5 Kuliner Khas Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi spektakuler yang terletak di bagian timur Indonesia. Keindahan alam yang membentang akan memanjakan setiap pasang mata yang mengunjungi tempat ini. Selain menghadirkan panorama yang begitu indah, wisatawan juga dapat menikmati berbagai macam kuliner khas Labuan Bajo yang tentunya sayang sekali jika dilewatkan.

Nah kalo kamu berwisata ke Labuan Bajo, sempatkanlah untuk mencicipi kuliner khas Nusa Tenggara Timur yang berada disana. Kuliner khas Labuan Bajo ini merupakan makanan-makanan yang dapat ditemukan di sekitar lokasi wisata bahari dan makanan khas warga setempat. Yukk langsung di cek aja!

 

1. Sajian Seafood

Sajian Seafood
Sajian Seafood (Sumber: Labuanbajotour.com)

Kalo kamu berkunjung ke Labuan Bajo, belum lengkap rasanya apabila engga menyantap olhan seafood-nya yang sangat lezat. Sebagai daerah pesisir, tak heran jika di Labuan Bajo berjamur tempat makan yang menyajikan hidangan lautnya.

Mulai dari cumi asam manis hingga gurihnya lobster pun semua ada disini. Kamu tinggal memilihnya dan sesuaikan dengan budget yang kamu dimiliki. Yang pasti, wajib banget deh untuk kamu merasakan sensasi seafood khas Labuan Bajo.

Baca juga: Tempat Makan di Lombok

2. Jagung Bose

Jagung Bose
Jagung Bose (Sumber: Labuanbajotour.com)

Untuk kamu yang bosan makan nasi, atau memang lagi mengurangi karbohidrat dari nasi karena punya program diet. Maka Jagung Bose bisa menjadi pilihan alternatif untuk mengisi perut yang keroncongan. Jagung Bose ini merupakan olahan khas dari kota Komodo yang berfungsi sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Bahan dasar pembuatan Jagung Bose ini tentunya menggunakan jagung putih yang ditumbuk dengan lesung. Setelah itu jagung tersebut kemudian dimasak bersama-sama dengan kacang merah dan santan untuk menciptakan paduan rasa yang gurih dan pas.

3. Kolo

Kolo
Kolo (Sumber: Thelabuanbajoinfosip15.wordpress.com)

Makanan khas Labuan Bajo yang patut kamu cicipi selanjutnya adalah nasi bakar atau yang sering disebut sebagai Kolo. Berbeda dengan nasi bakar pada umumnya, dalam proses pembuatannya kolo ini cukup istimewa. Kenapa? Karena dibuat menggunakan bambu sebagai tempat nasinya dan diberi berbagai rempah khas Labuan Bajo.

Selain itu, untuk membakarnya juga disediakan alat bakar khusus serta menggunakan bara api sebagai bahan bakarnya. Proses pembakarannya memakan waktu sekitar setengah jam. Setelah itu Kolo siap untuk disantap hangat-hangat sembari menikmati keindahan yang begitu menakjubkan.

Baca juga: Tempat Nongkrong di Jogja

4. Sambal Ikan Teri

Sambal Ikan Teri
Sambal Ikan Teri (Sumber: Labuanbajotour.com)

Bagi kamu yang pecinta sambal, gak usah khwatir kalo sedang berkunjung ke Labuan Bajo. Disana pokonya kammu jangan sampai lupa untuk mencoba sambal ikan teri khas Labuan Bajo. Sambal yang satu ini dibuat dengan cabai dan ikan teri segar hasil tangkapan nelayan.

Olahan sambal ikan teri ini dijamin engga sulit untuk ditemui ko. Kamu dapat menemukan sambal ini di sepanjang warung makan yang ada disana. Jadi, kamu engga perlu khawatir atau bingung mencari keberadaannya. Nah paling nikmat sambal ini disantap bersama dengan kolo atau nasi bakar bambu khas Labuan Bajo. Ah… maknyus deh pokonya mah!

5. Tumisan

Tumisan
Tumisan (Sumber: Kumparan.com)

Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) memang terkenal akan tumisan khasnya yaitu plecing kangkung. Sementara di Nusa Tenggara Timur (NTT) tumisan khasnya yang terkenalnya yaitu tumis bunga pepaya. Tumisan bunga pepaya ini engga kalah nikmatnya dengan plecing kangkung.

Cita rasanya yang gurih dan pedas bakal mampu memanjakan lidah siapapun yang menyantapnya. Ditambah lagi akan sangat nikmat bila disantap hangat bersama nasi. Jadi gimana, udah membuat kamu lapar engga? 

 

Sumber:

Labuanbajotour.com/kuliner/kuliner-khas-labuan-bajo

Gotripina.com/blog/makanan-khas-labuan-bajo

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kuliner Khas Jambi, Kamu Sudah Coba yang Mana?

Sat Nov 16 , 2019
Jambi memang bukan kota yang terkenal untuk berwisata. Tapi dibalik ke-tidak-populer-an nya, sebenarnya Jambi menyimpan banyak makanan unik yang enak-enak. Kehidupan masyarakat Kota Jambi yang melekat erat dengan adat dan tradisinya, tidak akan lengkap tanpa adanya beragam santapan, mulai dari jajanan & masakan tradisionil yang bisa ditemui di Jambi (seperti […]
Kue Padamaran - Pksjambi.id