Contoh Kalimat Aktif dan Pasif Future Perfect Tense: Bagaimana Menggunakan Kata Kerja di Masa Depan dengan Gaya Penulisan Jurnalistik yang Santai

Posted on

Siapa yang tidak ingin menguasai bahasa Inggris dengan sempurna? Nah, salah satu hal yang perlu kamu kuasai dalam bahasa Inggris adalah tenses. Salah satunya adalah Future Perfect Tense atau kata kerja di masa depan. Kali ini, kita akan membahas contoh kalimat dalam Future Perfect Tense yang dibagi menjadi dua tipe, yaitu kalimat aktif dan pasif.

Kalimat Aktif

Pertama, mari kita bahas kalimat aktif di Future Perfect Tense. Kalimat ini memberi tahu bahwa subjek melakukan atau akan melakukan suatu tindakan dimasa depan dengan kondisi sudah selesai atau terjadi sebelum waktu yang disebutkan. Mari kita lihat contohnya:

  1. Pada tahun depan, saya akan menyelesaikan MBA saya.
  2. Keponakan saya akan telah belajar piano selama 5 tahun.
  3. Kami akan pergi ke pantai setelah kita selesai makan siang.

Tidakkah kamu merasa terdorong untuk menyelesaikan studi atau belajar sebuah instrumen setelah membaca contoh-contoh di atas? Hebat!

Kalimat Pasif

Nah, setelah kita membahas kalimat aktif, sekarang mari kita beralih ke kalimat pasif di Future Perfect Tense. Kalimat pasif menyoroti objek atau penerima tindakan yang sudah atau akan diterima oleh subjek pada suatu waktu di masa depan. Berikut contoh-contohnya:

  1. Proyek itu akan telah selesai sebelum presentasi besok.
  2. Hari ini adalah ujian terakhir yang akan telah diikuti oleh semua siswa.
  3. Novel tersebut akan telah dibaca oleh semua penggemarnya sebelum rilis resmi.

Dalam kalimat-kalimat di atas, perhatikan bahwa objek menerima tindakan (selesai, diikuti, dibaca) dari subjek (proyek itu, semua siswa, novel tersebut). Membaca contoh-contoh tersebut membuat kita merasa penasaran tentang apa yang akan terjadi di masa depan!

Jadi, itulah contoh kalimat aktif dan pasif dalam Future Perfect Tense. Pelajari dengan seksama dan gunakanlah tenses ini secara tepat agar kamu semakin mahir dalam bahasa Inggris. Ingatlah, praktik membuat segalanya menjadi lebih sempurna!

Sekarang, mari kita mulai membaca, menulis, dan berlatih Future Perfect Tense dalam kalimat-kalimat santai yang penuh semangat. Selamat belajar!

Apa Itu Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Future Perfect Tense?

Kalimat aktif future perfect tense digunakan untuk menjelaskan aksi yang akan selesai di masa depan sebelum waktu tertentu. Sedangkan kalimat pasif future perfect tense digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian di masa depan yang akan selesai sebelum waktu tertentu dan pengaruhnya masih berlanjut.

Kalimat Aktif Future Perfect Tense

Kalimat aktif future perfect tense dibentuk dengan menggunakan auxiliary verb “will have” diikuti oleh bentuk ketiga (past participle) dari kata kerja utama. Auxiliary verb “will have” menunjukkan bahwa aksi akan selesai di masa depan sebelum waktu tertentu.

Contoh kalimat kalimat aktif future perfect tense:

  1. I will have finished my assignment by tomorrow evening.
  2. He will have completed his project by the end of this month.
  3. We will have visited all the tourist attractions by the time our vacation ends.

Penjelasan:

Kalimat pertama menjelaskan bahwa penulis akan menyelesaikan tugasnya sebelum sore hari esok. Kalimat kedua menyatakan bahwa dia akan menyelesaikan proyeknya sebelum akhir bulan ini. Kalimat ketiga menjelaskan bahwa mereka akan mengunjungi semua objek wisata sebelum liburan mereka berakhir.

Kalimat Pasif Future Perfect Tense

Kalimat pasif future perfect tense dibentuk dengan menggunakan auxiliary verb “will have been” diikuti oleh bentuk ketiga (past participle) dari kata kerja utama. Auxiliary verb “will have been” menunjukkan bahwa suatu kejadian akan selesai di masa depan sebelum waktu tertentu dan pengaruhnya masih berlanjut.

