Makna Tersembunyi Dibalik Lagu BTS – Boy with Luv

BTS, boyband asal Korea Selatan yang bernaung dibawah agensi Big Hit Entertaiment telah merilis album terbarunya yang bertajuk Map of the Soul: Persona dengan title track “Boy With Luv”.

Jika sebelumnya dalam album Love Your Self BTS berkolabirasi dengan rapper asal Amerika Serikat, Nicki Minaj, dalam lagu yang berjudul Idol. Kali ini dalam lagu Boy with Luv BTS kolabirasinya bersama Halsey, seorang penyanyi asal Amerika.

Sumber gambar : Billboard.com

Bukan BTS namanya jika lagunya tidaklah booming, karena walau baru tiga bulan terhitung sejak 12 April 2019 dari tanggal rilis sudah berhasil merajai berbagai chart musik dan mendapatkan beberapa penghargaan.

Dilansir dari soompi.com, lagu Boy with Luv mendapatkan sertifikat gold di Australia. Sertifikat gold ini terakreditasi Australian Industry Association (ARIA). Penghargaan itu diberikan kepada BTS karena penjualan lagu mereka mencapai lebih dari 3.500 unit, mencakup penjualan fisik dan digital serta aliran kualifikasi

Bahkan jika dilihat dari viewer akun resmi youtube milik BigHit, video klip Boy with Luv hingga kini sudah mencapai 460.000.000 viewers. Army sungguh luar biasaa (Army merupakan sebutan untuk para fans BTS)

Lagu Boy With Luv sendiri merupakan lagu ciptaan musisi asal Amerika yaitu Melani Fontana Schulz. Selain meraih banyak pengahargaan, ada yang lebih menarik lagi dari lagu Boy with Luv ini.

Menurut salah satu youtober asal Korea Selatan yang telah lama menetap di Indonesia yaitu Han Yoora, Lagu Boy with Luv dipersembahkan khusus untuk Army dan memiliki makna yang tidak biasa.

Berikut makna tersembunyi dibalik lagu Boy with Luv :

1. Pesan Cinta BTS untuk para Army.

Tidak bisa dipungkiri bahwa semakin bersinarnya seorang bintang adalah berkat cinta dan dukungan dari para fans, tak terkecuali untuk BTS. Dengan kekompakan Army diseluruh penjuru dunia mampu mengantarkan BTS yang dulunya tidak dikenal oleh siapapun hingga kini namanya telah mendunia.

Sumber Foto : Youtube Han Yoora

Tau kah kalian lagu Boy with Luv jika diartikan dari judul bahasa koreanya berarti puisi-puisi kecil, yang dimaksud dengan puisi-puisi kecil disini adalah hal-hal kecil yang dimiliki antara BTS dan Army seperti penggalangan lirik berikut ini

Aku ingin tahu semuanya tentang kamu dari hal kecil hingga hal yang besar karena itu yang akan menjadi kebahagianku

Waaahhh panteesss yaa Army sering dibuat baper dan histeris sama BTS ternyataa memang manis bangeet. Dari pesan sederhana itu menunjukan bahwa bts tidak pernah melupakan Army.

BTS sangat sadar bahwa posisi yang mereka dapatkan saat ini berkat dukungan dan cinta dari para fansnya, jadi  tak berlebihan memang jika lagu ini ditunjukan kepada para Army sebagai tanda terima kasih mereka.

2. Menggambarkan perjalanan BTS

BTS memang cukup unik, karena jika banyak boyband terkenal yang bernaung dibawah agensi yang besar dan ternama tapi tidak dengan BTS.

Mereka benar-benar memulai dari nol, sebab agensi tempat mereka bernaung bukanlah agensi yang mempunyai nama besar tapi berkat usaha dan kerja keras mereka, tidak hanya nama BTS yang mendunia tapi juga membuat BigHit mampu bersejajar dengan agensi yang jauh lebih besar.

Jika kalian melihat dengan detail dalam video klip saat Hasley menutup sebuah bioskop tepat pada pukul 23.000 lalu setelah itu didepan bioskop itulah BTS mulai bernyanyi.

Hal itu seperti menggambarkan kondisi mereka pada jaman dulu sebelum seperti sekarang yang belum mendapatakan banyak perhatian dari publik, mereka dulu tidak langsung bernyanyi dipanggung yang besar dan mewah seperti saat ini tapi mereka memulainya dari jalanan bahkan mereka bernyanyi dan menari didepan orang yang sama sekali tak mengenal mereka.

