Dampak Jika Terlalu Sering Menonton Drama Korea

Siapa diantara kamu yang tidak suka dengan drama Korea? Jawabannya sudah pasti lebih banyak yang menyukai drama Korea dibandingkan yang tidak menyukai.

Drama Korea memang salah satu hiburan paling menarik dan tidak perlu mengeluarkan budget yang besar – Dok. Viva.co.id

Hal tersebut memang bukan sesuatu yang mengherankan, terutama bagi para cewek-cewek di Indonesia.

Selain memiliki jalan cerita yang menarik dan tidak membosankan, salah satu daya tarik yang paling khas dalam drama Korea yang disukai para cewek adalah para pemainnya merupakan cowok-cowok keren dan juga ganteng.

Berikut adalah 7 hal yang akan terjadi jika kamu sering menonton drama Korea :

1. Membuat Lupa Waktu

Bagi para pecandu Drama Korea akan selalu ada rasa penasaran dan tidak bisa berhenti begitu saja saat sudah mulai menonton. Drama Korea memang selalu sukses membuat penontonnya penasaran dengan kelanjutan disetiap episodenya.

Hal itulah yang membuat banyak pecandu drama Korea rela menghabiskan banyak waktu didepan layar hp/laptop, bahkan hingga rela begadang demi menyelesaikan drama .

Terlebih, episode dalam drama korea kebanyakan hanya 16 episode. Waahh bisa-bisa seharian kerjaanya hanya nonton drama aja nih.

Maka, sebaiknya bagi para pecinta drama Korea kamu harus bisa membagi waktu. Kapan saat harus menonton dan kapan saat harus berhenti. jika perlu, buatlah jadwal. Berapa jam dalam sehari kamu boleh menonton drama.

Dan tidak perlu mengikuti semua drama yang sedang tayang. Karena jika terus diikuti, percayalah hal itu tidak akan pernah ada habisnya.

Belajarlah untuk menonton yang benar-benar ingin ditonton saja dan konsisten dengan jadwal yang kamu buat agar waktumu tak habis hanya untuk menonton drama saja.

2. Mudah Baper terbawa oleh suasana

Sama halnya seperti Film, drama Korea juga memiliki banyak genre, dalam setiap genre pasti akan ada moment yang membuat penonton merasa baper dan melow terbawa oleh suasana dalam drama.

Misalnya, saat ada adegan romantis maka secara otomatis yang menonton pasti ikutan blushing, merasa seolah-olah tahu betul apa yang sedang dirasakan oleh si tokoh utama.

Atau saat alur cerita sedang menceritakan kegembiraan, entah mengapa kita sebagai penonton akan merasa bahagia. Dan ajaibnya bisa membuat mood kita menjadi bagus.

Pun sebaliknya saat ada adegan yang memilukan hati, akan membuat kita ikut merasakan kesedihan tersebut.

Hal-hal seperti inilah yang perlu disadari oleh para pecandu drama. Kamu harus sadar bahwa yang kamu lihat hanya sekedar drama, bukanlah sesuatu yang nyata.

Mungkin ada hal-hal yang bisa kamu pelajari dari setiap drama yang kamu saksikan. Tapi juga tak perlu larut-larut bersedih jika jalan cerita drama tidak sesuai dengan ekspetasimu. Intinya kamu harus tahu batasan antara drama dan kehidupan nyata.

3. Menjadi Tidak Sabaran

Untuk pecinta drama Korea versi On Going atau yang masih tayang, pasti akan merasa tidak sabaran saat menunggu kelanjutan dari setiap episodenya.

Saat merasa sedang asik-asiknya menikmati setiap adegan dalam drama kemudian dramanya berakhir, pasti akan membuatmu merasa kesal sendiri.

Terkadang saking penasaran dengan kelanjutannya dramanya, hingga membuat kamu mencari informasi dari berbagai sumber. Atau saat episode terbaru telah muncul tetapi subtitle belum tersedia. hal itu akan membuatmu semakin tidak sabaran dan uring-uringan.

Menunggu memang bukan hal yang menyenangkan yaah hehehe. Tapi itu bukanlah alasan untuk menjadikanmu sosok orang tidak sabaran hanya karena drama.

