualangannya yang penuh dengan intrik dan persahabatan di dunia dongeng.

Orientasi: Cerita dimulai dengan memperkenalkan latar belakang tokoh utama, Snow White. Dia adalah seorang putri yang memiliki kulit putih bersih, rambut hitam, dan bibir merah seperti delima. Ibu tirinya, yang merupakan ratu jahat yang cantik, menganggap Snow White sebagai pesaing kecantikan dan berusaha untuk membunuhnya.

Komplikasi: Snow White melarikan diri ke hutan dan menemukan rumah kosong yang ternyata dihuni oleh tujuh kurcaci yang baik hati. Meskipun awalnya mereka takut, akhirnya mereka menjadi sahabat dekatnya. Namun, masalah muncul saat Nenek Jahat menyamar sebagai pedagang dan memberinya apel beracun. Snow White jatuh tertidur panjang yang hanya bisa dipecahkan oleh ciuman dari pangeran tampan.

Resolusi: Pangeran tampan datang ke rumah kurcaci dan jatuh cinta pada Snow White yang tidur. Dia menciumnya dan Snow White terbangun dari tidurnya. Mereka hidup bahagia selamanya dan sinis terhadap kejahatan yang ada di dunia.

Tentu saja, seperti dalam cerita rakyat lainnya, Snow White memiliki pesan moral yang berharga. Cinderella mengajarkan kita tentang pentingnya kebaikan hati dan ketabahan. Snow White mengingatkan kita untuk berhati-hati terhadap orang yang iri dan jahat di sekitar kita. Kisah ini bermuara pada takdir yang indah dan kecantikan sejati dari dalam.

Jadi itulah kisah Snow White beserta struktur generik yang ada di dalamnya. Cerita ini telah bertahan selama bertahun-tahun dan menjadi salah satu dongeng paling terkenal di dunia. Mengingatnya memberikan kita pelajaran berharga tentang cinta, persahabatan, dan kebaikan yang berakhir dengan kebahagiaan abadi. Jadi, mari kita terus merayakan keindahan dongeng ini!

Apa itu Narrative Text Snow White?

Narrative text adalah jenis teks yang menceritakan tentang suatu kejadian atau cerita. Salah satu contoh narrative text yang terkenal adalah kisah Snow White atau Putri Salju. Snow White merupakan cerita dongeng yang berasal dari Jerman dan telah dikenal luas di berbagai belahan dunia.

Generic Structure Narrative Text Snow White

Narrative text Snow White memiliki struktur teks yang terdiri dari:

  1. Orientasi: Membuat pengantar cerita dan memperkenalkan latar belakang cerita.
  2. Komplikasi: Memperkenalkan masalah utama yang dihadapi oleh tokoh utama dalam cerita.
  3. Resolusi: Menjelaskan bagaimana masalah dalam cerita tersebut diselesaikan.
  4. Coda: Memberikan penutup pada cerita dan menggambarkan akhir dari cerita.

Struktur di atas adalah struktur umum yang ditemukan dalam narrative text Snow White. Namun, terkadang ada variasi dalam penulisan cerita tergantung pada penulis dan versi cerita yang digunakan.

Cara Menulis Narrative Text Snow White

Untuk menulis narrative text Snow White, ada beberapa langkah yang dapat diikuti:

  1. Pilih versi cerita Snow White yang akan digunakan sebagai referensi. Ada banyak versi cerita dengan sedikit perbedaan dalam alur dan karakter.
  2. Lakukan riset tentang cerita dan buatlah garis besar cerita dengan mengikuti generic structure narrative text.
  3. Perkenalkan latar belakang cerita dengan menggambarkan lokasi dan waktu cerita terjadi.
  4. Masukkan tokoh-tokoh utama seperti Snow White, Ratu Jelek dan Tujuh Kurcaci.
  5. Jelaskan komplikasi atau masalah utama yang dihadapi oleh Snow White, seperti kecemburuan Ratu Jelek dan upaya pembunuhan terhadap Snow White.
  6. Deskripsikan bagaimana Snow White menyelesaikan masalahnya, misalnya dengan bertemu dengan pangeran dan hidup bahagia setelah terbangun dari kutukan tidurnya.
  7. Sesuaikan cerita dengan versi yang telah dipilih dan tambahkan detail dan nuansa yang membuat cerita menjadi unik.
  8. Akhiri cerita dengan memberikan penutup, seperti “Dan mereka hidup bahagia selamanya” atau “Dan sejak itu, Snow White hidup bahagia di istana pangeran”.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menulis narrative text Snow White yang menarik dan mengikuti struktur yang benar.

FAQ tentang Snow White

1. Apa yang membuat Snow White spesial dibandingkan dengan cerita dongeng lainnya?

Snow White memiliki daya tarik yang kuat karena kombinasi antara karakter yang kuat dan representasi kebaikan serta kejahatan. Kisah ini juga mengandung pesan moral tentang kebaikan, keadilan, dan ketahanan dalam menghadapi rasa sakit dan kesulitan dalam kehidupan.

2. Apa yang membedakan versi asli Snow White dengan adaptasi modernnya?

Versi asli Snow White memiliki elemen yang lebih gelap dan seringkali kejam daripada adaptasi modernnya. Misalnya, dalam versi asli, Ratu Jelek meminta jantung Snow White sebagai bukti bahwa dia telah dibunuh.

3. Apakah ada adaptasi Snow White yang terkenal di film atau dalam bentuk media lainnya?

Ya, adaptasi yang terkenal adalah film animasi Disney “Snow White and the Seven Dwarfs” yang dirilis pada tahun 1937. Film ini menjadi film animasi pertama buatan Disney dan telah mempopulerkan kisah Snow White di seluruh dunia.

Kesimpulan

Dalam narrative text Snow White, kita dapat belajar banyak tentang kebaikan, ketabahan, dan pentingnya memiliki hati yang baik. Cerita ini mengajarkan kita untuk tidak membiarkan kekejaman dan keserakahan mempengaruhi pikiran dan hati kita. Sebagai pembaca, mari terus hidup dengan penuh kebaikan dan selalu berjuang untuk masalah kehidupan kita sendiri. Bahkan jika ada tantangan dan kesulitan, mari kita selalu berusaha menjadi pribadi yang baik dan setia pada nilai-nilai yang benar.

Tunggu apa lagi? Ayo kita baca atau menonton kembali cerita Snow White, dan mari kita ambil hikmah dan pelajarannya. Sinari dunia kita dengan kebaikan dan ceritakan cerita yang indah kepada orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *