5 Album Paling Laris Di Indonesia

Era digital memang mengubah bagaimana cara kita mendengarkan musik. Saat ini, salah satu penjualan lagu bisa dihitung dari seberapa banyak judul lagunya didengarkan secara online, atau bahkan video musiknya ditonton.

Namun, dahulu, penjualan album terbaik dan terlaris dihitung dari penjualan kepingan kaset, cd hingga DVD. Penghitungan yang sama pun terjadi di Indonesia. Beberapa musisi di era 90‘an menikmati betul hasil karya mereka dibeli secara fisik.

Penjualannya pun tak tanggung-tanggung, bahkan secara total, beberapa musisi Indonesia berhasil menjual album musik mereka puluhan juta kopi. Nah, berikuta adalah daftar 5 album yang paling laris sepanjang masa, dan semuanya dicatatkan berdasarkan hasil penjualan album fisik mereka.

Peterpan

Siapa yang tidak mengenal Peterpan yang kini telah berubah nama menjadi Noah? Band yang sangat fenomenal dan memiliki tempat tempat special dihati para penikmat musik tanah air.

Peterpan (Bintang di Surga) - Reverbnation.com
Peterpan (Bintang di Surga) – Reverbnation.com

Band yang memiliki Vocalist tampan dan berkharisma bernama Ariel ini memang selalu berhasil mencuri perhatian banyak orang. Jika berbicara tentang album-album miliknya, band satu ini tercatat sudah sering memecahkan rekor yang luar biasa. Misalnya pada album Bintang di Surga yang rilis tahun 2004 berhasil terjual hingga 3,2 juta kopi.

Hal ini masih ditambah dengan penjualan album untuk soundtrack film Alexandria yang didominasi dengan beberapa lagu lawas Peterpan pada angka 1.9 juta copy.

Terakhir, album terlaris dari band ini adalah Seperti Seharusnya yang berhasil mencapai angka penjualan 1.9 juta copy.

Sheila on 7

Sheila on 7 sejak awal kiprahnya di kancah musik Indonesia telah menorehkan banyak sekali prestasi. Diantaranya menjadi satu-satunya band Indonesia yang mampu menjual album fisik terbanyak lebih dari satu juta copy, dalam tiga tahun berturut-turut.

Sheila On 7 - Wikipedia.com
Sheila On 7 – Wikipedia.com

Sukses dengan album pertamanya, nama Sheila on 7 melambung di album kedua. Diberi judul Kisah Klasik Untuk Masa Depan dan rilis di tahun 2000, album ini berhasil terjual hingga 1.7 juta copy pada masanya.

Tidak hanya di Indonesia, Sheila on 7 juga memiliki pendengar-pendengar setia lagu mereka di negara tetangga lho. Seperti di Malaysia,Brunei dan Singapura.

BACA JUGA : Penyanyi Cover yang Terkenal

Dewa 19

Dewa 19 merupakan salah satu group band paling senior di Indonesia. Meskipun band ini pernah ditinggalkan oleh vocalistnya yaitu Ari Lasso dan mengeluarkan album saat itu yang berjudul Bintang Lima tetap laris manis. Terjual hingga 1,7 juta copy lho.

Dewa 19 - Fimelia.com
Dewa 19 – Fimelia.com

Sepeninggalan Ari Lasso masuklah Elfonda Mekel alias Once sebagai vokalis dan Tyo Nugros pada posisi drum. Hal itu mampu warna baru bagi Dewa 19. Buktinya, lagu-lagu hits seperti “Roman Picisan, “Risalah Hati”, “Sayap-sayap Patah” hingga “Separuh Nafas” jadi hits di mana-mana.

Padi

Group musik Padi tercatat pernah meramaikan industri musik tanah air di penghujung tahun 90-an hingga tahun 2010. Meski kini jarang terdengar kabarnya, namun group ini tidaklah bubar. Hanya memang ada konflik antarpersonel saja.

Padi Band
Padi Band- youtube.com

Pada masanya, Padi juga masuk sebagai jajaran band yang memiliki lagu-lagu terlaris dalam album yang mereka keluarkan.

Album kedua grup yang terdiri dari Piyu, Fadly, Ari, Rindra, dan Yoyo yang berjudul Sesuatu Yang Tetunda berhasil meraih angka penjualan 2 juta kopi

Jamrud

Jamrud - Youtube.com
Jamrud – Youtube.com

Band rock yang kerap menampilkan lirik-lirik nakal ini begitu fenomenal di era ’90-an dan awal tahun 2000. Jamrud yang terdiri dari Aziz, Tedy, Kriyanto, dan Agus pada tahun 2000 merilis album berjudul Ningrat.

Album yang tak biasa, karena liriknya yang nakal dan menggelitik serta musik rock yang dibawakannya terkesan easy listening menjadikan semua lagu-lagunya laris didengarkan anak-anak muda pada masa itu.

Hasilnya, album Ningrat berhasil terjual 2 juta kopi dan menjadi salah satu band rock paling sukses di Indonesia.

 

BACA JUGA : Artis Indonesia yang Brewokan tapi tetap ganteng

Sumber Referensi : https://id.bookmyshow.com

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Film Yang Cocok Ditonton Bersama Anak

Fri Sep 6 , 2019
Menonton film bersama keluarga bisa menjadi kegiatan yang menguatkan bonding antara orang tua dan anak, serta bisa menjadi salah satu kegiatan menghibur banyak orang. Tapi sebagai orang tua harus memperhatikan tontonan yang akan dilihat oleh sang buah hati. Karena tidak semua film cocok ditonton bersama anak, terlebih jika anaknya masih […]
Gundala - Liputan6.com