5 Rekomendasi Tempat Makan di Banjarmasin

Kota Banjarmasin merupakan salah satu kota yang sangat kaya akan wisata kulinernya. Disini, kamu bisa menemukan berbagai makanan enak dan lezat yang selalu menjadi incaran para wisatawan. Akan sangat menyenangkan sekali dan membuat kamu gak menyesal jika kamu berkunjung ke kota ini sembari menjajahi beberapa Tempat Wisata Kuliner berikut ini. Kelima Tempat Makan ini cocok banget untuk kamu beristirahat sambil mengisi perut. Nah berikut ini 5 Tempat Makan di Banjarmasin yang wajib kamu coba karena dijamin menggoda selera.

1. Mie Bancir

Mie Bancir
Mie Bancir (Sumber: Lifestyle.okezone.com)

Kurang berkesan rasanya jika kamu k banjarmasin tapi belum nyoba kuliner yang satu ini. Kalo kamu belum tau, nama bacir yang disandangkan pada mie ini merupakan pelesetan dari kata banci atau waria. Bukan tanpa alasan mengapa dijuluki demikian, karena karakternya yang unik. Mie ini bukanlah termasuk mie goreng, tapi bukan juga mi kuah. Meski begitu, mie bancir ini sedikit berkuah kental dan memiliki banyak taburan.

Cita rasa mie bacir ini sangat khas Banjarmasin sekali. Yaitu gurih, agak manis, dan segar dengan ditambahkannya perasan air limau kuit (jeruk khas banjar) akan lebih terasa nikmat. Apalagi untuk urusan aroma, eumhhhh… wangi mie bancir akan membuat siapa pun tak sabar untuk segera melahapnya. Bagi kamu yang suka dengan cita rasa pedas, gak perlu khawatir. Kamu bisa memilih Mie Bancir ceker setan. Seperti Mie Bancir pada umumnya, mie ini merupakan mie kuning diberi kuah sup bancir, kemudian diberi topping ceker yang sudah dilumuri cabai bubuk diatasnya. Untuk level pedasnya, menu ini sanggup membuat lidah kamu merasa “terbakar”.

Rekomendasi Tempat: Warung Mie Bancir Agus Sasirangan di Jalan Brigjen H.Hasan Basri Ruko Nomer 7, Kayu Tangi ,Banjarmasin. 

2. Lontong Orari

Lontong Orari
Lontong Orari (Sumber: Liputan6.com)

Lontong Orari merupakan masakan tradisional khas Banjar yang ada di Kota Banjarmasin. Engga diketahui sebenernya sejak kapan kuliner khas orang Banjar tersebut mulai ada, namun yang pasti, kuliner ini selalu ada tiap hari baik sebagai menu sarapan, makan siang atau makan malam orang Banjar. Makanan ini berkuah santan dengan lauk berupa ikan gabus, telur atau ayam yang dimasak habang (merah). Dibubuhi pula oleh taburan bawang goreng dan sayur nangka rebus, membuat rasanya kian nikmat. Ada perpaduan rasa gurihnya santan, kenyalnya lontong dan manisnya masak habang.

Rekomendasi Tempat: Jalan Simpang Sungai Mesa (Kabel) nomor 12 RT 18, Kelurahan Seberang Masjid, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Baca juga: Tempat Makan di Pekanbaru

3. Nasi Itik Gambut

Nasi Itik Gambut
Nasi Itik Gambut (Sumber; Traveloka.com)

Nasi Itik Gambut merupakan makanan khas Banjar. Dikatakan sebagai makanan khas, tentu saja karena memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dengan yang dimiliki daerah lainnya. Makanan ini disebut sebagai Nasi Itik Gambut karena lokasinya ada di daerah Gambut. Ada banyak warung yang menjual makanan khas Banjar ini, seperti warung barokah, warung mama baiti dan warung tenda biru.

Di Gambut ini, nasi bungkus dijejer di depan warung dan pengunjung bebas memesan sesuai permintaan. Nasi dibungkus dengan daun pisang, isinya nasi dan itik yang dibumbui. Menu lauk yang disediakan sangat beragam mulai itik, hati, ikan haruan, telur/intalu, dan rempela. Kisaran harga yang ditwarkan berkisar 13 ribu hingga 17 ribu.

Rekomendasi Tempat: Warung Tenda Biru yang berlokasi di Jl. A. Yani KM 14 Gambut, Banjarmasin.

4. Soto Banjar

Soto Banjar
Soto Banjar (Sumber: Ulinulin.com)

Makanan yang satu ini sangat terkenal di Kalimantan. Dari namanya sudah terlihat bahwa Soto Banjar berasal dari Kalimantan Selatan. Soto khas Kalimantan Selatan ini memang sangat nikmat. Apalagi jika disantap ketika sarapan dan makan malam saat cuaca dingin. Eummhhh… yummy nya tiada duanya.  Banyak sekali yang menjualnya soto Banjar ini. Namun yang paling terkanal yaitu Soto Banjar Bang Haji Amat atau lebih dikenal sebagai Soto Bang Amat. Posisinya ada di dekat Jembatan Banua Anyar, bersisian dengan Sungai Martapura.

Warung Soto Bang Amat ini sudah dikenal sejak lama karena kesedapan rasa soto Banjarnya memiliki ciri khas tersendiri. Makanya tak heran jika warung ini selalu dipenuhi oleh tamu yang berkunjung ke Banjarmasin. Tak jarang juga tempat ini kerap dijadikan destinasi Tempat Wisata Kuliner bagi mereka yang hendak mencicipi kuliner khas orang Banjar ini.

Rekomendasi Tempat: Soto Bang Amat di Jalan Banua Anyar nomor 6, Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

5. Bebongko

Bebongko
Bebongko (Sumber: Rizkanggraini19.blogspot.com)

Bebongko merupakan salah satu Tempat Wisata Kuliner atau makanan khas daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Kue basahyang satu ini biasanya dapat kamu temukan di daerah Kalimantan Timur dan Selatan, khususnya di daerah Suku Banjar serta Suku Kutai. Penampilan Bebongko ini sekilas tampak seperti nasi lemak atau pundut. Namun jika kamu melihat isinya maka akan terlihat perbedaan yang begitu mencolok.

Bagi masyarakat di Banjarmasin, Bebongko menjadi salah satu pilihan hidangan saat sarapan. Bukan hanya itu, kue ini juga sering disuguhkan dalam acara-acara besar, seperti pernikahan atau ritual sarapan besar ala Kutai yang disebut Beseprah. Cita rasa dari Bebongko ini adalah manis bercampur gurih.

Rekomendasi Tempat: Di berbagai pasar tradisional atau pusat jajanan pasar yang ada di Banjar.

 

Sumber:

Ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-banjarmasin/5-tempat-wisata-kuliner-banjarmasin-yang-menggoda-selera

 

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Band Paling Sukses di Indonesia

Fri Sep 6 , 2019
kondisi hati Seseorang memang tidak menentu kadang mengalami kegundahan ,entah karena pekerjaan,percintaan ataupun persahabatan. Banyak sekali hal yang biasa dilakukan, atau menyibukkan diri seperti  melakukan olahraga atau hobi kita atau dengan melakukan kegiatan melukis,menulis sebuah puisi, bermain musik, jalan-  jalan atau mendengarkan lagu Mendengarkan lagu menjadi saah satu hal yang […]