Makanan Khas Lampung yang Menggugah Selera: Sekubal Ketan Lapis

Posted on

Siapa tidak tergoda dengan makanan khas Lampung yang menggugah selera? Salah satu hidangan yang patut dicoba jika Anda berkunjung ke provinsi ini adalah sekubal ketan lapis. Dengan cita rasa yang khas dan proses pembuatannya yang unik, hidangan ini tak hanya mengenyangkan, tapi juga memanjakan lidah Anda.

Sekubal ketan lapis merupakan camilan tradisional Lampung yang terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti beras ketan, kelapa parut, gula merah, dan daun pisang sebagai pembungkus. Cita rasanya yang manis dan legit dengan sedikit aroma kelapa membuatnya menjadi favorit di kalangan masyarakat Lampung.

Proses pembuatan sekubal ketan lapis ini pun cukup menarik. Pertama-tama, beras ketan direndam dalam air kelapa selama beberapa jam hingga mengembang. Kemudian, ketan dikukus hingga matang sempurna. Setelah itu, kelapa parut yang telah dicampur dengan sedikit garam dipanggang hingga warnanya kecokelatan.

Sementara kelapa parut masih hangat, beras ketan yang telah matang dilapis dengan gula merah yang sudah diparut halus. Gula merah yang meleleh akan tercampur dengan ketan, memberikan rasa manis yang lezat. Kemudian, ketan dan gula merah dilapisi dengan lapisan kelapa parut yang ditaburi garam panggang.

Setelah seluruh bahan disusun, hidangan ini kemudian dibungkus dengan daun pisang yang memberikan aroma khas yang begitu menggoda. Daun pisang sebagai pembungkus juga memberikan kesan alami yang semakin menambah selera ketika menyantapnya.

Sekubal ketan lapis biasanya dihidangkan saat acara adat atau kegiatan ritual di Lampung. Namun, kini hidangan ini juga dapat ditemukan di warung-warung atau pasar tradisional di hampir seluruh Lampung. Berbagai inovasi atau variasi rasa juga telah dihadirkan, seperti tambahan kacang tanah, cokelat, atau bubuk kelapa.

Selain memiliki cita rasa yang lezat, sekubal ketan lapis juga memiliki nilai gizi yang tinggi. Ketan yang kaya akan serat dan lemak sehat dari kelapa parutnya, membuat hidangan ini sempurna untuk menemani aktivitas sehari-hari.

Jadi, jika Anda berkesempatan mengunjungi Lampung, jangan lewatkan untuk mencicipi sekubal ketan lapis yang lezat ini. Rasanya yang manis, tekstur yang kenyal, dan aroma yang khas benar-benar memanjakan lidah Anda. Selamat menikmati kuliner khas Lampung yang tak terlupakan!

Apa Itu Sekubal Ketan Lapis Makanan Khas Lampung?

Di tengah kekayaan kuliner Nusantara, terdapat banyak makanan khas dari tiap daerah. Salah satunya adalah sekubal ketan lapis, makanan khas dari Provinsi Lampung. Sekubal ketan lapis adalah sejenis kue tradisional yang terbuat dari bahan dasar ketan yang diolah dengan menggunakan bumbu khas Lampung. Makanan ini memiliki tekstur yang kenyal dan cita rasa yang gurih, yang membuatnya menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera.

Ketan Lapis yang Menggugah Selera

Sekubal ketan lapis terdiri dari beberapa lapis ketan yang disusun secara berurutan dan diberi isian bumbu yang kaya akan rempah. Proses pembuatan sekubal ketan lapis membutuhkan ketepatan dalam mengolah bahan-bahan dan mengatur suhu saat mengukus ketan agar menghasilkan lapisan ketan yang lembut dan tidak lengket.

Bumbu yang digunakan pada sekubal ketan lapis biasanya terdiri dari ebi (udang kering), bawang merah, bawang putih, ketumbar, dan beberapa rempah lainnya. Rempah-rempah ini memberikan aroma dan rasa khas yang menjadikan makanan ini begitu istimewa.

Cara Membuat Sekubal Ketan Lapis Makanan Khas Lampung

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat sekubal ketan lapis di rumah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Cuci bersih ketan, rendam dalam air selama beberapa jam, kemudian tiriskan.
  2. Panaskan minyak dan tumis bawang merah, bawang putih, ebi, ketumbar, dan rempah-rempah hingga harum.
  3. Masukkan ketan ke dalam tumisan rempah-rempah dan aduk hingga rata.
  4. Tuang air secukupnya, aduk kembali hingga ketan matang dan lengket.
  5. Ambil sebagian ketan dan susun dalam loyang, pipihkan dengan menggunakan sendok.
  6. Tumpuk lagi dengan ketan yang sudah diberi warna menggunakan pewarna makanan.
  7. Ulangi proses penumpukan ketan hingga lapisan ketan mencapai ketebalan yang diinginkan.
  8. Kukus ketan selama kurang lebih 30-45 menit hingga matang dan kenyal.
  9. Dinginkan ketan lapis sejenak sebelum memotongnya menjadi bentuk yang diinginkan.
  10. Sekubal ketan lapis siap disajikan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah sekubal ketan lapis hanya ada di Lampung?

Tidak, sekubal ketan lapis memang merupakan makanan khas Lampung, namun saat ini juga bisa ditemukan di beberapa daerah lain di Indonesia.

2. Bisakah sekubal ketan lapis disimpan dalam waktu yang lama?

Iya, sekubal ketan lapis dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama jika disimpan di dalam kulkas. Namun, pastikan memasukkannya dalam wadah kedap udara agar tetap lezat dan kenyal.

3. Apakah ada variasi rasa lain selain rasa original?

Tentu saja! Sekubal ketan lapis ternyata bisa diolah dalam berbagai variasi rasa seperti pandan, coklat, atau bahkan keju. Penggunaan aroma atau pewarna alami dapat memberikan tampilan dan cita rasa yang berbeda pada hidangan ini.

Kesimpulan

Sekubal ketan lapis adalah makanan khas dari Lampung yang memiliki cita rasa gurih dan tekstur kenyal yang khas. Dalam pembuatannya, diperlukan ketepatan dalam mengolah bahan dan rempah-rempah untuk menghasilkan lapisan ketan yang lezat dan tidak lengket. Makanan ini dapat dinikmati dalam variasi rasa seperti original, pandan, coklat, atau keju.

Buatlah waktu luang Anda untuk mencoba membuat sendiri sekubal ketan lapis ini di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, Anda bisa menikmati hidangan khas Lampung yang lezat dan menggugah selera. Jangan lupa untuk menyimpannya dengan baik agar tetap awet dan lezat. Selamat mencoba!

Alger
Mengolah kata-kata dan tubuh dengan tekad. Antara tulisan dan latihan, aku menemukan keseimbangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *