5 Kuliner Khas Semarang

Setiap kota mempunyai makanan khasnya sendiri, walau kota Semarang lebih dikenal dengan julukan Kota Lumpia, tapi ternyata makanan khas Semarang tidak hanya lumpia lho.

Semarang memang termasuk kota yang memiliki cukup banyak daftar kuliner yang bisa dieksplorasi. Beberapa diantaranya merupakan hasil akulturasi beberapa budaya berbeda. Maklum saja, pengaruh Tiongkok dan Belanda memang cukup kuat di Kota Lumpia ini.

Lumpia Gang Lombok

Jika julukannya saja sudah Kota Lumpia, jelas saja kalau makanan ini wajib untuk kalian coba. Banyak orang orang mengidolakan Lumpia Semarang yang katanya mempunyai citarasa yang unik dan berbeda dari Lumpia kebanyakan.

Lumpia gang Lombok - Gambar: Postkotanews.com
Lumpia gang Lombok – Gambar: Postkotanews.com

Meskipun banyak penjual lumpia di Kota Semarang, tapi yang paling terkenal adalah kios lumpia di Gang Lombok. Tempatnya dekat dengan kelenteng tertua di Semarang, yaitu kelenteng Tak Kak Sie. Terdapat lumpia basah atau goreng, selain bisa makan ditempat, juga bisa dibeli sebagai buah tangan saat kalian kembali ke kota asal lho.

Lokasi:

Jalan Gang Lombok No.11, Semarang, Jawa Tengah. Telp : 0816-4881-194

Soto Bangkong

Katanya soto Bangkong ini sudah ada sejak tahun 1950, waah lama banget yaa. Awalnya dijual dengan cara dipikul dari kampung ke kampung yang lain, hingga kini sudah memiliki kios yang besar. Lokasinya berada di Jalan Brigjen Katamso yang dulunya bernama Jalan Bangkong.

Soto Bangkong Semarang - Gambar: Kmstour.com
Soto Bangkong Semarang – Gambar: Kmstour.com

Kuahnya yang kental, kaya akan rempah-rempah, dan menggunakan ayam kampung sebagai pelenkapnya, membuat soto bangkong ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan soto lainnya. Tidak hanya soto, kalian juga bisa memesan menu lainnya seperti, garang asem, atau ayam goreng kampung yang tak kalah enak.

Lokasi:

Jalan Brigajen Katamso dan Jalan Setia Budi Nomor 229, Semarang. Telp: (024) 8412842

Nasi Gandul

Sekilas Nasi gandul mirip dengan soto Betawi dan soto tangkar khas Jakarta. Namun ada ciri khusus yang membedakan, nasi gandul biasanya disajikan diatas piring yang beralas daun pisang dan disantap dengan menggunakan suru (sendok yang terbuat dari daun pisang yang dilipat).

Nasi Gandul Semarang - Gambar: Idntimes.com
Nasi Gandul Semarang – Gambar: Idntimes.com

Memiliki citarasa yang khas, banyak yang bilang kalau nasi gandul seperti perpaduan antara rasa soto, rawon dan gulai. Dalam satu porsi nasi gandul,terdapat nasi putih yang disiram dengan kuah kecoklatan, ditambah potongan lauk, seperti daging sapi dan jeroan. Salah satu tempat legendaris yang makanan ini di Semarang adalah Nasi Gandul Pak Memed

Lokasi :

Jalan Dr Cipto 12A, Semarang. Telp: (024) 3559928

Tahu Gimbal

Apa yang terlintas dalam benak kalian saat pertama mendengar kata Gimbal? Langsung terbayang rambut ngga? Hehehe. Jadi gimbal disini adalah istilah untuk bakwan kalau di Jakarta, alias semacam gorengan.

Tahu Gimbal - Gambar : Seputarsemarang.com
Tahu Gimbal – Gambar : Seputarsemarang.com

Seporsi tahu gimbal biasanya terdiri dari lontong,bakwan udang, irisan kol, taoge, lalu disiram bumbu kacang petis udang. Biasanya tahu gimbal disajikan bersama kerupuk udang. Nah udah kebayang kan gimana enaknya tahu gimbal khas Semarang? Salah satu tempat rekomendasi untuk mencoba makanan ini adalah Tahu Gimbal Pak Edy.

Lokasi:

Jalan Pandanaran II, Shelter Taman KB, Semarang.

Babat Gongso

Babat Gongso - Gambar: Travelingyuk.com
Babat Gongso – Gambar: Travelingyuk.com

Salah satu rekomendasi tempat untuk makan babat gongso di Semarang adalah Babat Gongso Pak Karmin, tempat ini memang sudah terkenal di kalangan pecinta kuliner, karena sudah ada sejak tahun 1971.

Selain babat gongso, kalian juga bisa menikmati jeroan dan menu lainnya disini,seperti nasi goreng babat.

Lokasi:
Jalan pemuda Semarang, Dekat Jembatan Berok. (Cabang Talaga Mas dan Gadjah Mada)

Sumber Referensi : Idntimes.com

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Lagi Di Medan? Ini Dia 5 Tempat Makan Keluarga Bernuansa Alam yang Wajib di Coba!

Sun Aug 25 , 2019
Tak lengkap rasanya, jika sedang berlibur bareng keluarga tapi engga kulineran bareng dulu di tempat-tempat yang unik dan menarik. Nah pada tulisan ini, akan diberikan 5 rekomendasi tempat yang bisa kamu jadikan pilihan saat kamu lagi di Medan. Tempat-tempat makan dibawah ini dijamin engga membuat kamu dan keluarga jenuh. Kenapa? Karena suasananya bernuansa alam. Jadi, […]
Cafe Rumah pohon