5 Kuliner Khas Salatiga

Kota Salatiga termasuk kabupaten Semarang di Jawa Tengah dan dikenal sebagai kota transit di Jalur Pantura. Tidak banyak yang mengetahui bahwa kota kecil ini memiliki kekayaan kuliner yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Bagi kalian yang ingin mencicipi kuliner Khas Salatiga, berikut adalah beberapa daftar kuliner Salatiga yang harus kalian coba:

BACA JUGA : Kuliner Khas Klaten

Soto Esto

Soto Esto - Kabarkuliner.com
Soto Esto – Kabarkuliner.com

Salah satu kuliner yang banyak digemari oleh warga lokal maupun pelancong kota Salatiga adalah Soto Ayam Esto yang ada di sekitar Jln. Langensuko, Salatiga.

Kedai tersebut merupakan tempat makan legendaris yang ada di kota ini. Menggunakan daging ayam kampung sebagai campuran, serta kuah kuning yang berempah, kedai ini selalu ramai didatangi banyak pengunjung. Harganya pun sangat murah. Yang membuatnta lebih  istimewa, soto ini disajikan bersama kerupuk karak khas Salatiga.

BACA JUGA : Kuliner Khas Semarang

Bakmi Djowo

Kuliner khas kedua yang menjadi tambatan hati wisatawan dan warga setempat adalah Bakmi Djowo Pak Agus. Kedai sederhana yang terletak di jalan Semeru ini menawarkan aneka olahan mie dan juga bakso.

Bakmi Djowo - tripadvisor.co.id
Bakmi Djowo – tripadvisor.co.id

Mienya yang kenyal dan lebar ditambah dengan racikan bumbu yang pas membuat makananan ini selalu dirindukan warga Salatiga yang merantau.

Terlebih lagi potongan ayam yang menjadi toppingya, hmm semakin menambah kelezatannya. Jangan lupa untuk mencicipi semangkuk bakso di Bakmi Djowo Semeru yang tak kalah lezat.

BACA JUGA : Wisata kuliner khas Malang

Ronde Jago

Ronde Jago - Travelingyuk.com
Ronde Jago – Travelingyuk.com

Di tengah hawa kota yang sejuk, menyantap makanan atau minuman yang hangat merupakan pilihan yang tepat. Kebetulan, Kota Salatiga juga punya jagoan! Kuliner laris di Salatiga yang harus dicoba selanjutnya adalah Ronde Jago. Ia merupakan salah satu kuliner Salatiga yang legendaris sebab sudah mulai berdiri sejak 1965. Harga semangkuk wedang ronde di tempat ini mulai dari Rp 13 ribu.

Gudeg Koyor

Sudah pernah mendengar tentang gudeg koyor? Koyor adalah otot sapi yang biasanya terasa sedikit alot dan kenyal jika dikunyah. Makanan khas lainnya yang dimiliki kota Salatiga adalah gulai koyor.

Gudeg Koyor - Kabarkuliner.com
Gudeg Koyor – Kabarkuliner.com

Gulai Koyor terbuat dari otot sapi dan dimasak menyerupai gulai padang. Yang paling terkenal adalah gulai koyor milik Bu Jono yang terletak di belakang ex gedung bioskop Reksa. Rasa koyornya padat dan tidak terlalu berlemak, sehingga lebih ringan di mulut.

Sedangkan kuahnya kaya rempah-rempah dan sangat enak menemani sepiring nasi putih hangat, terlebih jika dipadukan dengan seporsi gudeg lengkap, luar biasa mantap.

Gecok Kambing

Kuliner khas Salatiga lainnya yang tak kalah menggugah selera dan sayang jika dilewatkan adalah gecok kambing. Makanan bersantan ini memiliki rasa khas dari kuah yang menggunakan racikan rempah-remoah dan kelapa sangrai.

Gecok Kambing - Detik.com
Gecok Kambing – Detik.com

Tekstur kuahnya agak kasar karena kelapa sangrai yang harum sedang rasa ladanya yang tajam melengkapi rasa khas daging kambing. Karena dimasak dalam satu kuali besar, rasa daginnya benar-benar kaya bumbu dan sangat empuk.

Untuk mendapatkan makanan ini dengan rasa autentik, sebaiknya mengunjung Desa Tlogo di perbatasan Semarang, dengan Gecok Kambing Bu Sri yang terkenal. Namun, banyak juga resto-resto lain di kota Salatiga yang menjua masakan ini.

Jadi itulah 5 pilihan makanan khas Salatiga yang bisa menjadi rekomendasi bagi kalian yang sedang bingung ingin makan apa di kota Salatiga. Sudahkah kalian menentukan pilihan? atau mungkin akan dicoba semua daftar menu tersebut.

 

Sumber Referensi : situs travelingyuk.com dan Cintaihidup.com

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Tempat Nongkrong Hits Jambi

Wed Sep 18 , 2019
Nongkrong memang menjadi salah satu aktifitas seru yang banyak digandrungi oleh banyak kalangan, baik kalangan muda maupun dewasa. Tingkat kepopuleran dan kegaulan seseorang pun dapat dilihat dari intensitas dalam menghabiskan waktu untuk menongkrong dibanyak tempat hits. Nongkrong pun seolah menjadi budaya diberbagai belahan kota manapun, termasuk Jambi. Kota Jambi yang […]
Moo Nyusu - Jejakpiknik.com