5 Kuliner Khas Kupang yang Gak Boleh di Lewatkan

Kupang merupakan Ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota yang satu ini sangat terkenal akan keindahan alam nya yang begitu indah. Selain alam yang indah, Kota yang dijuluki sebagai Kota Karang ini juga punya banyak kuliner khas yang punya cita rasa khas unik dan pastinya berbeda dari wilayah lainnya.

Di Kota ini ini beragam sekali olahanan makanan yang bisa kamu temui. Mulai dari makanan ringan dengan bahan jagung hingga kuliner tradisional khas Kupang lezat berbahan dasar daging bisa kamu temui diini. Penasaran? Yuk, langsung aja disimak!

1. Se’i

Se'i
Se’i (Sumber: Tokopedia.com)

Se’i merupakan salah satu makanan khas Kupang yang paling populer. Se’i berasal dari bahasa Pulau Rote yang artinya daging tipis yang memanjang. Olahan yang satu ini dimasak dengan cara di asap. Sesuai dengan namanya, sebelum dilakukan pengasapan, daging akan dipotong tipis dan memanjang terlebih dahulu.

Kudapan yang satu ini akan terasa nikmat saat disantap dengan nasi yang masih hangat. Namu bagi yang muslim, perhatikan dulu ya sebelum kamu makan olahan yang satu ini. Sebab biasanya daging yang digunakan untuk membuat se’i adalah daging babi, daging sapi dan ikan. Jadi di cek dulu ya sebelum kamu melahapnya.

Baca juga: Tempat Nongkrong di Labuan Bajo

2. Kolo

Kolo
Kolo (Sumber: Tokopedia.com)

Kolo merupakan kuliner khas Kupang yang berasal dari olahan beras dan dimasak menggunakan batang bambu. Cara pembuatannya yaitu beras yang sudah dicuci kemudian dimasukkan pada bambu muda yang panjangnya kira-kira 30 cm. Makanya gak usah heran, kalo sebagian orang menyebut kolo ini sebagai nasi bakar atau nasi bambu.

Dahulu, luliner khas Nusa Tenggara Timur yang ini biasanya disuguhkan saat upacara Adat Penti, yaitu upacara yang digelar masyarakat saat menjelang musim panen. Namun kalo sekarang, kamu bisa menikmati kudapan ini di berbagai rumah makan maupun restoran yang ada di Kupang. Jadi gak bakal sulit untuk mencarinya.

3. Jagung Bose

Jagung Bose
Jagung Bose (Sumber: review.bukalapak.com)

Makanan yang satu ini sering dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi oleh masyarakat sekitar, namanya Jagung Bose. Kuliner khas Kupang ini terbuat dari jagung putih yang telah dilunakkan kemudian dicampur dengan kacang merah dan juga santan. Tak heran jika cita rasanya cenderung gurih.

Untuk rasa yang elbih nendang, hidangan yang satu ini tak jarang juga dicampur Sei. Ditambah lagi dengan tuna goreng dan sambal Lu’at yang merupakan campuran dari cabai, daun kemangi, daun siba, dan jeruk nipis. Uhh rasakan sendiri deh sensai nikmatnya seperti apa.

Baca juga: Tempat Nongkrong di Malang

4. Ubi Nuabosi

Ubi Nuabosi
Ubi Nuabosi (Sumber: travelingyuk.com)

Ubi Nuabosi atau dalam masyarakat setempat biasanya ,menyebut ‘Uwi Ai Nuabosi’ bukanlah ubi biasa. Kalo dibandingkan dengan ubi lainnya, ubi khas Ende ini memiliki serat lebih sedikit, aromanya harum, serta terasa lebih gurih dan lembut saat sudah diolah.

Rasanya yang unik bakal membuat kamu penasaran! Apalagi biasanya makanan khas Kupang ini dimasak dan disuguhkan bertsama sambal, pisang, dan minuman khas Kupang. Ah nikmat deh pokonya mah.

5. Jagung Titi

Jagung Titi
Jagung Titi (Sumber: review.bukalapak.com)

Sekilas, camilan yang satu ini mirip dengan cornflakes. Jagung Titi merupakan camilan khas Kupang yang dimasak dengan cara digoreng tanpa minyak lalu ditumbuk hingga pipih. Biasanya nih, masyarakat Kupang menyajikan jagung titi ini ketika ada tamu yang singgah dirumah mereka.

Supaya mendapat rasa renyah dan gurih, bahan baku yang digunakannya juga bukanlah jagung biasa. Masyarakat setempat menggunakan jagung pulut putih yang agak lengket mirip ketan. Jagung pulut putih ini konon varian jagung lokal yang banyak tersedia di Nusa Tenggara Timur. Biar gak penasaran, langsung dicoba aja brader!

Kira-kira dari kelima kuliner khas Kupang tersebut, yang mana inih yang udah kamu coba? Kalo belum semuanya, pokonya kalo sedang berlibur ke Kupanga atau hanya sekedar singgah, kuliner tersebut gak boleh kamu lewatkan.

Sumber:

Review.bukalapak.com/travel/daftar-rekomendasi-makanan-khas-kupang-99742

Makananoleholeh.com/makanan-khas-kupang/

Tokopedia.com/blog/travel-makanan-khas-kupang-terfavorit/

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kuliner Khas Kendari yang Sayang Untuk Dilewatkan

Thu Mar 19 , 2020
Kamu hobi berwisata kuliner? Jika iya maka kamu perlu mencoba makanan khas Kendari yang begitu lezat dan bisa membuat kamu ketagihan. Kendari sendiri merupakan salah satu wilayah di Sulawesi Tenggara yang menyimpan potensi wisata dan keindahan alam yang menawan. Selain itu, sama halnya dengan daerah lainnya, Kendari juga punya banyak […]
Kasuami