5 Kampus Terbaik di Kota Malang

Kota Malang memang dikenal sebagai kota pendidikan, sehingga kerap ramai didatangi oleh para pelajar dari berbagai penjuru daerah. Hal ini dikarenakan banyaknya kampus terbaik yang berdiri di kota ini.

Kalian bisa menemukan banyak kampus ternama di Kota Malang. Mungkin salah satu kampusnya adalah pilihan yang tepat untukmu. Berikut adalah 5 daftar kampus terbaik di kota Malang.

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya - Gambar : malang-guidance.com
Universitas Brawijaya – Gambar : malang-guidance.com

Universitas Brawijaya merupakan perguruan tinggi yang berdiri sejak tahun 1963 di Malang. Universitas ini menduduki peringkat ke enam dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik se Indonesia versi Webometricskan per Januari 2019.

Universitas Negeri yang terletak di Jalan Veteran ini sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) sejak tahun 2014.

Yang memberikan nama Universitas Brawijaya adalah Presiden Soekarno, dengan harapan mampu memiliki gemilang seperti Raden Wijaya (Brawijaya I) selaku pendiri kerajaan Majapahit sekaligus menjadi kampus kebanggaan bangsa Indonesia.

Menurut data pelaporan PDDIKTI tahun 2018/2019, jumlah mahasiswa UB mencapai 60.378. sedangkan jumlah program studinya sekitar 177 prodi.

Universitas Kanjuruhan Malang

Unikama adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Kota Malang dan merupakan proses pengembangan merger antara IKIP PGRI Malang dengan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) Kanjuruhan Malang yang bernaung dibawah bendera Yayasan Pembina Lembaga Perguruan Tinggi PGRI.

Universitas Kanjuruhan Malang - gambar : kemalangaja.com
Universitas Kanjuruhan Malang – gambar : kemalangaja.com

Kemudian, Yayasan ini berubah menjadi Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi PGRI (PPLP PT PGRI). Dengan demikian, berdirinya Unikama merupakan proses pengembangan perguruan tinggi PGRI dengan SK Mendiknas nomor 106/D/0/2001.

Universitas Kanjuruhan Malang telah terakreditasi institusi “B” oleh BAN-PT. Kurang lebih sekitar 2000-an mahasiswa baru diterima di Unikama dalam setiap tahunnya. Jumlah program studi yang dimiliki yakni 17 prodi.

Universitas Widya Gama

Universitas Widya Gama - Gambar :Widyagama.ac.id
Universitas Widya Gama – Gambar :Widyagama.ac.id

Universitas Widya Gama berdiri sejak tahun 1971 ini adalah salah satu kampus favorit dengan jurusan Manajemen Keuangan dan Manajemen Perusahaan yang dimilikinya.

Selain itu, Universitas Widya Gama juga masuk dalam 100 universitas terbaik yang ada di Indonesia. Nah buat kalian yang berencana mengambil jurusan Manajemen, kampus ini bisa menjadi salah satu kampus yang tepat untuk kalian.

Universitas Widyagama juga masuk kedalam jajaran 5 Universitas Unggulan di Jawa Timur, yang diberikan Kopertis Wilayah VII, pada tahun 2010.

Universitas Merdeka

Universitas Merdeka atau UNMER adalah salah satu universitas yang tidak boleh kalian lewatkan. Meskipun masuk dalam  jajaran Universitas swasta, namun untuk peringkat sebagai universitas terbaik terbaik yang ada  di Indonesia, Unmer menduduki peringkat ke 44 lho.

Kampus ini berada di kawasan Cyber Mall Dieng, sehingga sangat mudah untuk dijangkau dan sangat strategis. Selain itu, kalian juga memiliki banyak pilihan jurusan yang kalian inginkan.

Universitas Islam Malang

Unisma juga patut menjadi salah satu kampus yang harus kalian pertimbangkan jika ingin kuliah di Kota Malang. Pasalnya, Universitas yang satu ini berada di peringkat ke 57 sebagai universitas terbaik yang ada di Indonesia.

Universitas Islam Malang - Gambar : Malang-post.com
Universitas Islam Malang – Gambar : Malang-post.com

Universitas ini juga menjadi salah satu universitas yang paling banyak diminati oleh pelajar muslim yang ada di luar kota. Cukup berbeda dengan beberapa universitas lainnya yang ada di Malang, ternyata Universitas Islam Malang mengusung konsep bangunan ala Timur Tengah. Bangunan ini berdiri megah di tengah kota Malang.

Saat ini Unisma memiliki 10 fakultas dengan 20 Program Studi Sarjana (S1) , serta ada 9 Program Magister (S2), dan 1 Program Studi Doktor (S3) yang dikembangkan secara qualified, profesional, modern melalui pendekatan link and matchn sesuai kompetensi bidang ilmu untuk menghadapi era global.

Jadi Universitas mana yang akan kalian pilih guys?

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Versi Kemenristekdikti

Thu Aug 29 , 2019
Universitas Negeri memang kerap kali menjadi pilihan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Namun, jika kalian tidak tidak lulus seleksi untuk masuk ke PTN favorit, kalian tidak harus berkecil hati lho. Karena, di Indonesia ada banyak kampus swasta yang sistem pendidikannya tidak jauh berbeda dengan […]
Universitas Katolik Parahyangan - Gambar: Unpar.ac.id