Lalu jika kalian perhatikan dengan seksama video klip Boy with Luv pada bagian saat BTS menari didepan bioskop yang bertulisakan persona maka kalian akan melihat ada poster film Singing in The Rain. Lohh apa hubungannya musik BTS dengan film Singing in The Rain?

Jadi film Singing in The Rain adalah film drama musikal tahun 1952, secara garis besar film tersebut menceritakan tentang seorang aktor tampan yang multitalenta tetapi ia bukanlah orang yang terlahir kaya dan ia pun memulai perjalanan karirnya dari perfome dijalanan. Pada akhirnya ia menjadi bintang film terkenal, selama perjalanan panjangnya itu sang aktor ditemani oleh sosok wanita cantik yang selalu mendukung dia . Jika dalam perjalanan BTS, sosok yang menemani dari nol adalah Army.

Jadi karena jalan cerita film Singing in The Rain memiliki kisah yang hampir mirip dengan BTS maka dalam beberapa cuplikan divideo klip BTS dibuat menyerupai seperti adegan dalam film. Contohnya seperti foto berikut ini :

Cuplikan video klip (bawah) dan adegan film atas – youtube.com

3. Curahan hati para member

Kebanyakan para musisi menciptakan lagu berdasarkan dengan pengelaman-pengalaman yang pernah dilalui atau dari hal-hal yang telah diamati dari sekitarnya . Sama halnya dengan lagu Boy with Luv ini, ada bagian dari lagu ini yang secara tidak langsung adalah curahatan hati para member BTS.

Jujur saja aku sempat sombong tanpa aku sadari. Langit yang sudah menjadi tinggi, ruangan yang menjadi luas. Kadang aku berdoa agar bisa melarikan diri. Tapi lukamu adalah lukaku. Aku sadar akan hal itu, aku berjannji pada sayapku. Dengan sayap Icorus yang kau berikan kepadaku. Aku akan pergi bukan ke langit tapi ke arahmu

Sebagai bintang yang terkenal dan mendunia mereka pasti memiliki banyak rasa takut dan kekhawatiran tersendiri dalam hati mereka seperti yang pernah diungakap oleh RM dalam salah satu konferensi pers global di Korea, RM mengatakan “sempat ada waktu dimana saya merasa takut dengan para penonton. Saya tidak bisa melihat orang-orang karena lampu yang begitu terang sedangkan para penonton bisa melihat ekspresi dan perilaku saya ditempat yang begitu terang.

Saat itu, tiba-tiba terpikirkan tentang posisi kami yang sudah tinggi sehingga itu membuat merasa takut dan ingin kabur dari sini. Seperti yang tertulis dalam lirik lagu yang pernah saya tulis”. Dan lirik diatas pun tertulis bahwa “lukamu adalah lukaku”. Mungkin ini adalah salah satu pertanda bahwa sesungguhnya mereka pernah ada keinginan untuk bubar namun mereka menyadari kalau diluar sana begitu banyak orang yang sedih jika hal itu terjadi.

Maka mereka memutuskan untuk tetap bertahan sesuai dengan lirik dalam lagu mereka, dan mereka berjanji akan menggunakan sayap Icorus yang telah Army berikan yaitu berupa sebuah kepercayaan dan dukungan Army untuk BTS, bukan terbang ke langit melainkan kearah Army (huaaah sweet banget sii)

Sumber gambar : Wattpad.com

Selama ini kita sebagai penoton dibalik layar kita tak pernah tahu hal apa saja yang benar-benar terjadi dalam kehidupan seoranng bintang. Karena kita hanya bisa melihat sisi yang penuh warna tanpa tau sisi gelap yang mungkin sedang mereka sembunyikan.

Dari sepenggal kisah BTS ini kita bisa belajar bahwa tidak ada hal yang mustahil selama kita terus berusaha sepenuh hati, karena sejatinya tidak ada hasil yang akan berkhianat dari proses.

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Makanan Nusantara yang terbukti Mendunia

Sun Jul 21 , 2019
”Ada banyak makanan khas Indonesia yang sebernarnya sudah mendunia dan mungkin lebih dari 50 makanan khas nusantara yang telah dikenal di dunia namun yang sudah sangat populer dan sudahm menjadi makanan favorit masyarakat di luar negeri dan sudah sangat dikenal oleh lapisan masyarakat dunia adalah nasi goreng,tempe,soto ayam,bakso dan rendang” […]