(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({}); Bagaimana Cara Menggoreng Ayam yang Benar? Inilah Caranya! - Hidup Kita
 

Bagaimana Cara Menggoreng Ayam yang Benar? Inilah Caranya!

cara menggoreng ayam

Menggoreng ayam, sekilas terlihat seperti sebuah pekerjaan yang sangat mudah. Padahal salah sedikit, bisa-bisa ayam yang Anda goreng akan menjadi gosong, atau malah tidak matang di bagian dalam. Ya, menggoreng ayam memang sangat tricky sekali.

Tentunya, Anda tidak mau kan apabila ayam yang lezat menjadi terbuang percuma karena cara masak yang salah? Untuk itu, mari kita cari tahu, apa saja yang perlu diperhatikan dalam menggoreng ayam?

  1. Jangan lupa untuk merebus

Saat terburu-buru, biasanya kita hanya menggoreng ayam tanpa merebusnya terlebih dahulu. Tak mengapa bila ayam berukuran kecil dan tipis. Tetapi bila daging ayam keras, tebal dan berukuran besar seperti ayam kampung dan ayam boiler, maka merebus adalah hal yang penting agar ayam nantinya matang secara merata

Masukkan ayam ke dalam panci, beri air hingga ayam terendam, kemudian rebuslah ayam selama 5 menit, atau hingga daging ayam menjadi berwarna putih. Oh ya, Anda juga bisa menambahkan bumbu ayam goreng, tergantung selera Anda.

  1. Tusuk-tusuk ayam

Tusuk-tusuklah ayam dari luar hingga ke dalam, dengan menggunakan lidi atau garpu. Mengapa kita sebaiknya melakukan hal ini? Lubang-lubang yang kita buat dapat memudahkan proses pematangan bagian dalam ayam dan bumbu ayam cepat meresap. Tak perlu membuat lubang yang terlalu besar, cukup lubang kecil-kecil saja, dan merata di bagian ayam.

  1. Minyak goreng yang banyak dan panas

Saat akan menggoreng ayam, gunakan minyak yang banyak hingga ayam terendam. Namun sebelum Anda mulai menggoreng ayam, pastikan minyak di wajan sudah mendidih ya.

  1. Gunakan api sedang

Nah, ini langkah yang paling menentukan: ukuran api. Gunakan api yang sedang dan jangan terlalu besar. Terkadang, banyak orang yang menggunakan api besar dengan harapan agar ayam cepat matang. Sayangnya, hal ini justru salah besar karena ayam akan cepat matang bahkan gosong di bagian luar saja sedangkan bagian dalam ayam masih mentah. Kondisi ini tidak baik bagi kesehatan, mengingat ayam mentah mengandung banyak kuman dan juga virus.

  1. Angkat di saat yang tepat

Kapan saat yang tepat untuk mengangkat ayam? Yakni saat ayam sudah berwarna keemasan dan cantic maka tak perlu tunggu waktu lama lagi. Segera angkat ayam dari wajan, lalu ditiriskan, dan sajikan selagi hangat.

Ternyata tidak sulit kan menggoreng ayam dengan tingkat kematangan sempurna? Anda hanya perlu melakukan beberapa trik, dan satu lagi, harus sabar serta tidak terburu-buru saat menggoreng ayam. Langkah-langkah ini tentunya juga bisa Anda terapkan saat menggoreng ayam dengan bumbu-bumbu tertentu, misalnya bumbu goreng mentega atau asam manis. Selamat memasak!

Blasteran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kiat-kiat Agar Cake Tidak Bantat

Fri Nov 4 , 2022
Seringkali kita melihat cake dengan bentuk-bentuk menarik, bahkan fantastis yang ada di internet ataupun Instagram. Seolah, membuat cake semacam itu amatlah mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu. Tetapi entah mengapa, belum juga sampai pada tahapan menghias, cake yang kita buat tidaklah sesuai yang kita harapkan. Bahkan saking bantatnya, cake yang […]
AGAR CAKE TIDAK BANTAT