5 Kisah Perjalanan Youtuber Indonesia dengan Konten yang Menginspirasi

Youtube sebagai bagian dari media baru yang menyediakan wadah bagi orang yang ingin berbagi video dengan durasi yang panjang . Layanan yang disediakan Youtube pun gratis dan bebas di akses untuk umum. Youtube sendiri pertama kali dibuat pada 14 Februari 2005 oleh tiga karyawan PayPal. Dan di era digital seperti sekarang sangat mustahil jika tidak mengetahui tentang Youtube.

Sumber gambar : Visual Hunt

Tidak sedikit pula orang yang mencoba keberuntungan dengan berkarya membuat konten berupa video melalui platform ini. Hal ini pun berbanding lurus dengan minat banyak orang yang menonton.

Dari begitu banyaknya Youtuber sukses yang ada di Indonesia namun tak semua Youtuber  mementingkan isi dari konten yang mereka buat, sebagai penikmat video-video di Youtube saya pribadi terkadang merasa ada beberapa Youtuber yang hanya mencari Viewers saja tapi masih ada juga kok Youtuber yang benar-benar concern membuat video yang berkualitas.

Nah berikut adalah kisah 5 Youtuber Indonesias  Indonesia yang mempunyai konten unik :

1. Gitasav

Gita Savitri Dewi adalah seorang konten kreator YouTube yang lahir di Palembang, 27 Juli 1992 selain menjadi Youtuber, ia juga seorang Blogger dan Social Media Influencer. Youtuber cantik yang sering dibilang mirip dengan Aktris Korea Selatan Kim Ji Won ini sudah terjun kedunia YouTube sejak tahun 2010, awalnya isi konten YouTube Gita hanya cover-cover lagu, karena memang ia memiliki hobi menyanyi dan pada tanggal 31 September 2010 Gita pindah dan menetap di Jerman untuk melanjutkan pendidikannya di  Freie Universität , Berlin jurusan kimia murni .

Sumber gambar : Instagram Gitasav

Saat itulah Gita memutuskan untuk lebih serius menjadi konten kreator Youtube, dengan mengunggah video-video lain selain cover lagu seperti video blog (Vlog). Gita mulai membagikan  banyak hal tentang kesehariannya di Jerman, perbincangan dengan teman-teman dari Indonesia maupun dari negara lain.

Seiring berjalannya waktu nama Gita semakin dikenal oleh banyak orang, sepertinya Gita sangat sadar betul akan hal tersebut karena  jika dilihat dari isi konten Youtubenya, sepertinya ia memiliki standar sendiri tentang konten yang akan dibuat. Bisa dikatakan Gita termasuk orang yang tidak pernah membuat video hanya sekedar untuk tranding ataupun membuat judul yang click bait.

salah satu konten yang ada pada Channel Youtube Gita adalah “PaGi-PaGi” dalam konten tersebut biasanya Gita dan Paul (suami Gita) membahas tentang sesuatu yang dilihat dari sudut pandang mereka. Oh iya Gita juga sempet menuliskan perjalanan hidupnya dibuku yang berjudul Rentang Kisah loh dan katanya sih bakal dibuat film juga.

2. Nihonggo Mantappu

Adalagi nih satu Youtuber Indonesia yang hits dan menetap diluar Negeri yaitu Jerome Polim dengan channel Youtube miliknya Nihonggo Manttapu. Jerome lahir di Surabaya pada tanggal 02 Mei 1998. Ia kini sedang menempuh pendidikannya di Waseda University mengambil jurusan Matematika.

Sumber gambar : Instagram Jerome Polim

Pria tampan berpipi chubby ini pertama kali mengunggah video di Youtube pada tanggal 23 Desember 2017. Niat awal Jerome membuat video diyoutube adalah untuk mengabadikan banyak hal yang telah ia lakukan di Jepang, tapi tak bisa dipungkiri ia juga berharap bahwa karyanya bisa dilihat, menghibur atau bahkan menginspirasi banyak orang. Oleh sebab itu pada awal mula dia membuat video dia selalu meminta kepada para pengikutnya di Instagram untuk menonton dan membagikan video yang telah dia buat.

