5 Lagu Korea Yang Menggambarkan Tentang Depresi

Saat ini, musik adalah suatu hal yang cukup sulit dilepaskan untuk sebagian orang, karena musik adalah teman dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Misalnya saat dalam perjalanan atau ditengah kemacetan.

Adapula orang yang beranggapan musik dapat memberikan kenyamanan serta menambah semangat dalam menjalankan aktivitasnya.

Musik bisa menjadi teman paling setia – Kompas.com

Musik sendiri memiliki pengaruh yang cukup besar bagi emosi  seseorang, biasanya suasana hati seseorang juga dapat terlihat dari jenis musik yang sedang didengarkan.

Misalnya, saat dalam suasana hati yang baik biasanya orang-orang cenderung lebih suka mendengarkan lagu dengan tempo yang cukup up beat namun sebaliknya, bila suasana hati sedang dilanda kesedihan biasanya pilihan lagu akan jatuh pada jenis lagu yang melow dan selow.

Dan untuk sebagian orang, musik juga bisa menjadi tempat untuk mencurahkan apa yang sedang dirasakan. Karena tidak semua orang mampu mengungkapkan apa yang dirasakan dengan kata-kata, jika seperti itu maka, musik bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mengekspresikan diri.

Saat ini musik K-Pop adalah salah satu musik yang tengah banyak digandrungi oleh banyak anak muda tidak hanya Indonesia namun di seluruh dunia.

Musiknya yang easy listening menjadi salah satu alasan K-Pop begitu booming ditambah dengan penyanyinya yang berparas tampan dan cantik, membuat penggemarnya semakin membludak.

Tapi tahukah kamu meskipun lagu Korea banyak yang bertempo cepat tapi tenyata artinya tidak selalu menggambarkan suatu kebahagian, ada beberapa lagu Korea yang memiliki makna tentang rasa depresi, nah ini adalah beberapa lagu yang menggambarkan kesedihan dan rasa depresi.

1. Runaway – Boby Ikon

Kim Ji Won atau yang lebih dikenal dengan nama panggung Bobby adalah salah satu member boyband group asal Korea Selatan yaitu iKON. Penyanyi yang bernaung dibawah asuhan YG Entertaiment ini pada tahun 2017 pernah merilis album yang berjudul “Love and Fall” salah satu lagu utamanya adalah Runaway.

Secara garis besar lagu ini menceritakan tentang perasaan ingin melarikan diri dan melepaskan diri dari segala hal yang terjadi dalam hidup. Seperti dalam penggalan liriknya

I’m tired of everything now
So I get mad at the smallest things
I’m on my way home alone and it’s noisy
But it’s only laughter that has nothing to do with me
So I keep my head low

Jika dilihat dari video klipnya pun sangat menggambarkan tentang keadaan seseorang yang sangat kesepian, entah dimanapun ia berada. Hingga membuatnya ingin terus berlari dari setiap kondisi.

 

2. Loser – BIGBANG

BIGBANG juga pernah merilis lagu bertema mental ilness dalam album Made pada tahun 2016 lalu. Lagunya berjudul Lose, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang terlihat tegar namun, jauh didalam lubuk hatinya sangat merasa kesepian.

Berikut adalah sepenggal lirik dari lagu Loser :

At some point
I’ve gotten scared of people’s eyes
I’m sick of crying so I tried smiling
But no one recognizes me. I’m a loser, loner

Lagu ini nampak sangat relate dalam kehidupan sehari-hari, karena begitu banyak orang yang selalu mencoba tersenyum agar hidupnya nampak baik-baik saja.

3. Breathe – Lee Hi

Penyanyi solois cantik asal Korea Selatan, Lee Ha Yi atau lebih sering disapa dengan nama Lee Hi, juga pernah merilis lagu yang yang bertema depresi pada tahun 2016. Lagu tersebut diciptakan oleh mendiang Jonghyun SHINee.

