Saat Mantan Kembali, Apa Yang Harus Dilakukan?

Move on adalah hal yang sulit dilakukan pasca putus dari orang yang pernah kita sayangi. Waktu yang diperlukan setiap orang untuk move on pun beda-beda. Ada yang hanya dalam hitungan bulan, namun ada juga yang hingga menahun tapi perasaan tak kunjung hilang.

Gambar: Hipwee.com

Tapi apa jadinya bila kita sudah berjuang sekuat tenaga untuk bangkit dari segala kenangan bersama mantan, tiba-tiba mantan tersebut datang kembali kedalam hidup kita. Bahkan dengan tanpa rasa bersalah mulai mendekat lagi seperti tak pernah terjadi apa-apa sebelumnya.

Mantan mungkin orang yang hanya menjadi kenangan. Namun, melupakan mantan bukanlah hal yang mudah , apalagi jika mengingat tentang hal indah dan manis yang pernah dilalui bersamanya. Apa yang harus kamu lakukan jika kamu sedang mencoba untuk melupakannya, tiba-tiba ia hadir kembali?

Agar kamu tidak terjerat dalam jalinan yang bisa membuatmu patah hati lagi, maka lakukanlah hal-hal berikut ini :

Jangan Terbawa Suasana

Hal yang sering terjadi saat seorang mantan datang kembali kedalam hidup kita adalah teringat kembali dengan segala kenangan-kenangan yang pernah dilalui bersama. Apalagi, jika hubungan yang dulu terjalin sudah cukup lama.

Maka, ia akan sangat tahu bagaimana membuatmu nyaman, dan merasa seolah-olah masih dicintai olehnya. Dia sudah tau trik-trik apa saja yang dapat membuatmu terkesan seperti dulu lagi.

Hal-hal itulah yang dapat membawamu semakin terbawa suasana, maka yang perlu kamu lakukan adalah tegas dengannya. Jangan biarkan dia dengan mudah mendekati kamu lagi. Buatlah batas antara kamu dan mantanmu.

Agar, dia tidak datang dan pergi dalam hidupmu sesuka hatinya. Jika bukan kamu yang menjaga hatimu, siapa lagi?

Sebagai Pihak Yang Disakiti, Kamu Harus Bisa Tegas

Tidak semua orang mampu bersikap tegas saat mantan datang kembali dalam hidupnya, terlebih jika belum move on sepenuhnya. Dan parahnya, tidak semua mantan yang hadir kembali berarti ingin memperbaiki hubungan atau menyesali dengan apa yang pernah dilakukannya dulu.

Ada juga mantan yang kembali hanya karena rasa kesepian saja, dan dia tahu bahwa kamu masih menyimpan rasa. Makanya dia kembali lagi, tapi nanti saat dia sudah menemukan yang lainnya, tidak menutup kemungkinan dia akan pergi begitu saja.

Oleh sebab itu, tegas dengan mantan sangat penting, jangan biarkan mantanmu memanfaatkan perasaanmu yang tulus. Dan jangan hanya karena tidak bisa tegas dengan masa lalu justru akan memperumit urusanmu nantinya.

Menanggapi Komunikasi  Dengan Mantan Seperlunya Saja

Saat mantan kembali mendekati kamu, pasti dia akan lebih sering menghubungimu kembali. Nah intensitas komunikasi tersebut yang harus kamu batasi. Tanggapi dengan baik-baik, namun jangan sampai terbuai oleh bujuk rayunya yaa.

Tahan dirimu untuk tidak bercerita apapun tentang hidupmu kepada dia, karena bisa jadi dia memang sedang memancingmu untuk mengetahui kehidupanmu setelah putus dengan dia. Dan dia secara tidak langsung juga mencari tahu apakah kamu masih ada rasa dengannya atau tidak.

Perlakukan Mantan Yang Menghubungi Kamu Layaknya Teman

Saat mantanmu datang kembali, cobalah untuk perlakukan ia layakya teman. Jangan mengganggap dia sebagai orang yang special atau menempatkan dia sebagai orang yang masih memiliki ruang khusus dihatimu, walau dia pernah menjadi bagaian khusus dalam hidupmu.

Foto Memegang Tangan Pasangan
Foto Memegang Tangan Pasangan – post by hitekno.com

Tidak mudah memang untuk melakukan itu semua, namun jika kamu mengganggap dia adalah orang special untukmu, bisa jadi hal itu yang akan membuat mantanmu mengira kamu masih belum move on darinya. cobalah untuk bersikap biasa saja tanpa harus mengeluarkan kata-kata yang sering kamu ungkapkan saat dulu menjalin hubungan.

