Contoh RPP Model ASSURE: Inovasi Pembelajaran yang Asyik dan Efektif!

Posted on

Penggunaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan model ASSURE sudah menjadi tren di kalangan pendidik saat ini. Model ini memadukan teknologi dan strategi pembelajaran yang menarik sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih asyik dan efektif. Yuk, simak contoh RPP dengan model ASSURE berikut ini!

Mengenal Model ASSURE

Sebagai pendidik yang up-to-date, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan model pembelajaran ASSURE. Singkatan dari Analyze Learners, State Objectives, Select Methods, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation and Evaluate, model ini mengutamakan aktifitas peserta didik dan inovasi teknologi dalam proses pembelajaran.

Contoh RPP Model ASSURE untuk Mata Pelajaran Matematika

RPP yang kami sertakan adalah contoh untuk mata pelajaran Matematika di kelas 5 SD. Kamu bisa mendapatkan inspirasi untuk mengembangkan RPP dengan model ASSURE pada mata pelajaran dan jenjang sekolah yang berbeda.

Materi Pembelajaran: Operasi Hitung Campuran
Waktu: 2 Pertemuan

Langkah-Langkah:

Analyze Learners

Pada tahap ini, guru perlu menganalisis karakteristik peserta didik. Misalnya, seberapa paham mereka terhadap operasi hitung campuran dan sejauh mana tingkat kemampuan berpikir mereka.

State Objectives

Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah:
– Peserta didik mampu menjelaskan konsep operasi hitung campuran.
– Peserta didik mampu menerapkan operasi hitung campuran dalam situasi problematika.

Select Methods

Metode yang akan digunakan adalah metode demonstrasi dan diskusi. Guru akan memberikan contoh soal dan meminta peserta didik untuk berpartisipasi dalam menjawab.

Utilize Media and Materials

Media yang digunakan adalah proyektor dan lembaran kerja. Guru akan menayangkan contoh soal dalam slide presentasi dan memberikan lembaran kerja kepada peserta didik.

Require Learner Participation

Peserta didik akan berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Mereka diberi kesempatan untuk menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru dan mempresentasikan solusi mereka di depan kelas.

Evaluate

Evaluasi dilakukan melalui tugas individu dan penilaian kelompok. Peserta didik diminta untuk mengerjakan tugas individu dan menilai presentasi kelompok teman-temannya.

Jadi, itulah contoh RPP dengan model ASSURE yang kami sajikan. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, diharapkan proses pembelajaran akan lebih menarik dan efektif. Selamat mencoba, ya!

Apa Itu RPP Model ASSURE?

RPP Model ASSURE (Analyze, State Objectives, Select Media and Materials, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation, Evaluate and Revise) adalah suatu model pengembangan pembelajaran yang dirancang untuk membantu para guru dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran yang efektif dan efisien. Model ini didasarkan pada pendekatan sistematis yang menggabungkan prinsip-prinsip pembelajaran aktif, teknologi multimedia, dan penilaian berbasis kinerja.

Contoh RPP Model ASSURE

Analyze (Menganalisis)

Tahap pertama dalam model ASSURE adalah menganalisis kebutuhan belajar siswa dan karakteristik kelas. Dalam contoh RPP ini, seorang guru mengajar pelajaran Matematika di kelas 5 SD. Setelah menganalisis kurikulum dan kebutuhan siswa, guru menyadari bahwa banyak siswa memiliki kesulitan dalam memahami konsep pecahan.

State Objectives (Merumuskan Tujuan)

Tahap selanjutnya adalah merumuskan tujuan pembelajaran yang spesifik dan terukur. Dalam contoh ini, tujuan pembelajaran adalah siswa dapat memahami konsep pecahan, mengidentifikasi bagian-bagian pecahan, dan melakukan operasi dasar dengan pecahan.

Select Media and Materials (Memilih Media dan Materi)

Setelah merumuskan tujuan, guru kemudian memilih media dan materi yang sesuai dengan tujuan dan karakteristik siswa. Dalam contoh ini, guru memilih buku teks, lembar kerja, manipulatif pecahan, dan video pembelajaran sebagai media dan materi yang akan digunakan dalam pembelajaran.

