Jika Kamu Punya Temen Yang Kaya Gini, Jaga Baik-Baik! Jangan Sampe Lepas.

Setiap orang di dunia ini pasti memiliki teman atau sahabat, betul?. Ada yang temen sekolah, temen kampus, temen kantor, temen main bola, dan temen-temen lainnya. Bahkan se-apatis-apatisnya seseorang nih, setidaknya ia pasti memiliki satu temen yang membuatnya merasa nyaman.

Namun pada kenyataannya teman itu berbeda-beda. Ada yang memang benar-benar tulus mau temanan dengan kita. Tapi tak sedikit juga yang justru malah memanfaatkan kita. Pokonya mah ada berbagaimacam jenis teman di dunia ini. Dan mungkin kamu pun punya semuanya.

Tapi dari berbagaimacam jenis teman yang kamu punya. Ada loh beberapa teman yang harus kamu jaga baik-baik. Maksudnya itu kalo bisa kamu temenan sama dia itu sampai kakek nenek. Sebab teman yang seperti ini itu memang langka keberadaannya. Dan mencarinya pun tidak mudah. Emang teman seperti apa sih yang di maksud? Nah setidaknya ada lima kriteria yang mana pabila kamu punya temen seperti ini wajib kamu jaga baik-baik. Apa aja itu?

1. Membantumu Dalam Ketaatan

“Jika engkau memiliki sahabat yang senantiasa membantumu dalam rangka ketaatan kepada Allah. Genggamkanlah kedua tanganmu erat-erat kepadanya, jangan pernah engkau lepaskan. Karena mendapatkan sahabat yang baik itu slit, sedangkan meninggalkannya sangat mudah sekali”

 

– Imam Syafi’i

Ini adalah kriteria yang paling dasar banget. Sebaik apapun teman yang kamu punya, jika seandainya engga membuatmu menjadi pribadi yang lebih taat. Berarti temen tersebut engga wajib wajib banget untuk kamu pertahanin. Kenapa? Soalnya teman itu menarik. Seandainya kamu gak ditarik pada kebaikan, sudah barang tentu akan diterik pada hal-hal yang kurang bermanfaat.

Perhatikan Teman Dekatmu (Sumber: Laznuha)

Makanya penting sekali untuk memperhatikan siapa teman dekat kita. Apakah sudah membuat kita menjadi manusia yang lebih taat atau engga? Jiak sudah, Alhamdulillah. Itu adalah sebuah prestasi dan kewajiban kamu sekarang adalah untuk menjaganya. Namun jika belum menemukannya, segera cari dari sekarang. Mumpung masih muda, mumpung masih ada kesempatan.

2. Melihat Wajahnya Saja Sudah Menyejukkan

“Temanilah orang yang apabila engkau melihatnya, mampu membuatmu mengingat Allah. Perkataannya menambah ilmumu. Dan dengan melihat amalannya, engkaupun tergugah untuk mempersiapkan akhiratmu.”

Disamping mampu mebawa kita kepada ketaatan. Salahsatu ciri teman yang wajib kamu jaga baik-baik adalah teman yang setiap kali menatap wajahnya mampu membuatmu merasa sejuk. Dan juga mampu membuatmu untuk lebih mengingat Allah. Bukan berarti karena wajahnya ancur berantakan sehingga kamu langsung ngucapin ‘astaghfirullah’ yaa wkwk. Itu beda lagi.

Salahsatu Ciri Teman yang Baik Adalah Wajahnya Menyejukkan Pandangan (Sumber: Unsplash.com)

Tapi maksudnya itu sinar wajah dari temen kamu yang satu ini engga menampakkan senyum kepalsuan dan juga kemunafikan. Boleh aja mungkin tampangnya biasa-biasa. Boleh jadi juga tampangnya tak setampan artis sinetron. Tapi wajah teduhnya itu loh. Dia mampu membuat siapa saja yang memandangnya membuat terkesima dan tentunya membuat ingat kepada Allah.

Tentunya, mimik wajah juga dapat mencerminkan kepribadian seseorang. Apakah ia ramah, baik hati, jujur, sabar, dan sifat-sifat lainnya. Nah sekarang coba deh itung-itung, dari sekian banyak teman yang kamu punya. Berapa orang kira-kira yang saat melihat wajahnya saja sudah membuat kita merasa nyaman. Membuat kita ingat kebesaran Tuhan. Bukan malah memperkeruh masalah hehe.

3. Jika Kita Melakukan Kesalahan, Dia Engga Sungkan Untuk Menegur

Kemudian kriteria teman yang wajib kamu jaga baik-baik selanjutnya adalah teman yang dia mampu mengingatkan kita ketika salah atau khilaf. Ini penting banget brader! Kebanyakan teman saat ini justru saat kita terjerumus kepada dosa, kesalahan, ataupun kemaksiatan itu malah membiarkannya. Malah ada juga yang malah menjerumuskan.

Padahal teman sejati itu tentunya akan menginginkan temannya menjadi pribadi yang lebih baik. Bukan malah membiarkannya untuk terjerumus dalam kesalahan. Ia akan mengingatkan dengan halus jika dirasa ada sesuatu menyimpang yang dilakukan oleh temannya itu. Dengan caranya sendiri tentunya.

Saling Mengingatkan Jika Melakukan Kesalahan Merupakan Ciri Teman Sejati (Sumber: Pexels.com)

Tapi tentunya dengan memperhatikan adab dalam mengingatkan. Misalnya ia tidak mengingatkan atau menegur di depan umum, tidak dengan cara mempermalukannya di depan banyak orang, dan cara-cara lainnya yang kurang etis.Tiap orang tentunya punya cara yang berbeda untuk dapat mengingatkan temannya itu.

Ada yang mungkin langsung didatangi ke kosannya kemudian di ajak ngobrol. Ada juga yang mungkin yang menggunakan sindiran dan becandaan. Atau bisa juga di tegur langsung di tempat saat keadaan udah sepi. Yang pasti, niat dan tujuannya sama-sama baik. Yaitu untuk saling mengingatkan. Tujuannya untuk apa? Supaya berkawannya engga hanya di dunia saja. Tapi juga bisa sampai di akhirat nanti!

4. Tidak Hanya Membuat Kita Nyaman, Tapi Juga Membuat Kita Berkembang

“Jangan berteman hanya dengan orang yang membuat kamu nyaman. Bertemanlah dengan orang yang membuat kamu harus berkembang”.

 

– Thomas J. Watson

Teman yang membuat kita nyaman memang mengasyikan. Tapi itu hanya akan mebuatmu terus-terusan berada di dalam zona nyaman bro! Dan ini justru yang membuat kita berada pada masa depan yang kurang cerah. Coba deh cek lagi. Dari sekian banyak teman yang kamu punya, lebih banyak yang membuat kamu nyaman atau yang membuat kamu berkembang?

Jangan Hanya Nyari Teman yang Membuat Kita Nyaman (Sumber: Pexels.com)

Teman yang membuat kamu berkembang akan selalu mendukung apapun yang kamu lakukan. Selama itu baik dan positif. Ia engga bakal membatasi kamu dalam berkarya, walaupun mungkin karya yang kamu buat engga ada hubungan sama sekali dengan background kamu. Ia justru akan memberi dukungan positif dan mengapresiasinya. Teman-teman seperti inilah yang justru kita butuhkan.

Ia juga akan menjadi pendengar yang baik saat kamu bercerita. Memberikan pendapat saat diminta. Menyemangati kamu saat kamu berada dititik nadir. Diskusi hal-hal besar untuk kehidupan yang akan datang. Dan hal-hal lainnya yang tak kalah penting. Intinya, teman kamu itu menginginkan kamu berkembang. Menginginkan kamu untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Sudahkah kamu punya teman seperti itu?

 5. Engga Pernah Itung-itungan

Nah yang terakhir adalah temenmu itu gak pernah itung-itungan. Maksudnya bukan hanya masalah harta aja ya. Karena kan kelas mahasiswa kaya kita-kita mah untuk hal yang satu ini sama-sama masih terbatas. Tapi maksudnya itu ia gak hitung-hitungan saat kamu meminta bantuan atau pertolongannya.

Misalnya nih kamu minta ketemu dia karena ada yang pengen diceritain atau didiskusiin. Nah temen kamu yang satu ini gak bakal itung-itungan untuk bisa datang. Selama ia memang kosong dan gak ada agenda penting yang sedang ia lakukan, temen kamu itu pasti datang. Walaupun mungkin rumahnya jauh, butuh ongkos yang tidak sedikit, harus ngorbanin banyak waktunya, dan lain sebagainya.

Temen Itu Harusnya Gak Itung-itungan (Sumber: Pexels.com)

Intinya, temenmu yang satu ini selalu siap siaga saat kamu butuhkan. Baik saat suka ataupun saat duka. Sebisa mungkin ia akan meluangkan waktunya untukmu. Walaupun mungkin ia bukan orang gabut. Alias pekerjannya banyak banget. Tapi karena yang ememitanya kamu, teman baiknya. Maka ia sebisa mungkin akan meluangkan waktunya untuk kamu.

Nah gimana? Dari kelima kriteria tersebut sudah adakah satu atau dua temanmu yang seperti itu? Susah memang untuk mencari teman seperti itu. Tapi kan susah itu bukan berarti mustahil untuk dicari. Masih bisa kok. Saya yakin engga sedikit teman yang punya kriteria lima diatas. Nyarinya dimana? Tentunya dilingkungan-lingkungan yang positif.

Doa saya hari ini, semoga kita semua selalu dikelilingi oleh sahabat-sahabat yang baik. Sebab Umar bin Khattab pernah berkata, “Nikmat paling berharga setelah nikmat iman dan islam adalah mempunyai sahabat yang sholeh. Maka apabila salah seorang dari kalian telah mendapatkan cinta dari sahabat sholehnya, hendaklah ia menggenggam tangannya dengan kuat”. (ID)

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Saat Mantan Kembali, Apa Yang Harus Dilakukan?

Wed Aug 14 , 2019
Move on adalah hal yang sulit dilakukan pasca putus dari orang yang pernah kita sayangi. Waktu yang diperlukan setiap orang untuk move on pun beda-beda. Ada yang hanya dalam hitungan bulan, namun ada juga yang hingga menahun tapi perasaan tak kunjung hilang. Tapi apa jadinya bila kita sudah berjuang sekuat […]