Jerome juga bercita-cita suatu saat bisa menjadi Menteri Pendidikan di Indonesia, Dalam beberapa kesempatan Jerome menyampaikan sudut pandangnya tentang Pendidikan Di Indonesia. Walaupun video Jerome kebanyakan berisi tentang keseharian saat bersama teman-temannya, tetapi  ia juga membuat beberapa konten yang bisa membantu subcriebernya untuk belajar. Salah satu konten yang ia buat adalah tentang belajar bahasa Jepang & pembahasan soal matematika . Sepertinya hal ini dilakukan karena pada dasarnya Jerome memiliki prinsip bahwa setiap video yang dia buat harus mengandung nilai yang bisa ia berikan kepada para pengikutnya.

3. Deddy Corbuzier

Deodatus Andreas Deddy Cahyadi  Sunjoyo atau yang  lebih dikenal dengan Deddy Corbuzier adalah seorang Public Figure yang memulai karirnya sebagai seorang Mentalis. Namun pada tahun 2015 Deddy menyatakan mundur dari dunia sulap yang telah berhasil melambungkan namanya.

sumber youtube : Instagram Deddy Corbuzier

Deddy juga dikenal sebagai salah satu Pembawa Acara sebuah acara televisi, tak cukup sampai disitu saja, Deddy juga membuat karya melalui Youtube. Didunia perYoutube-an Deddy mendapat sebutan The Father of Youtube hal itu dikarenakan setiap video yang diunggah oleh Deddy selalu menjadi tranding, bahkan Deddy juga membuat buku panduan bagi orang yang ingin Youtuber yang berjudul Youtuber for Dummies.

Berbeda dengan Youtuber  lainnya yang banyak membuat video dengan durasi panjang, Deddy malah melakukan hal sebaliknya setiap video yang diunggah Deddy selalu singkat, durasi terpanjang yang pernah Deddy buat mungkin hanya sekitar 22 menit.

Tapi jangan pernah meremehkan video singkat tersebut karena, walaupun singkat tetapi isi dari video tersebut sangatlah patut diacungi jempol. Mungkin itulah yang membuat setiap video Deddy selalu menduduki barisan tranding.

4. Raditya Dika

Siapa yang tak kenal dengan sosok Raditya Dika, seorang Penulis dan Aktor yang terjun kedalam dunia komedi. Awal karirnya bermula dari Blogger. Ia membagikan cerita kesehariannya saat masih berkuliah di University Adelaide, Australia melalui tulisan diblog pribadinya .

Tulisannya yang lucu dan bahasanya yang mudah dipahami mampu menarik minat banyak remeja Indonesia, lalu Radit mulai membukukan tulisannya itu dalam bentuk novel yang berjudul “Kambing Jantan : Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh” (2005). Novel ini pun disambut hangat oleh para pecinta buku. Setelah sukses dengan buku pertama Radit terus merilis buku, hingga saat ini tercatat sudah delapan Novel yang ia tulis dan dua Komik.

sumber gambar : instagram Raditya Dika

Ternyata tak hanya kalangan pencinta buku yang tertarik dengan Novel Radit, tetapi para produser pun tertarik untuk memfilmkannya, bahkan Radit juga diminta untuk menjadi pemeran utama dan Penulis naskah .sungguh ini yang dinamakan sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui guys

Walau Raditya Dika mengaku bahwa dia adalah orang yang sangat  anti sosial dan tidak senang bertemu dengan banyak orang namun hal itu seperti berbanding terbalik dengan karirnya dalam dunia hiburan.