Utilize Media and Materials (Memanfaatkan Media dan Materi)

Pada tahap ini, guru mengintegrasikan media dan materi yang dipilih ke dalam pengajaran. Guru menggunakan buku teks untuk memberikan penjelasan konsep pecahan, membagikan lembar kerja untuk latihan individu, membawa manipulatif pecahan untuk kegiatan kelompok, dan memutar video pembelajaran untuk memperkuat konsep pecahan.

Require Learner Participation (Membuat Siswa Berpartisipasi)

Untuk memastikan siswa aktif dalam pembelajaran, guru memberikan berbagai tugas dan aktivitas yang melibatkan siswa. Dalam contoh ini, guru memberikan tugas kepada siswa untuk memecahkan masalah pecahan dalam kelompok, melakukan diskusi, dan membuat presentasi tentang penggunaan pecahan dalam kehidupan sehari-hari.

Evaluate and Revise (Menilai dan Merevisi)

Tahap terakhir adalah mengevaluasi pembelajaran dan merevisi jika diperlukan. Guru melakukan penilaian formatif dan sumatif untuk melihat sejauh mana siswa mencapai tujuan pembelajaran. Jika ada kelemahan dalam pengajaran, guru merevisi RPP untuk mengatasi masalah tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran yang akan datang.

Cara Contoh RPP Model ASSURE

Langkah 1: Menganalisis

Analisis kebutuhan belajar siswa dan karakteristik kelas adalah langkah pertama dalam merancang RPP Model ASSURE. Identifikasi area pembelajaran yang memerlukan perhatian khusus dan sesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Langkah 2: Merumuskan Tujuan

Rumuskan tujuan pembelajaran yang spesifik, terukur, dan relevan dengan kebutuhan siswa. Tujuan harus jelas dan dapat dinilai apakah telah tercapai atau tidak.

Langkah 3: Memilih Media dan Materi

Pilih media dan materi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa. Pastikan media dan materi yang dipilih mendukung pembelajaran yang interaktif dan menarik.

Langkah 4: Memanfaatkan Media dan Materi

Integrasikan media dan materi ke dalam pembelajaran. Gunakan media dengan efektif agar siswa dapat mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang materi yang dipelajari.

Langkah 5: Membuat Siswa Berpartisipasi

Buatlah siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran melalui berbagai kegiatan dan tugas. Berikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja secara individual maupun kelompok.

Langkah 6: Menilai dan Merevisi

Lakukan penilaian secara formatif dan sumatif untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran. Jika ada kelemahan atau perbaikan yang diperlukan, lakukan revisi pada RPP untuk perbaikan pembelajaran di masa depan.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa perbedaan antara RPP konvensional dan RPP Model ASSURE?

Perbedaan utama antara RPP konvensional dan RPP Model ASSURE adalah penggunaan media dan teknologi dalam pembelajaran. RPP Model ASSURE mengintegrasikan media dan teknologi sebagai alat pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan memfasilitasi pemahaman yang lebih baik.

2. Bagaimana cara memilih media dan materi yang tepat dalam RPP Model ASSURE?

Memilih media dan materi yang tepat dalam RPP Model ASSURE membutuhkan analisis mendalam tentang karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, dan kebutuhan belajar. Pilihlah media yang interaktif dan sesuai dengan konteks pembelajaran agar siswa dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran.

3. Bagaimana cara mengukur efektivitas RPP Model ASSURE?

Efektivitas RPP Model ASSURE dapat diukur melalui penilaian formatif dan sumatif. Observasi langsung terhadap proses pembelajaran, tes, dan karya siswa dapat digunakan sebagai indikator untuk mengukur sejauh mana siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Kesimpulan yang dapat diambil adalah RPP Model ASSURE adalah model pengembangan pembelajaran yang sistematis dan efektif. Dengan memperhatikan kebutuhan belajar siswa, merumuskan tujuan yang jelas, memilih media dan materi yang tepat, memanfaatkan media dengan efektif, membuat siswa berpartisipasi aktif, dan melakukan evaluasi dan revisi, guru dapat merancang pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna bagi siswa.

Dengan menerapkan RPP Model ASSURE, diharapkan siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam dan dapat mengaplikasikan pengetahuan dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, tindakan yang dapat dilakukan oleh pembaca adalah mencoba menerapkan RPP Model ASSURE dalam pembelajaran mereka sendiri dan terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *