5 Kuliner Khas Balikpapan, Ada yang Pernah Kamu Cicipi?

Balikpapan merupakan salah satu kota terbesar di Kalimantan Timur yang nggak cuma terkenal akan kotanya yang maju. Di Balikapapn sendiri banyak sekali industri yang beroperasi disini dan juga terdapat kilang minyak yang besar. Makanya kota yang satu ini juga dijuliki sebagai ‘Kota Minyak’.

Nah mampir ke Balikpapan, tentu engga akan lengkap kalo kamu engga mencicipi ragam makanan tradisional khas Balikpapan yang memiliki cita rasa unik, menarik, dan tentunya menggoda selera. Biar gak penasaran, yuk cari tahu apa aja kuliner khas Balikpapan yang wajib kamu cicipi!

1. Roti Matau

Roti Mantau
Roti Mantau (Sumber: Tokopedia.com)

Kuliner khas Balikpapan yang satu ini sebenarnya merupakan makanan yang berasal dari Tionghoa, namun kemudian mengalami proses akulturasi sehingga menjadi kuliner khas Balikpapan. Berbeda dengan roti yang biasa bercitarasa manis, Roti Matau ini justru disajikan bersama saus balado ataupun saus lada hitam yang gurih.

Pembuatan roti ini juga engga di panggang seperti pembuatan roti pada umumnya, melainkan dibuat dengan cara digoreng.  Roti yang sekilas mirip bakpao ini juga kerap menjadi pilihan menu sarapan karena citarasanya yang gurih. Biasanya juga disajikan bareng daging kambing ataupun sapi.

Baca juga: Tempat Makan Balikpapan

2. Nasi Bakar Seafood

Nasi bakar Seafood
Nasi bakar Seafood (Sumber: Makananoleholeh.com)

Kota Balikpapan memang sangat kaya akan hasil lautnya. Engga heran makanya kalo banyak kuliner khas asal  Balikpapan yang terbuat dari bahan baku seafood, salah satunya yang paling populer adalah nasi bakar seafood. Dengan rasanya yang gurih nan lezat, kudapan khas Balikpapan yang satu ini dilengkapi dengan udang, ikan, ataupun kepiting.

Nasi bakar seafood ini tentunya sangat praktis, karena dalam satu hidangan terdapat banyak olahan seafood di dalamnya. Hal ini tentunya bisa memanjakan kamu yang mengaku para penggemar hidangan laut. Apalagi  cita rasanya makin meningkat karena bumbunya yang khas. Efek bakar-bakarnya juga memberikan aroma harum yang khas hingga menjadikan salah satu olahan yang cukup menggoda lidah.

3. Pisang Gapit

Pisang Gapit
Pisang Gapit (Sumber: Suara.com)

Pisang gapit merupakan makanan ringan yang selalau dirindukan saat kamu ke Balikpapan. Kudapan ini terbuat dari bahan dasar pisang gepok yang dibakar diatas arang hingga setengah matang. Setelah itu, pisang yang sudah dibakar setengah matang itu akan digapit oleh kayu dan akan dibakar lagi hingga matang.

Untuk meningkatkan citarasanya, pisang gapit ini biasa disajikan bersama kuah berwarna coklat yang terbuat dari bahan gula merah, santan serta potongan buah nangka segar. Eummmhhh yummy sekali pokonya mah! Namun saat ini kuliner khas balik papan yang satu ini mulai sulit ditemui. Oleh karena itu, kalo kamu ingin mencicipi pisang gapit ini, kamu bisa datang ke Waroeng Banjar Bahari yang terletak di Pasar Inpres Kebun Sayur.

Baca juga: Cafe di Balikpapan

4. Abon dan Peyek Kepiting

Abon Kepiting
Abon Kepiting (Sumber: Adira.co.id)

Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, Balikapapan cukup terkenal akan hasil lautnya. Nah salahsatunya yaitu kepiting. Di Balikpapan, kepiting ini diolah menjadi berbagaimacam makanan. Beberapa diantaaranya yang cukup terkenal dan menjadi kuliner khas kota ini adalah abon dan penyek.

Abon ini tentunya terbuat dari bahan daging kepiting segar. Cita rasanya yang gurih membuat makanan yang satu ini cukup terkenal dan sering dijadikan buah tangan. Olahan lainnya yang berbahan dasar kepiting berupa peyek kepiting yang rasanya gurih, renyah, dan nikmat. Camilan yang satu ini cocok banget untuk dijadikan teman minum teh ataupun kopi disaat santai.

5. Bubur Gunting

Bubur Gunting
Bubur Gunting (Sumber: pangangizi.com)

Bubur gunting merupakan makanan khas Balikpapan yang mempunyai nama unik. Walaupun namanya terdengar agak sedikit aneh, namun pada kenyataannya engga ada yang aneh dari makanan ini. Istilah gunting yang melekat di belakang kata bubur ini merujuk pada proses pengguntingan adonan.

Yapppsss… bubur gunting dibuat dari campuran tepung ketan, garam, air kapur sirih, dan air daun suji. Adonan yang telah jadi ini selanjutnya dibentuk panjang untuk digunting-gunting berbentuk serong berikutnya. Adonan yang sudah digunting kemudian dimasak dalam rebusan santan, gula merah, dan garam. Bubur gunting ini lebih nikmat saat disantap dikala hangat, rasanya itu lho manis dan gurih.

Sumber:

Tokopedia.com/blog/travel-makanan-khas-balikpapan-terkenal/

Makananoleholeh.com/makanan-khas-balikpapan/

Gotravelly.com/blog/makanan-khas-balikpapan/

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kuliner Khas Kupang yang Gak Boleh di Lewatkan

Tue Feb 18 , 2020
Kupang merupakan Ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota yang satu ini sangat terkenal akan keindahan alam nya yang begitu indah. Selain alam yang indah, Kota yang dijuluki sebagai Kota Karang ini juga punya banyak kuliner khas yang punya cita rasa khas unik dan pastinya berbeda dari wilayah lainnya. Di […]
Se'i