5 Kuliner Khas Mamuju Ini Wajib Kamu Coba!

Sulawesi Barat merupakan sebuah Provinsi hasil pemekaran di Pulau Sulawesi yang beribukota di Mamuju. Daerah ini sangat terkenal sebagai penghasil kakao dan juga biji kopi robusta serta rabika. Namun, selain itu kuliner tradisional Khas Sulawesi Barat juga merupakan hal yang engga boleh kamu lewatkan kalo singgah ke Mamuju.

Yuk simak pembahasan kuliner khas Mamuju, mari siimak spoilernya dalam 5 kuliner khas mamuju yang kami rekomendasikan berikut ini.

1. Sambusa

Sambusa
Sambusa (Sumber: Tokopedia.com)

Sambusa merupakan makanan tradisional khas Mamuju yang harus kamu cicipi pertama kali saat mendarat di Sulawesi Barat. Memiliki bentuk segitiga, kuliner yang satu ini mirip dengan gorengan, bedanya terletak pada isiannya yang berupa olahan daging ikan yang lezat dan enak. Renyahnya sambusa ini pokonya bakal membuat kamu ketagihan.

Perlu diketahui, sambusa ini merupakan makanan yang sangat populer. Kuliner ini sangat populer jadi gak afdol dong kalo kamu ke Mamuju tapi engga menyantap camilan yang satu ini.

Baca juga: Tempat Makan di Kendari

2. Bau Piapi

Bau Piapai
Bau Piapai (Sumber: reservasiku.com)

Kamu suka kuliner yang berkuah? Terutama yang berbahan dasar seafood? Bau piapi bisa jadi pilihan kuliner yang kamu coba saat berkunjung ke Kota Mamuju. Dibuat dari daging ikan segar dengan kuah kuning kaya rempah, kesegaran kuliner khas Mamuju ini akan buat sempurna pengalaman wisata kulinermu di Mamuju.

Kuliner yang satu ini merupakan makanan khas suku Mandar, Sulawesi Barat. Bahan utama pembuatnya yaitu ikan tuna, tongkol atau cakalang.  Cita rasa dari bau piapi ini adalah asam dan gurih. Suapaya makain nikmat, biasnya hidangan yang satu ini disajiakan dengan sepiring nasi hangat dan juga jepa (terbuat dari singkong).

3. Kue Kui-kui

Kue Kui Kui
Kue Kui Kui (Sumber: Idntimes.com)

Sekilas sih bentuk kue ini mirip sekali dengan kue Pancong di Jakarta. Atau mungkin kamu juga mengira kalo makanan khas Sulawesi Barat ini adalah kue pukis. Namun, sebenarnya Kui-Kui merupakan kue berbeda yang memiliki bentuk yang lebih panjang daripada pancong ataupun pukis.

Biasanya nih, kue kui kui ini disajikan dalam acara adat suku Mandar, tapi saat ini kue ini termasuk mudah ditemukan di Sulawesi. Bahan utama untuk membuat kue yang satu ini adalah tepung terigu yang dicampur dengan parutan kelapa muda. Proses membuatnya masih dipanggang di atas bara api. Rasanya? Eummmh tentunya lezat dan gurih.

Baca juga: Tempat Makan di Manado

4. Roti Pawa

Roti Pawa
Roti Pawa (Sumber: Idntimes.com)

Sekilas sih makanan tradisional khas Mamuju yang satu ini terlihat seperti bakpau. Walaupun sama-sama dimasak dengan cara dikukus, namun yang menjadi pembeda antara bakpau dan roti pawa yaitu bahan pembuatnya. Pada roti pawa, bhan pembuatnya terdiri dari tepung terigu yang juga dicampur dengan tepung beras.

Isian dari kue tradisional khas Sulawesi Barat ini juga terbilang unik, yaitu olahan kacang halus yang dicampur gula merah dan gula pasir, namun itu pada awalnya saja. Sekarang, sudah banyak sekali varian isi dari Roti Pawa ini, mulai cokelat, kacang hijau, hingga kelapa. Sensasi empuk dengan beragam isiannya yang menarik tentu saja sangat menarik untuk kamu coba.

5. Jepa

Jepa
Jepa (Sumber: idntimes.com)

Jepa merupakan makanan khas mamuju yang biasa disantap oleh masyarakat sekitar bersama bau piapi. Tapi engga sedikit juga yang menyantap kuliner ini hanya dengan menambahkan gula aren pada bagian tengahnya. Rasanya yang khas membuat kuliner ini menjadi salah satu hidangan yang paling banyak disukai.

Berbentuk bulat pipih, makanan tradisional khas Mandar ini terbuat dari Sagu ataupun Singkong yang bagian tengahnya diperkaya rasa manis dari gula aren. Cara masaknya yaitu dengan dipanggang memakai wajan khusus yang terbuat dari tanah liat. Dibakarnya juga masih konvensional karena biasanya masih memakai kayu bakar.

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Apa Sih Infused Water Itu?

Sun Jul 19 , 2020
Infused water sekarang sudah menjadi lifestyle dikalangan orang-orang yang peduli kesehatan. Hal  ini karena infused water dipercaya memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Misalnya, infused water dipercaya bisa melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan. Lalu, apa sebenarnya infused water itu? Infused water sebenarnya hanya air putih yang diberi potongan buah-buahan lalu […]
infused water