(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Membuat Vektor Pada Adobe Illustrator - Hidup Kita
 

Membuat Vektor Pada Adobe Illustrator

Adobe Illustrator

Ilustrasi vektor terbuat dari garis dan titik, yang membentuk sebuah bentuk yang terdiri dari layer-layer untuk memproduksi sebuah karya seni. Vektor yang dibuat oleh Adobe Illustrator mempunyai hasil yang memuaskan. Pun mempelajarinya bukan hal yang sulit. Berikut tips membuat vektor pada Adobe Illustrator, dimulai dari tools-tools yang dibutuhkan dan tips yang kamu butuhkan dalam bekerja.

  1. Persiapan Awal

Awalnya, kamu membutuhkan sebuah artboard. Klik File > New, dan pilih ukuran kertas untuk gambar yang kamu ingin buat. Kamu juga bisa memilih kombinasi warna CMYK (untuk dicetak) atau RGB (untuk versi website).

  1. Menu tools

Kamu akan melihat berbagai tools di sisi kiri layar. Untuk memulainya, gunakan Pencil Tool (menggunakan tombol pintas ‘N’). Jika kamu punya tablet untuk menggambar dengan tanganmu langsung, kamu juga bisa menggunakannya.

  1. Bentuk pertama

Gambar sebuah bentuk pada artboard dengan pencil tool. Jika sudah selesai, kamu akan melihatnya diiringi dengan garis vektor, terbuat dari titik-titik vektor. Saat kamu menggambar bentuk yang kedua, bentuk pertama yang kamu gambar tidak akan terpilih lagi. Kamu dapat memilihnya lagi dengan mengklik black arrow selection tool (tombol pintas ‘V’)

  1. Palet warna

Untuk pilihan warna yang lebih banyak, buka palet warna. Pada bagian atas kanan di kotak menu Swatch, klik Open Swatch Library>Colour Books. Mulailah dari Pantone Process Coated karena lebih mudah dan pilihan warnanya yang lebih baik.

  1. Shape Tools

jika kamu lebih cocok memulai suatu gambar dari gambar tanganmu sendiri, Shape Tools sangat cocok untukmu. Gunakan tombol pintas ‘M’ untuk bentuk persegi dan ‘L’ untuk lingkaran. Akan lebih banya pilihan lagi dengan menekan ikon Shape Tool di toolbar yang tersedia. Untuk membuat sebuah bentuk, klik dan tahan kursor Shape Tool pada halaman kerjamu. Kamu akan melihat model yang sama seperti kamu menggambar dengan pencil tool. Pilih salah satu dan tentukan warna outline atau fill. Untuk membuat persegi atau lingkaran yang sempurna, tekan tombol ‘Shift’ saat kamu membentuk gambar yang kamu inginkan.

  1. Free Transform

Keuntungan vektor adalah, setiap bentuk yang kamu inginkan sangatlah mudah untuk dibentuk kembali tergantung situasi sekitarnya, warna pun bisa diubah kapan saja. Kamu juga bisa merubah bentuk atau merotasi bentuk menggunakan Free Transform Tool (tombol pintas ‘E’). Kamu dapat menggunakan alat ini untuk membentuk kembali sebuah gambar yang telah kamu buat. Untuk merubah ukuran bentuk tanpa berganti bentuk, tekan ‘Shift’ saat membesar-kecilkan gambar dengan kursor.

  1. Tipografi

Selain drawing dan shape tools, Adobe Illustrator juga memiliki fasilitas untuk menghasilkan gambar dengan tipografi. Awalnya, pilih type tool dari toolbar, klik dimana saja pada halaman kerja dan mulai mengetik. Kamu bisa memilih tipe huruf, ukuran huruf, model huruf, atau warna huruf apapun yang kamu suka. Saat vektor yang telah akmu buat selesai, lakukan export. Klik File>Export…, gunakan format JPEG.

Adobe Illustrator merupakan aplikasi yang sangat serbaguna. Jika kamu bisa menguasainya, bukan tidak mungkin ini adalah langkah pertamamu untuk menjadi desainer grafis handal! Menguasai cara membuat vektor adalah langkah pertama yang perlu kamu kuasai untuk mencapat level tersebut. selamat mencoba!

Blasteran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Microsoft Oultook untuk Pemula

Thu Oct 13 , 2022
Microsoft Outlook bukan hanya sekedar software untuk mengirim e-mail. Banyak fitur dari Microsoft Outlook yang bisa kamu manfaatkan, karena aplikasi ini membantu produktivitas dan software organisasi built-in seperti email, to-do list, dan kalendar. Fitur-fitur tersebut akan sia-sia jika tidak bisa kamu manfaatkan dengan baik. khususnya pemula, berikut hal yang perlu […]
Microsoft Oultook