5 Kuliner Khas Pekanbaru Yang Engga Ada Duanya

Kalo kamu mengaku seorang yang mencintai kuliner dan sangat berambisi untuk berburu berbagai jenis kuliner, maka ada baiknya kamu harus kitari semua kota yang ada di Indonesia. Kenapa? karenas setiap daerah yang ada di penjuru Nusantara ini memiliki berbagai jenis makanan yang sangat khas dan berbeda dari daerah lainnya.

Nah salah satu kota yang wajib kamu kunjungi untuk berburu kuliner yaitu kota Pekanbaru. Kota yang terletak di Provinsi Riau, Sumatera ini memiliki banyak kuliner yang bakal memanjakan lidah kamu. Berikut ini merupakan beberpa makanan khas Pekanbaru yang gak ada duanya dan memiliki rasa istimewa!

1. Asam Pedas Ikan Baung

Asam Pedas Ikan Baung
Asam Pedas Ikan Baung (Sumber: Eljohnnews.com)

Ikan asam baung merupakan salah jenis makanan khas Pekanbaru yang terbuat dari ikan baung sebagai bahan utamanya. Konon katanya, ikan baung ini masih satu kerabat dengan ikan lele. Untuk menambah citarasa yang lezat, ikan baung ini biasanya di kasih bumbu jahe, kunyit, kemiri, lengkuas, sere, cabai dan berbagai bahan rempah lainnya.

Yang unik dari masakan yang satu ini yaitu daging ikan baung yang memiliki tekstur kenyal dan tidak lembek, tebal, dan juga terkenal memiliki tekstur daging yang lembut di setiap gigitannya. Terlebih lagi daging ikan baung pun memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan kandungan lemak yang rendah. Jadi nih, itu makanan ini adalah salah makanan yang cukup menyehatkan. Dan juga wajib banget kamu coba bagi para pecinta pedas.

Baca juga: Tempat Makan di Pekanbaru

2. Roti Jala

Roti Jala
Roti Jala (Sumber: Tokopedia.com)

Roti jala merupakan kuliner khas Pekanbaru yang berasal dari olahan terigu yang dibentuk jala. Roti ini adalah jajanan khas Pekanbaru yang pada dasarnya berasal dari Melayu Sumatra, namun kini kamu bisa membeli dan menikmatinya di Kota Pekanbaru.

Roti Jala ini biasanya sering dihidangkan dalam acara pernikahan dan pesta-pesta besar. Di Pekanbaru sendiri, Roti Jala disajikan menggunakan kuah kari daging kambing dan ayam sebagai pelengkapnya. Oiya, ada juga yang berpendapat kalo roti jala ini merupakan roti yang berasal dari India karena memiliki tekstur yang keindia-indian. Meskipun demikian, Pekanbaru tetap merupakan Kota Khas yang terkenal dengan olahan kuliner yang satu ini.

3. Mie Sagu

Mie Sagu
Mie Sagu (Sumber: Cookpad.com)

Mie sagu merupakan makanan berkarbohidrat yang bisa menjadi pengganti nasi. Hal ini dikarenakan mie ini terbuat dari sagu yang merupakan tepung dari batang pohon sagu yang kaya akan karbohidrat juga. Selain itu, mie ini juga memiliki kandungan gula dalam sagu sangat rendah, sehingga cocok bnaget dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Engga cuma sehat, mie sagu juga memiliki rasa yang nikmat dan yummy. Tekstur dari mie sagu ini lebih kenyal daripada mie pada umumnya, dan cocok untuk diolah dengan cara digoreng ataupun direbus. Dalam penyajiannya, biasanya mie sagu dimasak dengan tauge, daun kuncai, dan teri. Bisa juga ditambah sayur-sayauran ya supaya makin sehat :).

Baca juga: Tempat Nongkrong di Pekanbaru

4.Roti canai

Roti Canai
Roti Canai (Sumber: Azzamaviero.com)

Satu lagi roti khas Pekanbaru yang wajib kamu coba yaitu roti canai. Roti ini memiliki bentuk pipih, karena pada proses pembuatannya di putar hingga menjadi tipis. Sebenarnya sih roti ini juga dapat kamu temui diberbagai negara yang memiliki budaya Melayu seperti Singapura dan Malaysia. Namun yang ada di Pekanbaru tentunya punya cita rasa khas tersendiri.

FYI nih, roti yang satu ini biasanya disajikan bersama dengan kari kambing ataupun kari domba. Potongan roti yang dicelupkan kedalam kari lalu langsung disantap merupakan sebuah roti yang memiliki rasa yang khas dan menempel di lidah. Ah wajib kamu coba deh pokonya.

5. Es Laksamana Mengamuk

Es Laksamana Mengamuk
Es Laksamana Mengamuk (Sumber: Idntimes.com)

Bukan hanya makanan saja yang terkenal dan menjadi ciri khas Pekanbaru, ada juga nih minuman yang namanya es laksamana mengamuk. Meminum es yang satu ini dapat menyegarkan tenggorokan kamu saat meminumnya di siang hari yang panas.

Minuman khas Pekanbaru ini memang namanya agak unik. Asal muasal nama minuman ini berawal dari legenda seorang laksamana yang mengamuk di sebuah kebun kweni. Makanya es laksamana mengamuk ini terdiri dari buah kweni, gula merah, dan santan ini cocok dinikmati di kala cuaca panas. Uhhh seger banget deh pokonya!

Jadi, kapan nih ke Pkanbaru :)?

 

Sumber:

Wisatatempat.com/makanan-khas-pekanbaru/

Tokopedia.com/blog/travel-makanan-khas-pekanbaru-populer/

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kuliner Khas Batam Yang Wajib Kamu Coba

Tue Oct 29 , 2019
Batam yang merupakan kota terbesar yang terletak di Kepulauan Riau. Kota ini memiliki peranan yang cukup vital karena menghubungkan Indonesia dan SIngapura. Walaupun wilayahnya engga terlalu luas, sangat ramai dan sering dikunjungi oleh para wisatawan khususnya yang ingin berbelanja elektronika. Yaaps.. Batam memang terkenal memiliki pasar elektronika dengan harga yang ditawarkan […]
Mie Tarempa