5 Kuliner Medan, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Medan merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara, sekaligus kota terbesar ketiga di Indonesia. Medan selalu menawarkan keistimewaan tersendiri, mulai dari tempat wisata hingga warganya. Kuliner, alias makanan khas Medan adalah salah satunya.

Makanan yang berkhas Batak juga tidak kalah menarik dan lezatnya di bagian Pulau Sumatera ini, walupun tidak sepopuler Padang dan Aceh. Namun makanan dan oleh-oleh dari Kota Medan/Kota Deli ini termasuk makanan dengan rasa yang enak dan lezat.

Tertarik untuk mencoba makanan khas Medan saat berkunjung ke sana? Berikut adalah beberapa kuliner dari Medan yang wajib kalian cicipi.

Soto Medan

Soto Medan -Reseptina.com
Soto Medan -Reseptina.com

Bukan hanya Jawa tapi Medan juga punya soto, lho, dan rasanya tidak kalah dengan yang ada di Jawa. Soto Medan memiliki ciri khas kuah santan yang berwarna kuning kehijauan, dengan jintan sebagai rempah andalannya.

Soto Medan juga menawarkan beragam ‘isian’ yang variatif, mulai dari daging sapi ayam, bahkan udang. Menu pelengkap yang paling cocok saat menikmati Soto Medan adalah perkedel kentang dan rempeyek udang.

Mie Gomak

Mie Gomak adalah makanan yang terkenal sebagai masakan khas daerah dari tanah Batak Toba, meliputi semua daerah Batak Toba, dan juga menjadi masakan khas di Sibolga dan Tapanuli. Makanan ini juga sering disebut Spageti Batak karena mirip dengan spageti dari Itali.

Mie Gomak - Idntimes.com
Mie Gomak – Idntimes.com

Keistimewaan makanan ini ada pada bentuk mienya yang besar. Mie ini hanya dibuat di Sumatera Utara dan biasa disebut mie lidi. Selain dimakan langsung, mie ini juga bisa dicampur dengan kuah lontong atau bumbu kacang.

Bihun Bebek

Ingin mencoba makanan khas Medan yang unik? Bihun bebek bisa dijadikan pilihan. Jangan membayangkan kuliner ini seperti bihun dengan bebek sebagai lauknya, tetapi lebih mencerminkan sajian ini sebagai sup dengan cita rasa unik yang menggunakan daging bebek sebagai lauknya.

Bihun Bebek _ Travelingyuk.com
Bihun Bebek _ Travelingyuk.com

Tekstur bihun yang lembut dan ditambah dengan topping daging bebek empuk, kemudian disiram dengan menggunakan kaldu, membuatnya begitu nikmat disantap.

Kari Bihun Tabona

Medan juga terkenal dengan kuliner yang kaya akan rempah-rempah, seperti Kari Bihun Tabona. Kalau yang namanya kari, pasti terbayang kuah kental dengan rasa yang lezat, aroma yang khas dan bumbu-bumbu yang penuh cita rasa.

Kari Bihun Tabona - Indozone.id
Kari Bihun Tabona – Indozone.id

Bumbu kari yang meresap ke dalam daging dan kalian juga bisa merasakannya kala menggigit daging dan juga mie bihunnya. Bagi kalian pecinta kuliner yang kaya akan rempah, wajib banget buat coba makanan satu ini.

BACA JUGA: Tempat makan di Semarang

Ci Cong Fan

Kue Medan yang satu ini berbahan dasar tepung beras dan tang mien (tepung yang terbuat dari pati gandum). Lembaran “kulit” Ci Cong Fan ini bertekstur lembut mirip dengan tekstur kwetiau.

Ci Cong Fan - Travelingyuk.com
Ci Cong Fan – Travelingyuk.com

Ci Cong Fan biasanya diisi dengan daging sapi atau babi (bagi non-Muslim). Namun, kini banyak Ci Cong Fan yang diisi dengan sayuran segar. Dengan bahan dasar yang sehat dan isian yang sehat, Ci Cong Fan tentu menjadi pilihan camilan yang tepat untuk kamu yang hobi ngemil.

Hidangan ini terbuat dari tepung beras dan tang mien yang disajikan dengan siraman kecap asin serta taburan bawang goreng.

Itu adalah daftar kuliner di Medan yang harus kalian coba, apa kalian tertarik untuk menikmati makanan khas Medan di atas? Atau kamu mempunyai referensi makanan khas Medan lainnya yang harus dicoba?

BACA JUGA : Tempat Makan di Malang

Sumber referensi : https://travelingyuk.com/gunung-guntur/231105

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kuliner Khas Sorong yang Wajib Kamu Coba!

Wed Jan 22 , 2020
Kota Sorong belakangan ini mulai akrab di telinga traveler lokal ataupun mancanegara. Wajar aja, sebab kota ini merupakan pintu gerbangnya Raja Ampat, yang mana spot diving dan keindahannya sudah bergaung ke berbagai penjuru dunia. Namun jangan salah lho, kuliner di Kota Sorong juga ternyata engga bisa dilewatkan begitu saja. Banyak sekali […]
Abon Gulung