Hal Yang Harus Kamu Ingat. Saat Rasa Ingin Menyerah Datang

Mungkin bukan hidup namanya, jika tidak pernah ada masalah disetiap perjalanannya. Sebagai manusia, tentu tidak akan pernah luput dari segala macam masalah yang hadir dalam hidup kita. Mulai dari masalah yang sepele hingga masalah yang membuat kepala terasa akan pecah dan membuat ingin lari dari kenyataan.

Gambar : Idntimes.com

Terkadang masalah tersebut datang dengan bertubi-tubi seolah tak memberi jeda waktu untuk kita bernapas lega, membuat kita merasa lelah menghadapinya. Namun, apapun keadaannya masalah tersebut harus  tetap dihadapi.

Karena, lari atau mengindari suatu masalah bukan sebuah solusi dan penyelesaian yang tepat. Walau kadang timbul rasa putus asa dan ingin menyerah.

Jika saat rasa ingin menyerah menghampiri, maka cobalah untuk ingat hal-hal berikut ini :

Tuhan Tidak Pernah Memberikan Cobaan Diluar Batas Kemampuan Kita

Walau kadang kita merasa masalah yang datang dalam hidup kita begitu berat dan terasa begitu mencekik, tapi bukan berarti hal itu tidak bisa kita lalui atau selesaikan. Wajar memang, saat kita merasa lelah dalam menghadapi masalah. Karena kita adalah manusia, yang mempunyai titik lelah.

Tetapi semua itu bukan alasan untuk menyerah dengan hidup, percayalah bahwa Tuhan tidak pernah memberikan cobaan diluar batas kemampuan kita. Ya, kata itu memang terdengar sangat klise namun memang begitu adanya.

Kadang bukan masalahnya yang berat, tapi cara pandang kita terhadap masalah itulah yang terlalu berlebihan. Kita sering merasa stres dengan semua masalah, padahal kita belum melakukan cara untuk menyelesaikannya, semua hanya sebatas dipikirkan saja.

Atau sudah berusaha namun merasa tak kunjung menyelesaikan semua masalah? jika hal ini terjadi memang terasa sangat menyebalkan. Namun yang patut dipertanyakan adalah “yakin sudah mencoba yang terbaik dalam menyelesaikan masalah?” jangan-jangan kita hanya melakukan hal-hal yang kita inginkan saja alias memilih-milih proses. Merasa sudah melakukan yang terbaik padahal hanya melakukan hal yang biasa dilakukan saja.

Tidak Ada Orang Sukses Yang Tidak Pernah Mengalami Cobaan Hidup

Kesuksesan dapat diibaratkan dengan puncak gunung, untuk dapat mencapai puncak gunung dan menikmati segala pemandangan indah diatas sana, harus melalui proses yang tidak mudah. Yaitu, melewati jalan terjal dan berbatu-batu.

Lelah sudah pasti, tapi saat kita terus berusaha maka hasilnya pun akan sesuai dengan apa yang kita usahakan.

Gambar : Idntimes.com

Ingatlah, bahwa tidak ada orang yang  sukses dengan cara instan. Semua harus melalui proses dan jalan hidupnya masing-masing.

Coba saja kalian cari tentang kisah-kisah orang sukses didunia ini, pasti sebelumnya mereka mengalami hal sulit terlebih dahulu hingga akhirnya bisa sukses.

Contohnya, Mark Zuckerberg, meskipun pada awalnya diremehkan oleh banyak orang karena keputusannya untuk membuat Facebook. Tapi pada akhirnya Mark mampu membuktikan dan melewati setiap cobaan yang ada. Kuncinya adalah jangan pernah berhenti berusaha.

Ingatlah Selalu Ada Orang Yang Sayang Dan Peduli Padamu

Merasa sendirian dalam menghadapi setiap masalah memang menjadi hal yang sangat berat dan membuat semakin down dalam menghadapi masalah.

Tetapi, sadar engga sih kalau sebenarnya bukan tidak ada yang menemani tetapi kita yang tanpa sadar menjauh dari orang-orang yang sayang terhadap kita.

Padahal masih banyak orang yang peduli dengan kita, hanya saja kita yang menutup mata akan kehadiran orang-orang tersebut. Beratnya masalah yang ada membuat kita lupa untuk bersyukur dan melihat hal-hal postif disekitar kita.

Maka saat kamu sedang ada dalam fase hidup yang kurang baik, atau sedang menghadapi masalah yang cukup berat. Ingatlah pasti ada orang yang setia mendukungmu. Entah itu keluarga atau sahabat, jangan pernah tutup matamu untuk kebaikan sekecil apapun.