Tidak semua hal dapat diungkapkan -Tribunnews.com

Breathe menceritakan tentang seseorang yang merasa sangat sesak dengan semua yang dirasakan tetapi ia tak dapat menceritakan tentang hal itu kepada orang lain. Dan lagu ini pun seolah diciptakan untuk menguatkan dirinya sendiri. Seperti liriknya dibawah ini :

It’s okay to make mistakes sometimes because anyone can do so

Although comforting by saying it’s alright are just words

Someone’s breath. that heavy breath

How can I see through that? thoughh I can’t understand  your breath

Its alright I’ll hold you

Memang tidak semua orang dapat mengungkapkan apa yang sedang dirasakan, terkadang kita juga beranggapan bahwa tidak semua orang mampu memahami tentang apa yang sedang kita rasa, maka memendam semua rasa adalah hal terbaik yang bisa dilakukan.

4. Let Me Out – Jonghyun SHINee

Mendiang Jonghyun SHINee yang dikabarkan meninggal bunuh diri karena merasa depresi akibat berbagai tekanan yang terima memang telah banyak menciptakan lagu-lagu hits.

Saat masih hidup Jonghyun adalah member dari boyband group SHINee yang bernaung diagensi SM Entertaiment. Seperti yang sudah diketahui bahwa Jonghyun memang mengidap Seasonal Affective Disorder (SAD).

Seasonal Affective Disorder (SAD) merupakan sebuah gangguan mental yang dipengaruhi oleh perubahan iklim.

Tak heran jika banyak lagu-lagu yang diciptakan Jonghyun bertema Mental Ilness, Salah satunya adalah lagu berjudul “Let Me Out”.

Lagu ini sendiri bercerita tentang kesedihan mendalam yang dialami seseorang setelah kehilangan salah satu orang yang ia sayangi. Dalam liriknya :

Someone please hold me, I’m exhausted from this world
Someone please wipe me, I’m drenched with tears
Someone please notice my struggles first
Please acknowledge the poor me
Please help me.


Dari lagu ini sangat jelas tergambarkan bahwa kehilangaan seseorang yang sangat kita cintai adalah hal yang begitu menyakitkan. Pantas saja dalam hidup kita tidak boleh terlalu berlebihan dalam mencintai sesuatu.

5. NCT 127 – My Van.

NCT 127 adalah sub-unit kedua dari group vokal Korea Selatan, NCT. Pada tahun 2018 NCT 127 merilis lagu berjudul My Van.

Lagu tersebut menceritakan tentang kisah Idol yang banyak menghabiskan waktunya didalam mobil van. Mobil tersebut terus melaju dari satu tempat ketempat yang lainnya.

Dalam lirik lagu tersebut menggambar tentang perasaan seseorang yang ingin terbebas dari rutinitas yang begitu menyita waktu sebagai seorang Idol. Seperti yang tergambar dalam lirik berikut ini :

Even if you go back and forth a few hundred times
This road can not adapt.
A few hours if you are very lucky
I put my eyes on
Tired and tired face
Make me tired
Draw lines with friends of friends
I have genuine friends and family fans all over the place.

Jika dilihat dari lirik lagunya, menjadi Idol bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah, karena dengan menjadi Idol maka harus rela untuk mengorbankan kehidupan pribadi demi sebuah popularitas.

**
Itulah Tujuh lagu Korea yang mempunyai makna tentang Depresi. Depresi bisa dialami oleh siapapun, bahkan mereka yang tampak luarnya selalu ceria dan terlihat baik-baik saja pun bisa mengalaminya.

Dan ternyata meski terlihat memiliki hidup mewah serta ketenaran yang mendunia tidak lantas menjadi jaminan akan merasakan hidup yang bahagia. Mungkin benar yang dikatakan banyak orang bahwa,  kebahagian bukan tentang apa yang kita dimiliki namun tentang apa yang kita syukuri

referensi :
Idntimes.com, Doripos.com

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 jenis lupa masa kini

Thu Jul 25 , 2019
“Di jaman sekarang yang serba teknologi, banyak para remaja yang sering kali mengabaikan sesuatu yang sebenarnya penting seperti kata sandi sosmed dan e-mail, tapi karena kesibukannya mereka kadang lupa kata sandi yang senenarnya mereka buat sendiri, apalagi yah yuk kita baca artikel ini”         1.  Lupa kata sandi […]
Milenial masa kini