Setelah sukses menjadi Penulis dan Aktor, ia pun kembali mendapat banyak perhatian lagi melalui stand up komedi. Kemampuan Radit dalam dunia lawak tunggal ini cukup memukau, Gaya Radit yang khas dalam pembawaan materi komedi dan keahliannya berakting seolah menjadikan Radit seorang Comika (sebutan untuk pelaku stand up komedi) yang sempurna.

Radit juga memiliki akun Youtube, yang hingga saat ini pengikutnya telah mencapai  hingga 7,2 juta, Radit seolah tak pernah berhenti berkreasi  dan juga tak pernah setengah-setengah dalam membuat suatu karya. Terbukti sekarang dalam Channel Youtube nya telah memiliki berbagai macam konten menarik dan yang paling penting kontennya bukanlah konten yang kaleng-kaleng

BACA JUGAMakna Tersembunyi Dibalik Lagu BTS – Boy with Luv

5. Cameo Project

Ada yang merasa asing dengan nama Cameo Project? semoga tulisan ini bisa sedikit membantu kalian yang belum tahu apa itu Cameo Project. Cameo project adalah sebuah nama channel di Youtube yang beranggotakan Reza Nangin, Andry Ganda, Martin Anugrah, Ibob Tarigan, Steve Pattinama, tapi kalau kru dibalik layar nya mah sudah pasti buanyaak ya guys.

Ada tim editor, tim kreatif, bahkan sampai salah satu personil Project Pop, Yosi Mokalu pun ikut terlibat. Cameo Project terbentuk pada tanggal 07 Januari 2008

Sumber Gambar : Instagram Andry Ganda

Bukan tanpa alasan mereka memberi nama Cameo Project, dalam dunia perfilman Cameo adalah sebutan untuk orang terkenal yang muncul dalam sebuah film tetapi durasi muncul mereka tidak panjang. Walaupun dengan kemunculannya yang singkat itu bisa meninggalkan kesan bagi orang yang menonton, ini adalah semacem harapan/doa dibalik sebuah nama.

Berawal dari Andry Ganda dan Martin yang sering mengobrol bertukar pendapat dan ide satu sama lain, mereka juga memiliki passion yang sama yaitu membuat film, saat itu salah satu diantara mereka mengemukakan pendapat untuk bekerja sama untuk membuat sebuah project untuk membuat film, lalu bergabunglah tiga orang lainnya.

Awalnya cameo tidak bermaksud untuk terjun sebagai Youtuber karena memang tujuan terbentuknya Cameo adalah untuk membuat suatu karya, nah kebetulan pada saat itu media yang sangat mendukung adalah Youtube.

Meskipun sudah cukup lama berkarir sebagai Youtuber namun pengikut Cameo terbilang sedikit tapi semua itu tak membuat Cameo berhenti untuk berkarya, mereka tetap membuat karya yang memiliki nilai-nilai yang dapat diambil oleh pengikutnya tidak hanya sekedar mencari viewers saja.

**
Dari lima kisah tersebut kita bisa belajar bahwa jalan setiap orang berbeda-beda, tak pernah ada yang tahu apa yang akan terjadi dalam hidup kita selanjutnya, tapi sebagai manusia yang diciptakan dengan begitu sempurna kita memiliki tugas yaitu selalu berusaha yang terbaik untuk hidup kita.

BACA JUGA : Mengajak Anak Balita Ke Bioskop ? Coba Perhatikan Hal Ini

Referensi :

wowkeren.com

kompas.com

detik.com

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 UNIVERSITAS DENGAN MAHASISWA TERBESAR DI INDONESIA  

Sun Jul 21 , 2019
5 UNIVERSITAS DENGAN MAHASISWA TERBESAR DI INDONESIA   UNIVERSITAS TERBUKA Universitas Terbuka merupakan  perguruan Tinggi Negeri (PTN) ke-45 di Indonesia yang menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sistem belajar ini terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan kesempatan pendidikan tinggi yang berkualitas bagi semua warga negara Indonesia, termasuk […]
Universitas di Indonesia