Ini Dia 5 Kuliner Khas Belitung

Setiap pergi ke suatu tempat, mencari makanan khas adalah satu kewajiban. Yaap betul, engga lengkap rasanya jika kita belum mencicipi kuliner khas daerah yang kita kunjungi. Begitu juga saat kamu hendak berkunjung ke Belitung, ada beberapa kuliner khas yang wajib kamu coba saat akan berkunjung ke pulau yang kaya akan objek wisata pantainya itu.

Nah biar gak penasaran, yukkk langsung disimak aja!

1. Suto Belitung

Suto Belitung
Suto Belitung (Sumber: Putratravel.com)

Sepintas kuliner yang satu ini mirip dengan ketupat sayur, hanya saja rasa dari kedua kuliner ini tentu jauh berbeda. Suto Belitung terdiri dari irisan lontong, irisan daging yang empuk, bihun, dan juga kerupuk melinjo. Kuahnya yang kental membuat hidangan ini semakin maknyus. Kuah ini terbuat dari rebusan kari iga sapi yang dicampur dengan santan kelapa serta irisan daging.

Kuahnya yang berwarna kuning serta rasanya yang beragam, menjadikan suto belitung ini sayang jika kamu lewatkan begitu saja. Untuk dapat menikmati kudapan yang satu ini, engga bakalan sulit nyari ko. Kamu dapat mencobanya di beberapa warung suto yang ada di kawasan Belitung.

2. Mie Belitung Atep

Mie Belitung Atep
Mie Belitung Atep (Sumber: Indonesiakaya.com)

Bisa dikatakan nih, kuliner yang satu ini sudah menjadi ikon tersendiri bagi Belitung. Sebenarnya bahan mie yang digunakan sama seperti kebanyakan mie lainnya, namun yang membedakannya yaitu kuah yang digunakannya. Mie Belitung ini menggunakan kuah kaldu yang terbuat dari olahan udang, dan campuran bumbu lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, merica, jahe, dan beberapa jenis bumbu lainnya.

Rasa dari mie yang satu ini nendang semena-mena lho. Ditambah juga kuahnya yang segar, sedikit asam dan sangat manis. Dalam 1 porsi mie Belitung, kamu akan memperoleh mie kuning, kentang rebus, udang, taburan emping dan timun. Cocoknya sih, makanan ini paling enak dikonsumi ketika sedang panas.

3. Nasi Gemok

Nasi Gemok
Nasi Gemok

Ibarat nasi uduk di Jakarta atau nasi kucing di Jogja, begitulah arti nasi gemok bagi penduduk Kota Belitung. Bedanya nih, nasi gemok ini menggunakan ikan Bebulus sebagai salahsatu lauknya. Ikan bulus kecil ini digoreng renyah dengan kuah santan gurih bercampur belimbing.

Selanjutnya, nasi gemuk disiram dengan kuah ikan yang rasanya gurih-gurih asam gitu lho. Biasanya, kudapan yang satu ini dimakan saat sarapan pagi. Oiya harga perporsinya dipatok sekitar Rp 13.000.

4. Sup Gangan Ikan

Sup Gangan Ikan
Sup Gangan Ikan (Sumber: Cookpad.com)

Hampir semua makanan di Belitung berkuah santan, apalagi makanan paling populer sealam raya seperti Gangan Ikan ini. Gangan Ikan ibiasanya disajikan dengan kuah santan bercampur irisan nanas dan bumbu rempah. Ikan yang digunakan buat Gangan biasanya menggunakan Ikan Ketarap, Tenggiri atau ikan lainnya. Sementara bahan utamanya terbuat dari kunyit, lengkuas, terasi, dan rempah-rempah lainnya.

Hidangan yang satu ini bisa disajaikan dalam rasa pedas ataupun engga. Tergantung selera aja. Dan untuk penyajiannya, Gangan biasa disuguhkan rapi di buah kelapa muda. Meski begitu, ada juga variasi Gangan Darat yang mengganti ikan sama sapi atau hewan di darat lainnya. Harga perporsinya Rp 38.000 untuk dua orang.

5. Tahu Bungkus Simpor

Tahu Bungkus Simpor
Tahu Bungkus Simpor (Sumber: Travel.tribunnews.com)

Di Jawa, makanan yang satu ini disebut Brengkesan Tahu atau Pepes Tahu. Kuliner ini merupakan olahan tahu yang dicampur dengan bumbu lalu dikukus. Bumbu yang digunakan berupa rempah sedangkan pembungkusnya berupa daun simpor.

Daun simpor sendiri merupakan tanaman endemik Belitung yang dominan digunakan sebagai pembungkus makanan. Khasiat lainnya dari daun simpor ini yaitu bisa menyembuhkan luka. Kuliner yang satu ini cocok untuk ngemil ataupun dipake laut untuk teman makan kamu. Harganya juga terjangkau, cukup Rp 5.000 saja.

 

Referensi:

Gotravelly.com/blog/makanan-khas-belitung/

Len-diary.com/makanan-belitung/

Atiqohhasan.com/2015/09/10-makanan-khas-belitung-yang-wajib.html

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Tempat Nongkrong Hits di Sukabumi

Sun Nov 10 , 2019
Kota Sukabumi merupakan sebuah kota kecil di provinsi Jawa Barat yang mempunyai udara sejuk dan nyaman. Kota yang satu ini selalu menghadirkan nuansa yang eksotis, baik itu di pagi hari, sore hore hingga malam hari. Nah bagi kamu yang ada niatan berwisata ke Sukabumi, butuh tempat tongkrongan yang asyik hits […]
Buttler Bar & Bistro