5 Kuliner di Jepara Yang Wajib Kamu Coba!

Jepara merupakan salahsatu kota yang berada di Jawa Tengah. Kota ini terkenal dengan ukiran kayu nya yang bahkan sudah mendunia. Makanya kota ini juga sering di sebut sebagai pusat seni atau kerajinan. Hal ini dikarenakan di Kota Jepara terdapat banyak patung, relief, dan berbagaimacam kerajinan lainnya yang terbuat dari kayu.

Sebagaimana dengan kota lainnya, Kota kelahiran Raden Ajeng Kartini ini memiliki ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan kota-kota lainnya yang ada di Indonesia. Dalam masalah kuliner, ada beraneka macam kuliner yang enak untuk disantap dan dicicipi.

Ciri khas dari cita rasa kuliner khas Jepara adalah gurih dan segar serta identik dengan makanan yang berkuah berkuah. Selain itu, dikarenakan Kota ini ada terletak di pesisir pantai. Maka hidangan khasnya tak jauh-jauh dari makanan berbau seafood. Ada banyak sekali makanan khas kota Jepara ini. Namun pada kesempatan ini hanya akan dibahas 5 saja. Penasarana kan apa aja?

1. Pindang Serani

Pindang serani merupakan sajian khas Jepara yang bebahan dasar ikan laut. Selain itu, ciri lain dari pindang serani adalah menggunakan bumbu kuah kuning. Kuliner ini sangat cocok disantap untuk makan berat atau akan siang. Tenang aja, makanan ini banyak tersedia di beberapa rumah makan yang ada di Jepara ko. Jadi kamu engga bakal kesusahan untuk mencarinya.

Pindang Serani (Sumber: Cookpad)

Olahan ini sebenarnya mirip dengan pindang serani khas Betawi yang mendapat pengaruh Portugis. Bahan utama dari pindang serani ini beragam lho. Bisa dari ikan bandeng, nila, mujair atau ikan patin. Ikan ini akan direbus lalu diberi aneka bumbu rempah yang membuat rasanya pedas, manis dan asam. Makanan yang satu ini biasanya disajikan dengan sambal dan lalapan. Salah satu penjual pindang serani terkenal di Jepara ada di warung dekat Stadion Kamal Junaidi.

2. Opor Panggang

Opor Panggang (Sumber: Kewesdesign.com)

Apabila Kudus terkenal dengan opor bakarnya, lain halnya dengan kota Jepara. Di Jepara, opor punya versinya tersendiri, yaitu di panggang. Opor panggang ini biasanya di buat dari ayam kampung yang dimasak dengan santan dan bumbu opor di dalam kuali tanah liat. Sebelum disajikan dalam guyuran kuah opor, ayam yang digunakan ini dipanggang terlebih dahulu. Untuk maslah rasa, opor panggang ini mempunyai cita rasa gurih dengan aroma sangit bakaran. Bumbu khas opor yang digunakan untuk memasak hidangan ini ada daun saka, daun serai, daun jeruk, bawang goreng, dan santan.

3. Rondo Royal

Rondo Royal (Sumber: Negerikuindonesia.com)

Selain olahan dari ikan-ikanan ataupun daging. Jepara juga punya camilan enak berbahan tepung beras dan tape. Namanya adalah rondo royal. Camilan ini di buat dari tape singkong yang dilumatkan sehingga rasanya manis sedikit asam. Setelah itu, rondo royal akan dicelupkan dalam adonan tepung beras dan digoreng kering.  Rondo royal paling enak dinikmati saat masih hangat-hangat. Kalau mau mencicipnya, tinggal mampir ke pasar-pasar tradisional di Jepara. Insya Allah gak susah di cari ko.

4. Horok-Horok

Kalau ingin mencicipi jajanan tradisional khas Jepara, Kamu bisa membeli horok-horok. Camilan ringan ini banyak ditemui di pasar tradisional yang ada di Jepara. Horok-horok terbuat dari sari pati yang dicampur dengan kelapa. Namun ada juga beberapa penjual yang menambahkan gula aren sebagai isian dari horok-horok ini.

Horok-horok (Sumber: Food.detik.com)

Horok-horok mempunyai tekstur yang kenyal dengan rasa gurih karena dibumbui garam. Horok-horok biasanya disajikan dengan cara dibungkus daun jati atau daun pisang. Makanan ini juga dijadikan campuran bakso, gado-gado, pecel atau sate kikil. Salah satu pembuat horok-horok di Jepara menyebut air yang bersih jadi kunci pembuatan horok-horok yang tak cepat basi.

5. Es Dawet Jepara

Es Dawet Jepara (Sumber: Food.detik.com)

Semua kota di Pulau Jawa hampir punya olahan dawet atau cendol. Di Jepara pun seperti itu, ada menu minuman penutup yang pas disantap setelah selesai makan berat. Untuk menambah mantap kulinermu di Jepara, kamu bisa mencicipi segarnya es dawet Jepara dengan cita rasa berbeda. Kuah santannnya dingin dan sangat gurih, ditambah manisnya gula aren yang engga bikin eneg. Paling nikmat dawetnya sangat lembut dimakan, kemudian disajikan dengan es batu yang bikin tenggorokan adem usai minum ini.

Nah itu dia 5 makanan khas Jepara yang wajib dicicipi saat anda berkunjung ke Jepara. Rasanya gak pas aja jika kamu ke Jeapara tapi belum mencoba makanan-makanan itu. Bagi yang belum berkesempatan untuk berkunjung ke Jepara, semoga bisa suatu saat annti bisa kesana yaa :)).

 

Referensi:

1. https://food.detik.com/info-kuliner/d-3902632/empuk-mantap-horok-horok-makanan-unik-khas-jepara

2. https://food.detik.com/info-kuliner/d-3978022/ini-5-makanan-enak-yang-wajib-dicicipi-kalau-mampir-ke-jepara

3. https://lifestyle.okezone.com/read/2018/04/20/298/1889538/tergoda-lezatnya-5-kuliner-khas-jepara-kota-asal-ra-kartini

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Enaknya sate kambing muda

Wed Aug 21 , 2019
Anda pecinta kuliner? Tentunya tidak asing lagi kuliner yang satu ini, sate kambing muda memang menjadi buruan banyak orang bukan hanya karena rasanya yang enak tapi juga bisa membantu anda yang sedang terkena hipotensi/tekanan darah rendah. Banyak juga manfaat yang tersmbunyi dibalik nikmatnya sate kambing muda Baik untuk penderita hipotensi […]
kuliner sate kambing muda