Surat Lamaran Block Style: Simak Tips Bagaimana Membuatnya!

Posted on

Pada era digital seperti sekarang, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Di tengah persaingan yang ketat, salah satu hal yang penting adalah membuat surat lamaran yang menarik perhatian perekrut. Salah satu jenis format surat lamaran yang populer adalah Surat Lamaran Block Style. Di artikel ini, kita akan membahas cara membuat surat lamaran block style yang efektif. So, let’s get started, ya!

Sebelum memulai penulisan surat, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu Surat Lamaran Block Style. Secara singkat, Surat Lamaran Block Style adalah jenis format surat lamaran yang didalamnya tidak terdapat inden paragraph, artinya semua paragraf dimulai dari posisi margin kiri.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam membuat surat lamaran block style ini adalah menuliskan identitas Anda, yakni nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email di sudut kiri atas. Pastikan informasi ini terlihat jelas dan mudah dihubungi oleh pihak perusahaan yang dituju.

Selanjutnya, berikan salam pembuka yang sopan dan profesional. Anda dapat menggunakan salam seperti “Kepada Yth. [Nama Perekrut]” atau “Kepada Tim HRD [Nama Perusahaan]”. Hal ini menunjukkan bahwa Anda telah meneliti dan memperhatikan dengan baik kepada siapa surat lamaran Anda ditujukan.

Dalam paragraf pembuka, jelaskan dengan jelas mengapa Anda tertarik dengan posisi yang sedang dibuka dan perusahaan tersebut. Jangan ragu untuk menunjukkan pengetahuan Anda tentang perusahaan tersebut, misalnya proyek terbaru yang sedang dikerjakan atau visi perusahaan yang dihargai di industri.

Setelah itu, bahas pengalaman kerja Anda yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Jelaskan tanggung jawab dan prestasi yang telah Anda capai di tempat kerja sebelumnya. Pastikan untuk menekankan keterampilan dan keberhasilan Anda yang dapat berkontribusi pada perusahaan yang Anda tuju.

Jangan lupa juga untuk menyebutkan pendidikan formal dan non-formal yang Anda miliki. Ini akan memberikan gambaran kepada perekrut bahwa Anda memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Sertakan gelar, nama institusi, dan tahun lulus.

Terakhir, berikan pernyataan penutup yang kuat. Sampaikan dengan jelas kesediaan Anda untuk datang ke tahap seleksi lebih lanjut atau wawancara. Sertakan juga informasi kontak yang dapat dihubungi, baik nomor telepon maupun alamat email, sehingga pihak perusahaan dapat dengan mudah menghubungi Anda.

Setelah Anda selesai menulis surat lamaran, pastikan untuk melakukan proofreading atau pengeditan secara seksama. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan, tata bahasa, atau informasi yang salah. Surat yang rapi dan tanpa kesalahan akan meningkatkan kesan profesional Anda kepada perekrut.

Nah, itulah tadi tips dalam membuat surat lamaran block style. Selalu perhatikan format dan bahasa yang sopan dalam penulisan surat. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mempersiapkan surat lamaran untuk mendapatkan pekerjaan impian. Good luck!

Apa Itu Surat Lamaran Block Style?

Surat lamaran block style merupakan salah satu format surat lamaran kerja yang umum digunakan oleh pelamar pekerjaan. Format ini ditandai dengan penulisan yang rapi dan terstruktur. Pada surat lamaran block style, seluruh teks ditulis dengan rata kiri dan rata kanan untuk setiap barisnya.

Surat lamaran block style biasanya terdiri dari beberapa bagian utama, antara lain:

1. Header

Bagian header pada surat lamaran block style berisi informasi pribadi pelamar dan alamat yang dituju. Informasi pribadi yang perlu disertakan meliputi nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon, dan alamat email. Adapun bagian alamat yang dituju berisi informasi perusahaan yang dikirimkan surat lamarannya, seperti nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan alamat email perusahaan.

2. Tanggal

Setelah header, surat lamaran block style dilanjutkan dengan penulisan tanggal pengiriman surat lamaran. Tanggal ini disertakan sebagai pertanda surat lamaran dikirimkan pada waktu tertentu.

3. Salam Pembuka

Salam pembuka digunakan sebagai pengantar surat lamaran. Biasanya salam pembuka menggunakan kata-kata seperti “Kepada Yth.” atau “Dear” diikuti dengan nama perusahaan atau nama penerima surat lamaran.

4. Isi Surat

Isi surat pada surat lamaran block style mencakup penulisan informasi mengenai keahlian, pengalaman kerja, pendidikan, dan alasan mengapa pelamar tertarik dengan posisi yang dilamar. Isi surat perlu ditulis dengan jelas, terstruktur, dan mudah dipahami oleh pihak yang membaca surat lamaran.

