5 Universitas Terbaik di Jakarta

Hal yang paling sering membuat dilema saat akan melanjutkan pendidikan ke  jenjang perguruan tinggi adalah bingung dalam menentukan universitas mana yang akan dipilih.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya universitas yang menjadi pilihan, terutama di ibukota. Berikut adalah daftar 5 Universitas Favorit yang ada di Jakarta.

Universitas Indonesia

Siapa yang tidak tahu Universitas Indonesia? Universitas Indonesia atau yang kerap disingkat UI ini merupakan salah satu Universitas Negeri favorit. UI juga dikenal memiliki lulusan yang berkualitas dan mendominasi di beberapa perusahaan ternama di Indonesia.

Universitas Indonesia - Gambar : Ceramahmotivasi.com
Universitas Indonesia – Gambar : Ceramahmotivasi.com

Kemampuan dan daya saing yang bagus sangat dimiliki oleh Universitas Indonesia sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia.

Pelayanan kampus yang modern, terbuka, multi budaya, humanis dan komperehensif ini menjadi sebuah pencapaian terbaik yang dimiliki oleh UI dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang sudah ditetapkan.

Informasi lebih lanjut:

Alamat : Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat dan Depok, Jawa Barat

Website : www.ui.ac.id

Universitas Negeri  Jakarta

Universitas Negeri Jakarta - Gambar : Unjkita.com
Universitas Negeri Jakarta – Gambar : Unjkita.com

UNJ atau Universitas Negeri Jakarta dikenal dengan kampusnya para pendidik di kota Jakarta. Berdasarkan dengan sejarah pendiriannya, kampus yang dulunya bernama IKIP Jakarta ini berganti nama menjadi Universitas Negeri Jakarta berdasarkan dengan adanya keputusan Presiden Nomor 093 Tahun 1999, tanggal 04 Agustus.

Kampus ini dalam perkembangannya mampu memberikan sumbangsih secara meluas kepada dunia pendidikan di Indonesia, dimana merupakan kawah para calon pendidik di kota Jakarta.

Informasi lebih lanjut:

Alamat : Jalan Rawamangun Muka, Rawamangun, Jakarta Timur

Website : www.unj.ac.id

Baca juga : Hal yang harus dilakukan saat salah pilih jurusan

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Universitas yang sering disingkat dengan nama Unika Atma Jaya ini adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada tanggal 01 Juni 1960.

Unika Atma Jaya - Gambar : atmajaya.ac.id
Unika Atma Jaya – Gambar : atmajaya.ac.id

Saat ini, Unika Atma Jaya memiliki 8 fakultas yang terdiri dari 22 program studi. Secara institusi, Unika Atma Jaya juga sudah mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan no SK 3007/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. SK ini menunjukan bahwa akreditasi A Unika Atma Jaya sudah didapatkan sejak tahun 2016.

Informasi lebih lanjut:

Alamat :

  • Jalan Jendral Sudirman No.5
  • Jalan Pluit Raya No.2
  • Jalan Cisauk – Lapan, BSD, Tangerang

Website : www.Atmajaya.ac.id

Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara - Gambar: Kampusaja.com
Universitas Bina Nusantara – Gambar: Kampusaja.com

Awalnya Universitas ini hanya sebuah Institusi pelatihan komputer biasa, yang terdiri sejak tahun 1974. Seiring dengan berjalannya waktu, Institusi ini menjadi Akademi Teknik Komputer (1991) dan kemudian berubah menjadi AMIK Jakarta (1984). Saat itu, Amik membuka kurus di bidang komputerisasi akuntansi dan mulai menggunakan nama Bina Nusantara pada 21 Septermber 1985.

Singkatnya, Universitas Bina Nusantara berdiri pada 8 Agustus 1996 dan dua tahun berikutnya STIMIK Bina Nusantara, kemudian bergabung dengan  Universitas Bina Nusantara atau yang lebih dikenal dengan nama Binus.

Secara akreditasi institusi, Binus juga sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dengan no SK 2991/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016.

Saat ini Binus memiliki sekitar 11 fakultas untuk program S1, diantaranya Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer dan Fakultas Design.

Informasi lebih lanjut :

Alamat Kampus Utama :  Jalan K.H Syahdan No.9, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat.

Website : www.binus.ac.id

Universitas Tarumanegara

Universitas Tarumanegara - Gambar :Telegraf.co.id
Universitas Tarumanegara – Gambar :Telegraf.co.id

UNTAR atau Universitas Tarumanegara ini sudah berdiri sejak tahun 1959. UNTAR telah meraih banyak penghargaan, diantaranya adalah pengajar sekaligus rektor UNTAR, Prof.Dr.Agustinus Purna Irawan, menerima sertifikat dan mendali ASEAN Engineer dari The ASEAN Federation of Engineering Organisations (AFEO).

UNTAR juga masuk kedalam daftar universitas swasta terbaik di Jakarta pada posisi ketiga karena oleh Kemenristekdikti, ditempatkan pada urutan ke-50 dalam “Peringkat 100 Besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Vokasi Tahun 2018”

Informasi lebih lanjut :

Alamat : Jalan Letjen S Parman No.1 Jakarta Barat

Website : www.untar.ac.id

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Tempat Makan Terbaik Untuk Keluarga di Jogja

Thu Aug 29 , 2019
Berbicara tentang Yogyakarta rasanya tak akan habis-habisnya. Selain terkenal dengan gudeg nya yang manis dan gurih, kota Jogja juga terkenal akan angkringan nasi kucing dengan menu ringan nan mantap nya serta Soto Kadipiro dengan suwiran ayam goreng yang pas di lidah. Berbagaimacam kuliner khas Jogja tersebut akan terasa lebih nikmat […]
Omah Dhuwur Restaurant