5 Kuliner Khas Sorong yang Wajib Kamu Coba!

Kota Sorong belakangan ini mulai akrab di telinga traveler lokal ataupun mancanegara. Wajar aja, sebab kota ini merupakan pintu gerbangnya Raja Ampat, yang mana spot diving dan keindahannya sudah bergaung ke berbagai penjuru dunia. Namun jangan salah lho, kuliner di Kota Sorong juga ternyata engga bisa dilewatkan begitu saja.

Banyak sekali sajian di Sorong yang punya citarasa unik. Dan pastinya sulit ditemukan di kota-kota lainnya di penjuru Nusantara. Makanya akan sangat menyesal jika kamu engga sempat mencicipi kuliner khas nya ketika berkunjung ke kota ini. Penasaran? Yukk langsung disimak aja.

1. Papeda

Papeda
Papeda (Sumber: Tokopedia.com)

Ngomongin tentang cita rasa kuliner Sorong, Papeda tentunya menjadi salah satu kuliner khas yang wajib dicicipi. Bening dan lengket mirip lem, itulah mungkin kesan pertama yang terlintas di pemikiran banyak orang saat melihat kudapan yang satu ini.  Namun jangan salah, kuliner Sorong ini bakal terasa sangat nikmat kalo dimakan bersama dengan ikan kuah kuning.

Yaaapss… Papeda merupakan bubur sagu yang biasanya disajikan dengan ikan bumbu kuah kuning yang rasanya asam pedas. Perpaduan rasa asam dan pedas ini sungguh pas. Menemukan papeda juga engga sulit ko. Kamu bisa menjajalnya di restoran ataupun warung-warung yang tersebar di seluruh wilayah Sorong.

Baca juga: Tempat Makan di Jayapura

2. Abon Gulung

Abon Gulung
Abon Gulung (Sumber: travelingyuk.com)

Kuliner khas Sorong lezat yang selanjutnya adalah Abon Gulung. Makanan khas Sorong satu ini merupakan roti dengan isian Abon yang dibuat dengan cara di gulung. Perpaduan antara manisnya roti dan gurihnya abon membuat cita rasa abon gulung banyak digemari.

Seiring perkembangan tren dan untuk memenuhi kebutuhan pasar, saat ini abon gulung hadir dengan beragam rasa menarik seperti susu, sosis, cokelat, dan masih banyak lagi. Salah satu merk Abon Gulung yang sudah teruji kelezatannya yaitu Billy Bakery. Kudapan yang sangat direkmoendasikan ini juga cocok banget untuk kamu jadikan sebagai buah tangan bagi keluarga di rumah.

3. Kue Lontar

Kue Lontar
Kue Lontar (Sumber: travelingyuk.com)

Walaupun namnaya kue lontar, tapi kuliner kha sorong ini bukan terbuat dari daun lontar yaaa. Sekilas sih kue yang satu ini terlihat seperti pie susu Bali. Namun yang membuatnya memiliki cita rasa berbeda yaitu ukurannya yang lebih tebal. Bahan-bahan baku untuk membuat kue lontar ini adalah campuran susu kental manis, margarin, dan telur.

Kue khas sorong ini bisa kamu cicipi dalam beragam toping dan rasa. Ukurannya juga beragam, ada yang mini ada juga yang ukurannya besar.  Banyak yang mengatakan belum sah kkalo kamu ke Sorong tapi belum mencicipi kue lontar. Bahkan menurut beberapa sumber, setiap gadis Papua yang hendak menikah wajib punya kemampuan membuat kue ini.

Baca juga: Tempat Makan di Makassar

4. Udang Selingkuh

Udang Selingkuh
Udang Selingkuh (Sumber: tokopedia.com)

Nama kuliner khas Sorong yang stu ini memang cukup unik. Konon katanya nama hidangan yang satu ini terinspirasi karena jenis udang yang digunakan untuk bahan bakunya merupakan hasil ‘perselingkuhan’ antara udang, kepiting, dan lobster. Bentuk kuliner ini cukup unik dan rasanya pun sungguh nikmat.

Biasnya, uliner udang selingkuh khas Sorong ini disajikan dengan berbagai macam cara dan metode. Mulai dari sekedar direbus, digoreng, ataupun dibakar. Itu mah disesuaikan dengan selera aja lah yaa hehe. Nah untuk sempurnakan kelezatannya, jangan lupa lengkapi dengan sambal dan nasi hangat supaya makannya makin muantaaaap.

5. Keripik Keladi

Keripik Keladi
Keripik Keladi (Sumber: Cookpad.com)

Papua khusunya Sorong terkenal dengan kuliner keripik keladi nya yang muantaap jiwa. Keripik yang stu ini terbuat dari keladi atau talas yang kemudian dipotong tipis-tipis berbentuk bulat atau bisa juga dipotong kecil panjang-panjang. Di Sorong sendiri, keripik keladi yang dianggap paling enak dan paling terkenal adalah merk Sayo.

Seiring perkembangan tren, para perajin keripik ini mulai menawarkan beragam varian rasa. Selain original, kamu bisa mencicipi keripik ini dalam rasa pedas, jagung, dan masih banyak lagi. Kalo kebetulan mengunjungi Sorong, keripik satu ini sangat layak dijadikan oleh-oleh karena bis atahan dalam waktu yang cukup lama.

Itu dia beberapa kuliner khas Sorong yang layak untuk dicoba. Selain namanya yang unik, beberapa hidangan juga punya rasa lezat yang siap memanjakan lidah. Gimana-gimana, ada yang berencana mencoba dalam waktu dekat?

 

Sumber:

phinemo.com/6-kuliner-sorong-wajib-dicicipi/

tokopedia.com/blog/travel-makanan-khas-sorong-terbaik/

travelingyuk.com/museum-di-universitas-di-indonesia/243372

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Tempat Nongkrong Hits di Bau-bau

Mon Jan 27 , 2020
Bau Bau merupakan salah satu kota yang berada di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Di kota ini, kamu bakal banyak menemukan lokasi wisata, terutama wisata alam. Nah setelah berwisata alam saatnya kita nyari tempat nongkrong hits dan asyik yang ada di Bau-bau. Kenapa? Sebab serasa ada yang kurang aja gitu kan kalo kamu berkunjung ke […]
Bukit Wantiro