Mencoba Untuk Menjaga Perasaan

Seperti yang kita ketahui, bahwa melupakan seseorang memang bukan perkara yanh mudah untuk dilakukan. setiap usaha yang kita lakukan pun tidak selalu berjalan sesuai rencana. Kadang ada saja yang membuat gagal untuk move on dari si dia.

gambar: kelascinta.com

Walau sudah berpisah cukup lama dengan mantan pun tetap akan ada guncangan yang bergejolak dalam hati saat harus menghadapinya lagi. Apalagi saat kita belum memiliki penggantinya, aduuhhh rasanya tuh ripuh wae hahaha. Sering terbesit untuk mengajaknya kembali untuk mengulang semua yang dulu pernah dilalui.

Maka, ada baiknya ketika kamu dihubungi mantan, hal yang benar-benar harus kamu lakukan adalah menjaga perasaan. Perasaan siapa yang harus dijaga? jelas, perasaanmu sendiri. Cobalah memikirkan semua keadaan dengan logika, jangan biarkan hatimu mendominasi. Agar tidak mudah terbawa suasana.

Kembali Lagi Atau Tidak, Semua Itu Pilihanmu.

Lagi-lagi, apapun keputusan yang akan kamu ambil, tergantung pada dirimu. Jika kamu masih mau memperbaiki hubungan yang telah rusak bersama dia, silahkan saja. Karena yang lebih tahu keadaan yang sesungguhnya dan apa yang kamu rasakan adalah dirimu sendiri.

Namun, sebelum kembali bersama, pastikan bahwa kamu telah benar-benar memaafkan segala kesalahannya dimasa lalu,agar saat kamu menjalin hubungan dengan dia, kamu tidak menjadikan kesalahannya sebagai sebuah senjata untuk menyerangnya.

Pun sebaliknya, jika kamu memutuskan untuk mengakhiri semua dengan si dia, maka saran terbaik untukmu adalah abaikan saja dia. Biarkan dia melakukan apapun sebagai usaha untuk mendapatkanmu lagi. Yang kamu lakukan cukup abaikan dan tegas dengan setiap keputusan yang kamu ambil.

**
Itulah beberapa hal yang harus kamu lakukan saat mantan kamu kembali dalam hidupmu. Hal yang terpenting saat mantan kamu datang menghubungimu kembali adalah mencoba untuk bersikap dewasa. Sadar lah bahwa hubunganmu dan dia telah berakhir.

Perpisahan akan terjadi kepada siapa saja, karena sejatinya setiap ada pertemuan pasti akan ada perpisahan. Semua tidak menunggu kesiapanmu. Kita tidak pernah tahu kapan perpisahan itu tejadi, yang perlu kita lakukan adalah menikmati setiap waktu yang masih kita miliki.

Putus cinta dan harus berpisah dengan orang yang kita sayangi memang membuat hati sakit dan kelimpungan, tapi jika itu memang jalannya kamu bisa apa? hanya bisa ikhlas menerima semua, walau itu bukan hal yang mudah.

Toh memaksaan untuk tetap bersama pun bukan hal yang baik, justru bisa menjadi hal yang sangat menyakitkan nantinya. Dan bagaimana pun, kita tidak pernah bisa memaksakan perasaan.

Moment ditinggalkan harusnya tidak membuat kamu berkecil hati atau merasa tidak layak dicintai. Justru hal itu membuatmu semakin banyak belajar tentang kehidupan, tentang orang-orang yang datang dan pergi dalam hidupmu.

Jangan membuat ekspetasi yang berlebihan tentang kehadirannya, agar kamu tidak banyak berharap dan sakit hati lagi dengannya. Karena terkadang yang sering membuat kita kecewa dan  sakit hati adalah harapan kita sendiri.

Kita tidak pernah tahu alasan yang sesungguhnya mengapa dia kembali lagi. Bisa jadi dia memang ingin tetap bersilatuhrahmi atau mungkin hanya sekedar “butuh teman” saja. maka sekali lagi jangan pernah berekspetasi apapun tentang kehadiran mantan dalam hidupmu.

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Hal Yang Harus Kamu Ingat. Saat Rasa Ingin Menyerah Datang

Thu Aug 15 , 2019
Mungkin bukan hidup namanya, jika tidak pernah ada masalah disetiap perjalanannya. Sebagai manusia, tentu tidak akan pernah luput dari segala macam masalah yang hadir dalam hidup kita. Mulai dari masalah yang sepele hingga masalah yang membuat kepala terasa akan pecah dan membuat ingin lari dari kenyataan. Terkadang masalah tersebut datang […]