5 Kuliner Khas Jambi, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Jambi memang bukan kota yang terkenal untuk berwisata. Tapi dibalik ke-tidak-populer-an nya, sebenarnya Jambi menyimpan banyak makanan unik yang enak-enak.

Kehidupan masyarakat Kota Jambi yang melekat erat dengan adat dan tradisinya, tidak akan lengkap tanpa adanya beragam santapan, mulai dari jajanan & masakan tradisionil yang bisa ditemui di Jambi (seperti tempoyak, tepék, dll.)

Berikut adalah beberapa daftar kuliner Jambi yang harus kalian tahu dan wajb dicoba saat berkunjung ke kota yang terkenal dengan ungkapan “Sepucuk Jambi Sembilan Lurah”, yang melambangkan satu-kesatuan di daerah Jambi.

BACA JUGA : Tempat Nongkrong Hits di Jambi

Kue Padamaran

Kue padamaran merupakan salah satu kue tradisional khas Jambi yang terbuat dari tepung beras dan santan. Ciri khas dari kue ini yaitu dibungkus dengan daun pisang dan kuenya berwarna hijau muda serta berisi gula merah.

Kue Padamaran - Pksjambi.id
Kue Padamaran – Pksjambi.id

Perlu diketahui nih, warna hijau kue padamaran berasal dari air daun suji lho bukan bahan kimia. Untuk rasanya, kue ini memiliki rasa manis yang tambah sedap dengan adanya aroma daun pandan.

BACA JUGA : Tempat Nongkrong Hits di Pontianak

Kwetiau Rusa

Jambi memang  terkenal banget dengan kwetiaunya. Tekstur yang tebal, membedakan kwetiau Jambi dengan kebanyakan kwetiau yang ada di Jakarta. Bisa dibilang kwetiau disini   mirip dengan  udon secara penampilan, meski teksturnya berbeda.

Kwetiau Rusa - Foursquare.com
Kwetiau Rusa – Foursquare.com

Kwetiau rusa ini memiliki rasa yang enak  dan daging rusanya pun tidak keras, Sama seperti kwetiau siram Jambi yang umumnya agak basah, bumbunya begitu gurih.

Mie Kangkung Saimen

Saimen adalah sebuah toko roti yang begitu legendaris di Kota Jambi. Toko roti ini tak pernah sepi pelanggan, terutama di akhir pekan. Selain menjual beragam aneka roti, tempat ini juga dijual aneka jajanan pasar khas seperti kue jongkong.

Mie Kangkung Saimen _ thejournal.com
Mie Kangkung Saimen _ thejournal.com

Di sini, juga menyediakan menu fried chicken atau ayam goreng tepung. Tapi, yang selalu jadi favorit di Saimen adalah mie kangkungnya. Disajikan di atas hot plate, kuah yang disiramkan di atas mie begitu kental dan gurih. Kangkung yang dimasak juga selalu garing dan segar.

Nasi Gemuk

Nasi gemuk itu mirip dengan nasi uduk. Tapi topping nya saja yang beda. Nasi Gemuk Jambi itu pake telor rebus, daging sapi suwir + saos sapinya yang manis, emping dan tak ketinggalan sambel manis khas Jambi.

Nasi Lemak
Nasi Lemak (Sumber: Batam.tribunnews.com)

Nasi gemuk sebenarnya juga mirip nasi lemak yang populer di Malaysia dan Singapura. Hanya saja nasi lemak biasanya memakai ayam goreng atau rendang sebagai alternatif lauknya.

Beberapa penjual juga sering menambahkan kari ayam atau sapi, kacang tanah, dan ikan teri goreng pada nasi gemuk. Tak ketinggalan siraman kuah kari yang hangat berempah.

Tempoyak

Tempoyak merupakan salah satu makanan khas Jambi yang juga populer di berbagai daerah di Sumatera lainnya . Tempoyak memiliki bahan makanan berupa durian yang telah difermentasi. Umumnya, Tempoyak disajikan bersamaan dengan nasi putih.

Sambal Tempoyak
Sambal Tempoyak (Sumber: Idntimes.com)

Selain dimakan langsung, makanan khas Jambi ini juga bisa dijadikan bumbu masakan sebagai perasa bagi makanan lainnya. Tidak heran bila banyak wisatawan yang membawanya untuk oleh-oleh.

Kue Kojo

Sekarang yang terakhir ada jajanan pasar. Kue ini wajib banget kalian coba kalau sedang berkunjung ke Jambi (atau Palembang)! Kuenya terbuat dari pandan dan santan, jadi aromanya kuat banget. Rasanya manis sekaligus gurih. Teksturnya mirip setengah kue setengah agar-agar.

Kue Kojo - Sajiansedap.grid.id
Kue Kojo – Sajiansedap.grid.id

Sekilas Kue Kojo ini merip dengan Kue Lapis yang ada di Jawa, namun sebenarnya beda. Rasa manis dan guris serta teksturnya sangat berbeda dengan Kue Lapis yang banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional di Jawa.

Dulunya jajanan pasar ini hanya dapat dijumpai saat ritual-ritual adat semata. Namun sekarang, sudah banyak yang menjajakannya.

Nah itu adalah daftar kuliner di Jambi yang bisa kalian coba, mana yang menjadi favorite kalian?

 

Sumber referensi :
https://www.pergidulu.com/kuliner-lokal-enak-jambi/

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Tempat Nongkrong Hits dan Asyik di Cianjur

Mon Nov 18 , 2019
Kabupaten Cianjur merupakan salahsatu wilayah di Jawa Barat yang terkenal akan panorama alamnya yang sangat indah. Mulai dari pegunungan, air terjun, hingga beberapa tempat wisata yang cukup mendunia ada disana. Salah satunya yaitu Situs Megalithikum Gunung Padang yang merupakan situs purba penuh dengan misteri. Selain itu, daerah yang berbatasan langsung […]
Moyoutfit Cafe