Manfaat Budaya Membaca Buku Sejak Dini

Manfaat Budaya Membaca Buku Sejak Dini
Sumber; Francine Sreca dari Pixabay

Membiasakan anak untuk membaca buku sejak dini adalah langkah yang harus dilakukan oleh setiap orang tua. Apalagi saat masih kecil, anak akan mudah sekali menyerap informasi yang dia dapat. Sehingga, ini harus dimanfaatkan oleh orang tua untuk meningkatkan kecerdasan anak dengan cara membaca buku.

Menyadari akan pentingnya mengenalkan buku dan kegiatan membaca buku sejak dini, Tanoto Foundation mengadakan kampanye Indonesia Cinta Membaca dengan dan kompetisi Momen Baca Bersama. Disamping itu, kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan banyaknya manfaat membaca buku sejak dini bagi anak kepada paa orang tua. Lalu, sebenarnya apa saja manfaat tersebut? Simak yuk penjelasannya di bawah ini.

Melatih Anak untuk Terbiasa Membaca

Dengan mengenalkan anak-anak pada buku sejak dini tentu akan lebih mudah mengarahkan mereka kepada aktivitas membaca di masa depan. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengenalkan buku-buku yang berdesain lucu. Sehingga, sedikit demi sedikit mereka akan mulai tertarik untuk membaca.

Ketika mereka sudah tertarik membaca dan mulai mengerti akan menyenangkannya aktivitas membaca, maka aktivitas membaca lama kelamaan akan jadi kebiasaan yang akan dilakukan oleh anak di masa mendatang.

Meningkatkan Ikatan antara Orang Tua dan Anak

Bagi anak-anak dengan usia balita, pastinya mereka akan kesusahan untuk membaca sendiri. Oleh karenanya, disinilah peran orang tua untuk membantu mereka misalnya dengan mendongengkan cerita. Disamping itu, anak pastinya juga akan merasa senang karena merasa lebih dekat dengan orang tua mereka.

Sesuai dengan manfaat ini, kampanye Indonesia Cinta Membaca yang melibatkan kompetisi Momen Baca Bersama antara orang tua dan anak menjadi langkah baik untuk meningkatkan ikatan antara orang tua dan anak. Di kompetisi ini, orang tua dan anak bisa membagikan momen baca bersama mereka lewat Instagram entah itu berupa video atau foto.

Menumbuhkan Empati Pada Anak

Menumbuhkan rasa empati sejak kecil untuk anak merupakan hal yang penting. Empati ini akan membantu mereka memahami perasaan orang lain dan mulai mengerti adanya berbagai macam perasaan.

Nah, dengan cara orang tua membacakan satu cerita atau dongeng kepada anaknya, si anak akan mulai memahami adanya berbagai macam perasaan. Misalnya, sedih, senang, bahagia, kecewa, dan lain sebagainya.

Hal ini secara tidak langsung akan menumbuhkan empati kepada anak dan mulai belajar mengenal dan memahami perasaan orang lain. Oleh karenanya, manfaat buku pun tak hanya berhubungan dengan kecerdasan otak saja, namun juga berhubungan dengan kecerdasan emosional anak.

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Anak

Ketika anak terbiasa terstimulai oleh kegiatan membaca, otak mereka pun akan bekerja lebih aktif. Kemampuan bahasa serta kemampuan berkomunikasinya pun akan berkembang. Ditambah lagi, seiring seringnya anak dibacakan maupun dikenalkan dengan cerita, perbendaharaan kosa kata anak pun akan semakin banyak. Maka, komunikasi anak pun juga akan lebih lancar dengan semakin banyaknya kata yang mereka punya.

Membuat Anak Jadi Cepat Tanggap

Tidak diragukan lagi ketika anak sudah dibiasakan membaca sejak dini, banyak kemampuan dalam diri anak yang akan mulai berkembang. Salah satunya adalah kemampuan cepat tanggap mereka. Hal ini dikarenakan kegiatan membaca mampu merangsang perkembangan motorik kasar anak.

Dengan banyaknya manfaat yang didapatkan ketika mengajarkan budaya membaca sejak dini, maka orang tua diharapkan mampu untuk lebih aktif lagi untuk mengenalkan budaya membaca ini. Nah, dengan mengikuti Momen Baca Bersama yang menjadi bagian dari kampanye Indonesia Cinta Membaca, tentu ini bisa dijadikan motivasi oleh para orang tua untuk semakin giat dalam mengenalkan budaya membaca buku.

hidupkita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Powerbank

Mon Nov 30 , 2020
Saat ini memiliki ponsel rasanya belum lengkap jika belum memiliki powerbank. Dengan fitur dan aplikasi ponsel yang selalu mewah, baterai ponsel juga lebih boros. Hasilnya, kadang baterai ponsel tidak cukup untuk dipakai seharian saat bekerja atau beraktivitas di luar rumah. Tentu akan merepotkan jika Anda berada pada situasi darurat yang […]
power bank