Tuhan Selalu Ada Kapan Pun Kamu Butuh

Terkadang semua usaha telah kita lakukan, namun kita tetap tidak mampu mendapatkan jalan keluar dari masalah yang sedang kita hadapi. Hingga membuat kita ingin menyerah dalam menjalani hidup, padahal itu bukanlah sebuah solusi.

Mungkin selama ini kita terlalu sombong, berpikir bahwa kita mampu menyelesaikan semua. Hingga lupa bahwa Tuhan juga mempunyai andil besar dalam hidup kita. Dan kini saatnya kita kembali berserah dan percaya dengan kekuasaan Tuhan.

Cobalah untuk pasrah dan serahkan semua bebanmu kepada Tuhan, lakukanlah tugasmu sebagai manusia dan sisanya biarkan Tuhan yang bekerja. Bersujudlah dihadapan-Nya dan berdoalah mohon petunjuk-Nya. Dan ingatlah bahwa Tuhan selalu ada kapanpun hambaNya membutuhkanNya.

Setiap Masalah Pasti Ada Jalan Keluarnya

Kamu pernah merasa bahwa setiap masalah yang hadir dalam hidupmu seakan tidak ada hentinya? Meskipun merasa seperti itu, jangan pernah menyerah. Percayalah bahwa setiap masalah yang hadir pasti memiliki solusi. Asalkan kita mau untuk terus berusaha.

Karena sejatinya, dari masalah lah kita belajar banyak hal tentang hidup. Jika hidup tak pernah ada masalah lalu apa yang bisa kita pelajari? Bukankah setiap hal yang kita dapatkan selama ini berawal dari masalah-masalah yang hadir?

Kesabaran Selalu Berbuah Manis

Sebagai manusia yang setiap harinya selalu menghadapi masalah dan cobaan hidup, tentu terkadang merasa capek dan lelah. Namun, tetaplah bersabar, hadapi semua cobaan  dengan tabah dan lakukan yang terbaik semampu kita.

Yakinlah, bahwa suatu saat setiap usaha dan kesabaran kita dalam mengahadapi setiap masalah pasti akan berbuah manis. Disaat itulah semua lelah yang kamu rasakan dan air mata yang jatuh saat kamu merasa ingin menyerah akan terbayar, dan membuatmu tersenyum bangga pada dirimu sendiri karena mampu bertahan dan melewati semua ini.

Jadi hingga waktu itu tiba, semangat terus ya dan jangan pernah menyerah!

**
Sebagai manusia biasa, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada hidup kita nantinya. Meski kita sering merasa bahwa apa yang sedang kita lalui adalah hal yang berat, namun siapa yang tahu jika ini adalah salah satu cara kita menuju dengan apa yang kita impikan selama ini. Jika kita menyerah, sama saja kita melepaskan apa yang sudah kita impikan bukan?

Menyerah bukanlah sebuah pilihan hidup yang baik. Padahal makna hidup adalah tentang sebuah perjalanan dan pejuangan. Kita sebagai manusia memang ditugaskan untuk selalu berjuang, bahkan dari sebelum kita terlahir kedunia.

Semua memiliki kadar perjuangan yang berbeda-bedaa, kalau saat ini kamu sedang berada dalam keadaan ingin menyerah. Ingatlah telah banyak hal yang kamu lalui sebelumnya, sangat sayang jika tiba-tiba harus berhenti begitu saja.

Menyerah sekarang berarti akan membuatmu terbiasa menyerah diwaktu yang akan datang, dan akan membuatmu menjalani hari-hari berikutnya dengan tanpa tujuan. Karena menyerah sama saja dengan kehilangan tujuan hidup.

Jika kita tidak mudah menyerah, maka kita sudah dekat sekali dengan kesuksesan. Karena didunia ini, ada dua orang yang susah sekali dikalahkan. Yang pertama adalah orang yang sabar, kemudian yang kedua adalah orang yang tidak mudah menyerah  – Tere Liye

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Bukan Gila Harta. Tapi Inilah Alasan Kamu Kenapa Harus Terjun di Dunia Bisnis!

Thu Aug 15 , 2019
Pebisnis merupakan ‘makhluk asing’ di Indonesia. Saking asingnya, jumlah pebisnis yang ada di Indonesia engga mencapai 4 persen dari total penduduk yang menghuni negeri ini. Padahal jika mau berkaca ke negara tetangga yang sudah maju, Singapura misalnya. Jumlah pembisnis atau pengusahanya mencapai 7 persen. Itu artinya apa? Jika terus-terusan kondisinya […]