(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Berbagai Shortcut untuk Mengoptimalkan Penggunaan Word - Hidup Kita
 

Berbagai Shortcut untuk Mengoptimalkan Penggunaan Word

shortcut pada word

Bagi kamu pengguna microsoft word, pasti akrab dengan penggunaan tombol pintas atau yang lebih dikenal dengan shortcut. Tombol pintas ini dimaksudkan untuk mempermudah pengguna untuk melakukan aksi-aksi tertentu. Pengetahuanmu akan bertambah setelah kamu selesai membaca artikel ini. Berikut adalah berbagai shortcut yang perlu kamu ketahui untuk mengoptimalkan pekerjaan kamu dalam menggunakan word.

10 Keyboard Shortcut yang jarang diketahui namun berguna bagi pengguna word

  1. CTRL + P

Mencetak file yang tengah aktif dibuka. Fungsi ini biasa digunakan untuk mempercepat kamu yang terburu-buru ingin mencetak dokumen seperti tugas atau surat penting.

  1. CTRL + W

Menutup file yang tengah aktif dibuka.

  1. CTRL + SHIFT + A

Mengubah pemformatan semua huruf yang diblok menjadi huruf kapital. Hal ini sangat berguna ketimbang kamu harus mengetik ulang seluruh tulisan yang telah salah kamu tulis.

  1. CTRL + B

Mengubah pemformatan semua huruf yang diblok menjadi huruf tebal. Fungsi ini berfungsi untuk memperjelas atau mempertegas kata yang dicetak tebal.

  1. CTRL + I

Mengubah pemformatan semua huruf yang diblok menjadi huruf miring. Fungsi tulisan miring ini biasa digunakan untuk menandakan kata-kata serapan atau istilah yang diserap dari luar negeri.

  1. ALT + F + A

Menyimpan file yang tengah dikerjakan dengan format baru, atau menyimpan file di lokasi yang berbeda untuk membedakan hasil yang baru disimpan ini dengan hasil sebelumnya.

  1. ALT + N + T + I

Memasukkan tabel. Tentunya fungsi ini sangat mempermudah bagi kamu yang sering memasukkan tabel ke dalam lembar word untuk kepentingan pekerjaannya.

  1. ALT + H + A C

Meratatengahkan tulisan yang telah dilok dalam suatu paragraf. Untuk pemformatan lain seperti rata kiri, rata kanan dan justify, kamu bisa mengubah dua huruf terakhir menjadi A L untuk rata kiri, A R untuk rata kanan, dan A J untuk justify.

  1. ALT + W + R

Memperlihatkan atau menyembunyikan penggaris yang ada diatas dan disamping kiri.

  1. CTRL + F

Mencari sebuah kata yang ingin kamu ubah atau ketahui berapa banyak kata tersebut ada di file ini.

Alternatif penggunaan mouse shortcut pada word

Selain pada keyboard, mouse juga mempunyai beberapa cara singkat untuk mempermudah penggunaannya, lho! Berikut tombol pintas yang dimiliki mouse yang kamu tengah pergunakan.

  1. Click, hold & drag

Fungsi yang paling sering digunakan, untuk memblok tulisan yang ingin kamu blok dan menggeser kursor ke ujung kalimat atau kata yang kamu inginkan.

  1. Double-click

Jika melakukannya pada sebuah kata, memblok seluruh kata. Jika melakukannya di kiri, tengah atau kanan barisan kosong, maka akan membuat barisan baru ditempat kita mengklik kursor kita.

  1. Triple-click

Memblok seluruh paragraf dimana kursor kita berada.

  1. CTRL + mousewheel

Melakukan zoom in dan zoom out, tergantung kearah mana mousewheel diputarkan, kedepan atau kebelakang.

  1. Mousewheel click

Mempermudah untuk menaikturunkan jendela yang tengah aktif dilihat, tanta perlu melakukan scroll secara terus menerus.

Bagaimana? Banyak teknik-teknik baru yang kamu pelajari, bukan? Tidak sulit kok untuk menguasai berbagai shortcut yang tertera diatas. Fungsi word pun menjadi semakin optimal dan mempercepat proses pekerjaan kamu. Selamat mencoba!

Blasteran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

7 Tips Adobe Illustrator untuk Pemula

Sun Oct 9 , 2022
Adobe Illustrator adalah software yang berbasis pada pembuatan gambar secara vektor. Yang berarti, kamu bisa membuat gambar yang dapat diubah skalanya kemanapun tanpa mengurangi kualitasnya. Perangkat lunak ini biasanya digunakan untuk membuat desain logo, membuat desain vector yang rumit, serta membuat desain tipografi. Untuk kalian yang masih pemula, jangan takut! […]
Adobe Illustrator