Pentingnya Penyemprotan Disinfektan untuk Mencegah Corona

Disinfektan
Sumber: Alexandra_Koch dari Pixabay

Virus Covid-19 Corona telah berkembang biak di seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Virus yang akrab disebut virus corona ini telah menyerang Indonesia selama kurang lebih empat bulan terakhir. Penyebaran paling banyak berada di DKI Jakarta.

Dampaknya sangat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Tidak dapat pergi dengan bebas, perekonomian kian memburuk, hingga banyak karyawan yang di PHK karena perusahaan ikut gulung tikar.

Tak bisa disangkal, memang virus ini amat berbahaya. Bukan ingin menakut – nakuti, namun ada baiknya kita bijak menghadapi virus corona ini.

Salah satu upaya untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Diantaranya dengan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, olahraga teratur, dan minum vitamin bila diperlukan.

Selain itu, olahraga juga dapat menjadikan tubuh lebih sehat, sehingga tubuh kebal akan penyakit. Physical distancing juga diterapkan, dengan mengenakan masker dan tidak berkerumun.

Satu hal yang tidak kalah penting supaya dapat membunuh virus adalah dengan penyemprotan disinfektan. Tentunya, menggunakan cairan disinfektan khusus untuk membunuh virus corona.

Apa itu Cairan Disinfektan?

Disinfektan adalah bahan kimia seperti lisol, kreolin, yang digunakan untuk mencegah pencemaran jasad resik. Disinfektan dapat mengilangkan atau membunuh virus dan bakteri pada objek atau permukaan benda mati. Seperti di set furniture, batang besi di tempat umum, atau benda lainnya.

Cairan disinfektan umumnya dibuat dengan bahan kimia, seperti halnya yang digunakan oleh jasa penyemprotan disinfektan. Pembuatannya cukup mudah, hanya dengan mencampurkan bahan kimia sesuai dengan takaran.

Tidak hanya menggunakan cairan kimia, bahan disinfektan juga dapat dibuat dari bahan alami. Yaitu dengan cuka putih, air, dan minyak esensial. Minyak esensial ini dapat berasal dari kemangi, kayu manis, kayu putih, cengkeh, dan jeruk nipis.

Cara membuatnya yaitu dengan mencampurkan setengah cangkir cuka, setengah gelas air, dan kombinasi minyak esensial. Untuk minyak esensial dapat dipilih salah satu, baik dari jeruk nipis, kayu manis, cengkeh, kayu putih, atau kemangi.

Setelah semua bahan tercampur rata, campurkan dengan cara dikocok atau diaduk. Lalu masukkan ke botol sprayer. Cairan disinfektan ini dapat digunakan untuk menyemprot permukaan benda – benda yang ada di rumah. Seperti gagang pintu, tuas jendela, atau bagian lain yang sering dipegang.

Jasa Penyemprotan Disinfektan

Jika memerlukan cairan disinfektan untuk permukaan yang lebih luas, cairan tradisional dari bahan alami dinilai kurang efisien. Sebagai gantinya, dapat menggunakan bahan disinfektan yang berasal dari bahan kimia.

Bukanlah masalah menggunakan bahan kimia, karena fungsi dan tujuannya tetap sama, yaitu membunuh virus corona. Untuk penyemprotan tempat umum, biasanya jasa penyemprotan disinfektan lah yang paling banyak dicari.

Area yang disemprot dengan cairan disinfektan yaitu jalan, area gerbang atau gapura, tempat umum seperti tempat ibadah, pasar, dan lainnya. Area yang sering dipegang oleh manusia di tempat umum. Bahkan, tak jarang ke area perumahan penduduk.

Di tengah pandemi virus corona ini, tak sedikit lingkungan RT atau perumahan yang menggunakan jasa penyemprotan disinfektan. Petugas penyemprot akan mengenakan alat pelindung diri lengkap, serta jirigen yang digendong seperti tas punggung. Kemudian berkeliling sambil menyemprotkan cairan disinfektan.

Baiknya, penyemprotan disinfektan dilakukan secara berkala. Misalnya, dua atau tiga kali dalam seminggu. Bukan hanya satu kali dalam sebulan, karena meskipun banyak namun tidak efektif.

Oleh karena itu, penting di tengah pandemi virus corona ini untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan. Supaya lingkungan bersih dan aman. Meski telah disemprot cairan disinfektan, kebersihan diri harus tetap dijaga dan kesehatan yang utama.

hidupkita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bantu Anak-anak Terhindar dari Penyebaran Virus Penyakit

Thu Jun 25 , 2020
Daya tahan tubuh anak-anak tidaklah seperti orang dewasa. Sebab, anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang tidak sekuat orang dewasa. Hal ini disebabkan sistem imun dalam tubuh anak-anak belum sempurna hingga membutuhkan proses tumbuh dan berkembang yang memadai agar bisa menyempurnakannya. Maka, wajar rasanya apabila banyak anak-anak yang rentan terhadap penyebaran […]
donasi