5 Kuliner Khas Batam Yang Wajib Kamu Coba

Batam yang merupakan kota terbesar yang terletak di Kepulauan Riau. Kota ini memiliki peranan yang cukup vital karena menghubungkan Indonesia dan SIngapura. Walaupun wilayahnya engga terlalu luas, sangat ramai dan sering dikunjungi oleh para wisatawan khususnya yang ingin berbelanja elektronika. Yaaps.. Batam memang terkenal memiliki pasar elektronika dengan harga yang ditawarkan lebih murah dibanding daerah lainnya.

Namun selain dikenal sebagai pusat elektronik, Batam juga bisa menjadi destinasi bagi kamu yang ingin menikmati beragam kuliner khas yang ditawarkan. Kota ini memiliki kuliner yang beragam, mulai dari yang rasanya manis, asam, bahkan asin pun ada di sini. Nah biar gak penasaran skuyy langsung disimak aja!

1. Sop Ikan Batam

Sop Ikan Batam
Sop Ikan Batam (Sumber: Tripadvisor.com)

Sebagaimana namanya, sup ini berisikan produk laut berupa ikan yang segar dan bermutu tinggi. Disajikan dengan kuah bening, makanan yang satu ini bukan hanya memiliki citarasa yang nikmat saja, tetapi juga menyegarkan. Kesegaran ini berasal dari kuah yang dipadukan dengan isian berupa makanan laut sehingga bakal membuat nafsu makan kamu engga tertahankan lagi.

Selain berisi ikan, sup ini juga biasanya dikasih tambahan berupa udang, cumi-cumi dan aneka bahan dari laut lainnya. Walaupun sup ini menggunakan bahan utama ikan sebagai isiannya, tapi yang mengherankan sup ini tidak berbau amis, justru segar keitka disantap.

Baca juga: Tempat Nongkrong di Batam

2. Mie Lendir

Mie Lendir
Mie Lendir (Sumber: Makananoleholeh.com)

Mie lendir merupakan hidangan yang wajib kamu cicipi saat bertandang ke Kota Batam. Alasan utama mengapa hidangan ini dinamai mie lendir karena mie yang satu ini memiliki kuah yang diberi tepung kanji, sehingga teksturnya seperti lendir. Sekilas sih, kuliner khasBatam yag satu ini tampak seperti mie Bogor dan Mie kocok khas Aceh, namun jika kamu sudah mencicipinya akan ketauan bedanya dimana.

Hal yang akan membuat kamu ketagihan adalah perpaduan rasa manis, asin, dan pedas nya yang bercampur menjadi satu. Rasa manis ini berasal dari ubi jalar dan kacang tanah, sementara rasa gurih didapat dari ayam dan udang. Dalam satu porsi, biasanya mie ini disajikan dengan potongan tauge rebus dan cabe rawit yang telah diiris tipis.

3. Gong-gong

Gonggong
Gonggong (Sumber: Liputan6.com)

Mungkin kamu penasaran ya apa sih sebenernya Gonggong itu? Gonggong merupakan sejenis siput laut yang hidup di perairan kepulauan Riau. Gonggong ini juga bisa diolah menjadi keripik dan pangsit lho. Namun biasnaya makanan khas batam yag satu ini disajikan dengan cara direbus menggunakan air garam dan jahe.

Penggunaan jahe itu bukanlah tanpa tujuan, melainkan untuk mengurangi rasa amis yang melekat pada gonggong itu sendiri. Namun cara pengolahan yang sederhana ini justru lebih mengeluarkan aroma wangi dari gonggong itu sendiri. Selain itu, kebersihan ketika pengolahan juga ikut menentukan higienitas gonggong dan kelezatannya.

Baca juga: Tempat Kuliner di Batam

4. Nasi Lemak

Nasi Lemak
Nasi Lemak (Sumber: Batam.tribunnews.com)

Bagi sebagian orang, nasi lemak mungkin sudah engga asing lagi, ya. Namun perlu diketahui, nasi lemak yang dijual di Batam ini sangat khas dan berbeda dengan nasi lemak yang lainnya. Hal ini dikarenakan nasi lemak yang ada di Batam dibuat dengan campuran santan, jahe, daun pandan, dan daun sereh,sehingga menimbulkan aroma harum dan membuat orang semakin tidak sabar untuk mencicipinya.

Kuliner khas Batam yang satu ini biasanya disajikan dengan bumbu cabai merah yang dicampur dengan ikan atau sotong. Tapi kamu bisa juga menambahkan sepotong ayam dan satu butir telur utuh dalam satu porsinya. Dijamin bikin kenyang deh pokonya.

5. Mie Tarempa

Mie Tarempa
Mie Tarempa (Sumber: Travelingyuk.com)

Kuliner khas Batam yang terakhir dan engga boleh ketinggalan adalah mie tarempa. Kuliner ini sebenarnya merupakan makanan khas Anemba, namun banyak dijumpai di kota Batam. Mie ini memiliki bentuk pipih dan memiliki rasa gurih yang bersumber dari ikan tongkol yang digunakan. Biasanya mie tarempa ini dicampur dengan kecap asin dan serta sambal yang memiliki rasa pedas.

Selain 5 kuliner khas Btam yag sudah disebutkan diatas, sebenernya masih banyak lagi kuliner lainnya yang patut kamu coba. Biar gak penasaran, langsung aja datang ke Kota Batam ya hehe!

 

Sumber:

Makananoleholeh.com/makanan-khas-batam

Travelingyuk.com/kuliner-khas-batam/125212

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kuliner Aceh yang Wajib Kamu Coba

Thu Oct 31 , 2019
Aceh  tidak hanya kaya  akan adat dan budayanya yang unik tetapi juga diketahui  memiliki banyak kuliner khas yang lezat. Kota yang dikenal dengan sebutan Serambi Mekkah ini  memiliki ciri kgas kuliner dengan cita rasa rempah yang sangat kuat. Tidak heran kalau banyak orang ketagihan dengan masakan Aceh. Kalian ingin tahu […]
Ayam Tangkap - Kumparan.com