Malah seharusnya hal itu membuatmu berpikir dari sudut pandang yang berbeda. Misalnya, saat sedang menunggu kelanjutan episode berikutnya membuat kamu menyadari:

“oohh ternyata memang tidak semua hal harus kita ketahui disaat itu juga, karena semua ada waktunya. Mau bagaimanapun kita mencari, jika belum saatnya kita tahu. Maka, kita tidak akan mendapatkannya ”

4. Membuat banyak berkhayal

Saat kamu sedang menonton drama dengan begitu menghayati cerita dan masuk kedalam cerita tersebut. Tanpa sadar walaupun drama telah selesai tetapi kamu masih memikirkan beberapa adegan dari drama tersebut.

Terlebih jika ada adegan yang kamu anggap tidak sesuai dengan prediksimu, waahh pasti itu juga bisa bikin kamu berkhayal deh. Atau karena kebanyakan pemain drama nya tampan dan cantik jadi menjadikanmu berkhayal untuk memiliki pasangan yang mirip dengan karakter didalam drama yang kamu sukai.

Lagi-lagi, pencinta drama Korea harus mempunyai batas antara drama dan kehidupan nyata miliknya. Jangan hanya karena terlalu banyak menonton drama maka standar hidupmu mengikuti seperti apa yang kamu lihat didalam drama. Jika hal seperti itu terjadi, percayalah kamu tidak akan pernah merasa puas dengan hidupmu.

5. Demam Korea

Setelah melihat banyak drama Korea pasti kamu akan terjangkit virus demam Korea.

Mulai dari bahasa-bahasa yang biasa kamu dengar dalam drama yang secara sedikit demi sedikit kamu gunakan dalam percakapan saat mengobrol dengan teman sesama pencinta drama Korea.

Baik dan buruknya suatu hal tergantung kita dalam menyikapinya – Dok. Tehjasmine.weebly.com

Atau mulai mencari info tentang produk-produk kecantikan yang banyak digunakan oleh Artis Korea, lalu mencoba untuk menggunakannya.

Hingga membuat ingin tinggal di Korea
Intinya segala sesuatu tentang Korea akan sangat menarik perhatianmu.

Ini memang termasuk hal yang positif yang didapat karena menonton drama. Banyak juga yang berawal dari demam Korea, lalu itu menjadi suatu motivasi untuk bisa berbahasa Korea ataupun hal positif lainnya.

Tetapi ingat yaa semua harus sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Jangan pernah memaksakan keadaan hanya demi ingin seperti Artis dalam drama.

6. Kurang tidur dan kurang gerak

Saat kamu asik menonton drama Korea pasti kamu tidak akan mau melakukan aktivitas lainnya. Jangankan untuk bebenah rumah, kadang untuk makan pun terasa sangat malas.

Makanya jika kamu mau menonton drama Korea, yang pertama harus kamu pastikan adalah sudah menyelesaikan segala sesuatu yang harus kamu selesaikan.

Karena sekali kamu duduk depan layar monitor maka matamu akan selalu tertuju pada monitor hingga lelah dengan sendirinya.

7. Mengisolasikan Diri

Biasanya para pencinta drama Korea memang lebih senang menghabiskan waktu dikamar hanya dengan menonton drama-drama favoritnya.

Terkadang untuk menemui teman pun ada rasa malas karena merasa tanggung dengan episode yang sedang ditonton. Hal seperti inilah yang tidak baik, karena pada dasarnya manusia adalah mahluk yang saling membutuhkan bantuan dari orang lain.

Namun jika kita terlalu acuh dengan orang sekitar maka saat kita membutuhkan bantuan orang lain siapa yang akan membantu? Apakah artis dalam drama bisa membantu? Tentunya tidak. Maka jangan pernah abaikan orang dalam kehidupan nyata hanya demi sesuatu yang tidak nyata yaa guys.

**
Suka terhadap sesuatu adalah hal yang wajar. Namun yang tidak boleh adalah saat kita terlalu berlebihan dalam menyukai hal tersebut.

Drama Korea tidak sepenuhnya buruk, karena dalam drama juga ada hal-hal dan pesan moral yang bisa dipelajari dan diambil hikmahnya dalam setiap cerita, tetapi kembali lagi bahwa sesuatu yang berlebihan memang tidak baik.

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Toxic Positivity : Saat Kata-kata Positif Berdampak Negatif

Fri Aug 2 , 2019
Setiap orang pasti pernah merasakan kesedihan atau kekecewaan dalam hidup. Dan itu adalah hal yang normal. Tidak pernah ada, rasa yang bisa bertahan selamanya . Entah itu sedih, bahagia, kecewa, marah. Semua rasa itu pasti akan datang silih berganti dalam waktu yang berbeda atau bahkan bisa saja datang secara bersamaan. […]