Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Powerbank

Saat ini memiliki ponsel rasanya belum lengkap jika belum memiliki powerbank. Dengan fitur dan aplikasi ponsel yang selalu mewah, baterai ponsel juga lebih boros. Hasilnya, kadang baterai ponsel tidak cukup untuk dipakai seharian saat bekerja atau beraktivitas di luar rumah. Tentu akan merepotkan jika Anda berada pada situasi darurat yang diperlukan ponsel tetapi ponsel Anda mati karena baterai. Saat inilah Anda memerlukan powerbank, periksa lebih banyak rekomendasi powerbank di sini. Selain memiliki banyak manfaat, menggunakan powerbank juga ada kerugiannya. Inilah beberapa keuntungan dan kerugian menggunakan powerbank.

Keuntungan Menggunakan Powerbank

power bank
JAEWON LYOO dari Pixabay

Tidak perlu khawatir kehabisan baterai

Kadang kita perlu beraktivitas di luar ruangan sehingga tidak dapat mengisi daya baterai ponsel dengan charger. Misalnya saat bekerja di luar ruangan, atau saat berada di perjalanan jarak jauh yang memakan waktu seharian. Atau saat kondisi darurat yang tidak terduga misalnya saat terjadi pemadaman listrik atau bencana alam. Anda tidak perlu khawatir komunikasi dengan teman dan saudara akan terputus karena kehabisan baterai ponsel dengan menggunakan powerbank. Powerbank akan menjamin baterai ponsel Anda akan terisi kapanpun dan dimanapun.

Dapat dibawa bepergian

Powerbank juga praktis untuk dibawa bepergian. Dengan powerbank, Anda tidak perlu mencemaskan baterai ponsel akan habis saat bepergian. Saat naik kereta atau naik bus pada perjalanan jauh, kadang kita merasa perlu menghemat baterai ponsel. Dengan menggunakan powerbank saat bepergian, Anda tetap dapat bermain game di ponsel atau menonton video favorit Anda tanpa perlu khawatir baterai ponsel habis saat di jalan.

 Harganya terjangkau

Powerbank hadir dengan berbagai jenis merk dan harga. Desain yang dimiliki powerbank juga sangat beraneka ragam. Anda dapat dengan mudah memilih jenis powerbank yang sesuai dengan selera dan budget Anda. Powerbank dapat Anda miliki dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan berbagai manfaat yang dimilikinya, tentunya tak rugi untuk membeli sebuah powerbank.

Kerugian Menggunakan Powerbank

Mengisi baterai ponsel lebih lama

Mengisi daya baterai ponsel dengan powerbank akan memakan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan mengisi daya baterai ponsel dengan charger yang terhubung dengan listrik. Dapat Anda perhatikan misalnya 1 jam mengisi baterai ponsel dengan powerbank hasilnya akan lebih lemah atau lebih sedikit jika dibandingkan dengan menggunakan charger biasa dalam waktu yang sama.

Kadang kualitasnya diragukan

Seperti yang telah disebutkan, powerbank hadir dengan banyak sekali jenis dengan berbagai macam harga. Namun harga akan sebanding dengan kualitasnya. Anda harus pintar-pintar memilih. Powerbank dengan kualitas yang buruk dapat menjadi cepat rusak, atau dayanya habis dengan sendirinya meskipun tidak digunakan. Tentu hal ini akan membuat Anda lebih boros karena harus mengganti powerbank dengan yang baru lebih sering, dan lebih repot karena harus mengisi daya powerbank secara teratur meskipun jarang digunakan. Selain itu perhatikan juga voltasenya. Agar dapat mengisi daya baterai ponsel dengan baik, voltase powerbank harus lebih besar dari voltase ponsel. Jika voltase powerbank lebih kecil dari voltase ponsel, maka bukannya mengisi daya baterai ponsel, yang terjadi justru sebaliknya, baterai ponsel Anda yang akan tersedot oleh powerbank sehingga baterai ponsel semakin cepat habis.

Tidak praktis untuk dibawa

Kadang kita memerlukan powerbank untuk dibawa kemana-mana. Misalnya dibawa saat jalan-jalan. Namun, membawa powerbank dapat menjadi tidak praktis, terutama bagi Anda yang tidak suka repot saat bepergian. Powerbank umumnya hadir dengan ukuran yang cukup besar dan lebih tebal dari ponsel Anda. Kadang semakin tinggi kapasitasnya, powerbank akan semakin berat atau ukurannya semakin besar. Saat dibawa traveling, powerbank dapat membuat tas kita menjadi lebih berat dan memakan tempat. Powerbank juga tidak praktis untuk kita pegang dan bawa kemana-mana saat diperlukan.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian yang dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli powerbank terbaik. Apakah Anda perlu memiliki powerbank? Ya, powerbank akan menjamin ponsel Anda tetap terhubung dan tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai. Tetapi, Anda perlu memperhatikan juga apakah Anda tidak keberatan dengan semua kerugian yang dimiliki powerbank.

hidupkita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

4 Tips Mengurus Mutasi Motor Jupiter MX

Tue Dec 29 , 2020
Motor Jupiter MX tergolong salah satu motor bebek yang masih banyak digandrungi oleh masyarakat  Indonesia. Karena banyaknya yang menyukai motor satu ini, tidak jarang banyak orang yang berpindah dari satu daerah ke daerah lain ikut serta membawa kendaraan bermotor kesayangan ini. Saat berpindah domisili dengan membawa kendaraan bermotor, maka pemilik […]
yamaha