5. Salam Penutup

Salam penutup pada surat lamaran block style digunakan untuk mengakhiri surat dengan sopan. Beberapa pilihan salam penutup yang umum digunakan antara lain “Hormat saya”, “Terima kasih”, atau “Salam hormat”.

6. Tanda Tangan

Surat lamaran block style harus dilengkapi dengan tanda tangan pelamar. Tanda tangan ini biasanya diletakkan di bawah salam penutup.

Cara Menulis Surat Lamaran Block Style

Berikut adalah langkah-langkah dalam menulis surat lamaran block style yang baik dan benar:

1. Siapkan Format Surat Lamaran

Persiapkan format surat lamaran block style dengan benar. Gunakan kertas A4 dan pastikan teks terlihat rapi dan terstruktur. Hindari penggunaan font yang terlalu kecil atau tidak jelas.

2. Tulis Alamat Penerima

Tulis alamat penerima pada bagian atas kiri surat. Cantumkan nama perusahaan, alamat, nomor telepon, dan alamat email perusahaan dengan jelas dan lengkap.

3. Tulis Alamat Pengirim

Tulis alamat pengirim pada bagian atas kanan surat. Cantumkan nama lengkap, alamat lengkap, nomor telepon, dan alamat email dengan jelas dan lengkap.

4. Tulis Tanggal

Tulis tanggal pengiriman surat lamaran pada bagian atas kanan surat. Hingga hari ini, penulisan tanggal di Indonesia mengikuti urutan tanggal-bulan-tahun.

5. Gunakan Salam Pembuka Yang Tepat

Tulis salam pembuka yang sesuai dengan konteks surat lamaran. Jika tidak mengetahui siapa yang akan membaca surat lamaran, gunakan “Kepada Yth.” atau “Dear”. Jika mengetahui nama penerima surat, gunakan nama tersebut.

6. Tuliskan Isi Surat dengan Terstruktur

Tuliskan isi surat dengan terstruktur. Jelaskan keahlian, pengalaman kerja, pendidikan, serta alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang dilamar. Gunakan bahasa yang jelas, singkat, dan mudah dipahami.

7. Gunakan Salam Penutup Yang Sopan

Gunakan salam penutup yang sopan, seperti “Hormat saya”, “Terima kasih”, atau “Salam hormat”. Hindari salam penutup yang terlalu informal atau terlalu akrab.

8. Berikan Tanda Tangan

Berikan tanda tangan di bawah salam penutup. Tanda tangan dapat ditulis dengan tangan atau menggunakan font khusus untuk tanda tangan jika surat lamaran dikirimkan secara digital.

Pertanyaan Umum tentang Surat Lamaran Block Style

1. Mengapa surat lamaran block style banyak digunakan?

Surat lamaran block style banyak digunakan karena formatnya yang rapi dan terstruktur. Format ini memudahkan penerima surat untuk membaca dan memahami isi surat lamaran dengan jelas.

2. Apakah surat lamaran block style harus diketik?

Idealnya, surat lamaran block style sebaiknya diketik menggunakan komputer. Namun, jika tidak memungkinkan, surat lamaran juga dapat ditulis tangan dengan rapi dan jelas.

3. Apakah surat lamaran block style harus menggunakan bahasa Inggris?

Tidak semua surat lamaran block style harus menggunakan bahasa Inggris. Bahasa yang digunakan dapat disesuaikan dengan kebijakan perusahaan dan posisi yang dilamar. Akan tetapi, menguasai bahasa Inggris dapat menjadi nilai tambah bagi pelamar.

Kesimpulan

Surat lamaran block style adalah format surat lamaran kerja yang rapi dan terstruktur. Dalam menulis surat lamaran block style, penting untuk menggunakan format yang benar dan jelas. Sisipkan informasi mengenai keahlian, pengalaman kerja, pendidikan, serta alasan mengapa Anda tertarik dengan posisi yang dilamar. Hindari penulisan surat lamaran yang terlalu panjang dan kompleks.

Dengan mengikuti tips dan panduan di atas, diharapkan surat lamaran block style yang Anda tulis dapat memberikan kesan positif kepada pihak perusahaan dan meningkatkan peluang Anda untuk diterima dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Cobalah untuk meluangkan waktu dalam menulis surat lamaran sehingga Anda dapat mengungkapkan dengan baik potensi diri dan alasan mengapa Anda cocok untuk posisi yang dilamar.

Sekarang, saatnya mengambil langkah pertama. Segera buat surat lamaran block style yang menarik dan kirimkan kepada perusahaan impian Anda. Jangan ragu dan semangat!

Lahiq
Menulis kata-kata dan memberikan cahaya pada generasi muda. Dari tulisan yang memberi inspirasi hingga mengilhami anak-anak, aku menciptakan keceriaan dan pencerahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *