Ini Dia 5 Kampus Favorit di Kota Kembang

Kamu baru lulus SMA? Terus mau lanjut kuliah? Eh tapi bentar deng, bingung soalnya mau lanjut kuliah kemana :(. Tenang… tenang, gak usah galau dulu. Kota Bandung bisa menjadi salahsatu destinasi kamu untuk melanjutkan pendidikan. Ada banyak kampus berkulitas yang ada di Kota Kembang ini.

Tentunya ada berbagaimacam hal yang harus kamu pertimbangin untuk memilih kampus yang ada di Kota Bandung. Seperti jurusan yang bakal menunjang karier di masa depan, biaya masuk, fasilitas kampus, unit kedgiatan mahasiswa, dan lain sebagainya.

Nah sebagai bahan pertimbangan, kamu bisa melihat 5 kampus terbaik yang di Kota Kembang versi 4 International College and Universities (4ICU) pada Januari 2018 lalu. Apakah kampus yang akan kamu tuju termasuk salahstunya? Yukkk cek dulu aja!

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Institut Teknologi Bandung
Institut Teknologi Bandung (Sumber: Itb.ac.id)

Siapa sih yang gak kenal ITB? Saya rasa kampus yang satu ini bukan hanya terkenal di Indonesia, tapi di luar negeri pun demikian. Banyak tokoh-tokh nasional yang lahir dari kampus di Jalan Ganesha Nomor 10, Lb. Siliwangi, Coblong, Kota Bandung ini. Beberapa diantaranya adalah Ir. Soekarno, B.J Habiebie, Ridwan Kamil, dan banyak lagi tokoh-tokoh nasional lainnya.

ITB pertama kali didirikan pada tahun 1920 namanya memakai Bahasa Belanda yaitu Technische Hogeschool (TH). Pada tanggal 2 Maret 1959, barulah namanya berubah menjadi nama yang sekarang. Saat ini, ITB memiliki 12 fakultas yang bisa dipilih dan ada 22 program studi yang sudah terakredetasi secara internasional.

Untuk fasilitas gak usah ditanya lagi. ITB memiliki ruang kuliah yang lengkap, laboratorium, bengkel, studio, klinik,, fasilitas olahraga, campus center, kantor pos, kantin, Sasana Budaya Ganesha, pusat bahasa, sampe-sampe perpustakaan dengan koleksi buku lebih dari 150 ribu. Selain itu, Observatorium Bosscha yang terkenal itu pun merupakan salah satu fasilitas yang dimiliki ITB loh.

Info website pendidikan baca aja kinibisa

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

Universitas Pendidikan Indonesia
Universitas Pendidikan Indonesia (Sumber: Upi.edu)

UPI didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 dengan nama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). Kampus yang satu ini sudah sangat banyak mencetak guru pendidik bangsa. Jadi bagi kamu yang punya cita-cita untuk menjadi pendidik, UPI sangat bisa diandalkan untuk mengejar mimpimu itu.

Saat ini UPI mempunyai 6 kampus yang tersebar di Provinsi Jawa Barat dan Banten. Jalan Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung merupakan tempat kampus utama UPI, sementara kampus lainnya berada di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan juga Serang.

Berbicara fasilitas, fasilitas UPI juga lengkap. Ada laboratorium, perpustakan, unit pelaksana teknis layanan bimbingan konseling, UPInet, kolam renang, gymnasium, dan yang terbaru adalah Museum Pendidikan Nasional. Selain itu, UPI juga memiliki Balai Bahasa UPI yang cukup terkenal.

3. Universitas Padjajaran (UNPAD)

Universitas Padjajaran
Universitas Padjajaran (Sumber: Kampusaja.com)

Kampus Unpad berada di dua tempat, yaitu di Jatinangor dan Dipatiukur. Kampus utamanya sendiri terletak di Jalan Raya Bandung Sumedang KM. 21, Hegarmanah, Jatinangor. Sedang kampus keduanya di Jalan Dipatiukur No. 35, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung.

Kampus yang berdiri pada tanggal 11 September 1957 ini memiliki 17 Fakultas yang terdiri dari saintek dan humaniora. Fasilitas yang tersedia di kampus yang satu ini meliputi asrama, perpustakaan, laboratorium central, pusat kebugaran dan kecantikan, Stadion Jati Padjajaran, ruang pertemuan, dan ada rumah sakit gigi mulut, juga rumah sakit pendidikan.

4. Telkom University (TEL-U)

Telkom University
Telkom University (Sumber: LinkedIn Telkom University)

Telkom University didirikan pada tanggal 14 Agustus 2013. Saat ini, usianya baru sekitar 6 tahun saja. Tapi hebatnya, tahun lalu Tel-U ini sudah mendapat peringkat ke-24 dari 100 universitas terbaik versi 4ICU. Hal ini karena Tel-U memiliki kelebihan sebagai ICT-based campus yang concern terhadap pengembangan skill mahasiswanya di bidang ilmu teknologi informasi dan komunikasi.

Kamu tipe introvert apa extrovert? yuk tes karakter di kinibisa

Tel-U berlokasi di Jalan Telekomunikasi Nomor 01, Terusan Buah Batu, Sukapura, Dayeuhkolot, Bandung. Bagi kamu yang berminat masuk kampus ini, ada 7 fakultas yang terdiri dari 27 prodi yang bisa kamu pilih. Kampus Telkom memiliki beberapa fasilitas seperti sejumlah laboratorium, studio, bengkel, perpustakaan, pusat bahasa, dan sarana pembelajaran elektronik (e-Learning).

5. Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Universitas Komputer Indonesia
Universitas Komputer Indonesia

UNIKOM terlwtak di Jalan Dipatiukur Nomor 112-114 Bandung. Kampus yang sudah berusia 18 tahun ini memiliki 7 Fakultas dengan jurusan favoritnya adalah Desain Komunikasi Visual dan Teknik Informatika. Memiliki titel kampus ber-basic komputer pertama di Indonesia, Unikom menerapkan mata kuliah software dan hardware sebagai mata kuliah wajibnya. Makanya engga usah heran kalo Divisi Robotika yang ada di Unikom sering menyabet penghargaan dan medali di ajang kompetisi robot internasional.

Nah kira-kira dari kelima kampus tersebut suadah bisa memutuskan kah mau kuliah di kamous yang mana? Supaya gak bingung lagi yaaa.

 

Sumber:

seputarkota.com/bandung/kampus-terbaik-di-bandung/

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Artis Thailand Yang Sudah Banyak Dikenal Oleh Masyarakat Luas

Mon Sep 2 , 2019
Mario Maurer Mario Maurer adalah aktor sekaligus model yang paling banyak dikenal oleh kalangan remaja termasuk di Indonesia pria kelahiran Bangkok, Thailad 4 Desember 1988 silam itu berhasil mencuri perhatian di kalangan seluruh dunia Perannya sebagai kak Shone dalam film First Love (A Little Thing Called Love) berhasil mencuri perhatian […]
Preechaya Pongthananikorn