Contoh kalimat kalimat pasif future perfect tense:

  1. The book will have been read by all the students by the end of this week.
  2. The project will have been completed by the time the deadline arrives.
  3. The cake will have been eaten by everyone before the party ends.

Penjelasan:

Kalimat pertama menjelaskan bahwa pada akhir minggu ini, semua siswa akan telah membaca buku tersebut. Kalimat kedua menyatakan bahwa proyek tersebut akan selesai sebelum batas waktu datang. Kalimat ketiga menjelaskan bahwa kue tersebut akan habis dimakan oleh semua orang sebelum pesta berakhir.

Cara Membentuk Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Future Perfect Tense

1. Kalimat Aktif Future Perfect Tense

Pertama, kita mulai dengan auxiliary verb “will have” yang diikuti oleh bentuk ketiga (past participle) dari kata kerja utama.

Bentuk umum: Subject + will have + past participle

Contoh:

– I will have finished my work by tomorrow.

– We will have moved to a new house by the end of this year.

2. Kalimat Pasif Future Perfect Tense

Pertama, kita mulai dengan auxiliary verb “will have been” diikuti oleh bentuk ketiga (past participle) dari kata kerja utama.

Bentuk umum: Subject + will have been + past participle

Contoh:

– The movie will have been watched by millions of people before it is released on DVD.

– The project will have been completed by the time the manager arrives.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa perbedaan antara kalimat aktif dan pasif future perfect tense?

Pada kalimat aktif future perfect tense, subjek melakukan aksi dan subjek tersebut berperan sebagai penyebab dari suatu kejadian yang akan selesai di masa depan sebelum waktu tertentu. Sedangkan pada kalimat pasif future perfect tense, subjek menerima aksi dan subjek tersebut berperan sebagai objek yang menerima akibat dari suatu kejadian di masa depan yang akan selesai sebelum waktu tertentu.

2. Apakah ada bentuk negatif dari kalimat aktif dan pasif future perfect tense?

Ya, ada bentuk negatif dari kalimat aktif dan pasif future perfect tense. Untuk kalimat aktif, kita menambahkan “not” setelah auxiliary verb “will”. Sedangkan untuk kalimat pasif, kita menambahkan “not” setelah auxiliary verb “will have been”.

3. Bagaimana cara menggunakan kalimat aktif dan pasif future perfect tense dalam percakapan sehari-hari?

Kalimat aktif future perfect tense dan kalimat pasif future perfect tense cocok digunakan dalam percakapan sehari-hari ketika kita ingin menyampaikan suatu kejadian yang akan selesai di masa depan sebelum waktu tertentu. Contohnya, “I will have finished my work by tomorrow” (Saya akan telah menyelesaikan pekerjaan saya besok) atau “The book will have been read by all the students by the end of this week” (Buku tersebut akan telah dibaca oleh semua siswa pada akhir minggu ini).

Kesimpulan

Dalam kalimat aktif future perfect tense, subjek melakukan aksi yang akan selesai di masa depan sebelum waktu tertentu. Sedangkan pada kalimat pasif future perfect tense, subjek menerima aksi dan kejadian tersebut akan selesai di masa depan sebelum waktu tertentu. Kalimat aktif dan pasif future perfect tense dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari untuk menyampaikan suatu kejadian yang akan selesai di masa depan sebelum waktu tertentu. Jadi, gunakanlah kalimat aktif dan pasif future perfect tense dengan tepat untuk menjelaskan kejadian di masa depan dengan pengaruh yang masih berlanjut.

Jika Anda ingin menggunakan kalimat aktif future perfect tense, ingatlah untuk menggunakan auxiliary verb “will have” diikuti oleh bentuk ketiga (past participle) dari kata kerja utama. Sedangkan jika Anda ingin menggunakan kalimat pasif future perfect tense, gunakan auxiliary verb “will have been” diikuti oleh bentuk ketiga (past participle) dari kata kerja utama. Selamat mencoba memahami dan menggunakan kalimat aktif dan pasif future perfect tense!

Noum
Menulis kata-kata dan mengajar dengan kreativitas. Antara menciptakan cerita dan menginspirasi kreativitas, aku menjelajahi imajinasi dan seni dalam kata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *