Inilah 5 Kuliner Asli Solo yang Paling Terkenal

Kota Surakarta atau yang lebih dikenal dengan nama Solo merupakan salah satu kota tujuan wisata paling populer setelah Jogja yang teletak di Pulau Jawa. Engga hanya tempat wisata kulinernya saja yang sering diburu, tetapi banyak juga wisata bersejarah dan kebudayaan setempat yang sudah banyak didatangi oleh para wisatawan Mancanegara. Namun tentu saja, jika kamu pergi ke kota kelahiran Pak Jokowi ini tak lengkap rasanya jika kamu gak mencoba 5 makanan khas Solo ini. Kamu engga mau kan menyesal gara-gara terlewatkan untuk mencicipi makanan khas solo berikut ini?

1. Sate Buntel

Sate Buntel
Sate Buntel (Sumber: Phinemo.com)

Makanan ini wajib kamu coba. Kenapa? Sebab dua orang paling berpengaruh di negeri ini, yakni Pak Soeharto dan Pak Joko Widodo sangat menyukai hidangan yang satu ini. Sate yang terbuat dari daging kambing cacah yang dibungkus oleh lapisan lemak tipis ini memang memberikan nuansa tersendiri bagi para penikmatnya.

Lemak pembungkus yang terbakar akan menambah aroma yang tentunya akan mengundang kamu untuk segera menikmatinya. Sate Buntel ini disajikan dengan bumbu kecap, irisan bawang merah dan daun kol, serta jeruk nipis dan cabai rawit sebagai tambahan. Saat kamu mencoba makanan khas Solo ii, kamu akan mengetahui kenapa Pak Soeharto dan pak Jokowi begitu menyukai Sate Buntel ini.

2. Selat Solo

Selat Solo
Selat Solo (Sumber: Resepkoki.id)

Segar, lezat dan sehat. Begitulah cita rasa dari Selat soto ini. Di lihat dari bentuknya, mungkin makanan ini agak sedikit aneh bagi kamu. Kenapa? Karena selat soto ini disajikan dengan kuah menyerupai semur, dengan isinya berupa kentang goreng, wortel iris rebus, potongan tomat yang segar, buncis rebus, daun selada, acar timun dan ditambahkan sedikit irisan daging yang tipis untuk menambahkan kelezatannya. Tapi kamu gak perlu khawatir, sebab selat soto ini memiliki cita rasa yang sangat pas dengan lidah orang Indonesia. Harga selat soto ini sekitar 16 ribu rupiah tiap porsinya.

3. Timlo

Timlo
Timlo (Sumber: Konsumenreview.com)

Saat berkunjung ke Kota Solo, makanan yang super enak ini merupakan salah satu sup yang paling sering diburu oleh para wisatawan. Dari segi nama, mungkin makanan yang satu ini terdengar asing di telinga kamu. Tapi dijamin, Timlo ini akan membuat kamu ngerasa kangen untuk datang lagi ke Solo. Makanan khas Solo yang satu ini disajikan dengan kembang tahu, telur dan daging ayam atau sapi ini. Dengan ditambah bawang goreng sebagai penambah rasa, timlo Solo bakal memuaskan nafsu makan kamu. Tak perlu khawatir, Timlo ini sudah bisa kamu rasakan hanya dengan merogoh kocek sekitar Rp. 10.000 saja, Lho!

Baca juga: Uniknya Ekologi Coffe

4. Nasi Liwet

Nasi Liwet Solo
Nasi Liwet Solo (Sumber: craftlog.com)

Walaupun nasi liwet terdapat dibeberapa kota lainnya yang ada di Indonesia, namun nasi liwet khas solo merupakan yang terbaik dan istimewa karena rasanya lezat dan akan memanjakan lidah kamu. Nasi yang satu ini dimasak dengan santan, kaldu ayam, daun salam dan serai sehingga rasanya gak perlu diragukan lagi. Selain itu, nasi liwet ini juga diiringi dengan beragam lauk pauk seperti telur dadar, ayam rebus yang dimasak dengan santan, labu rebus pedas, dan berbagaimacam lauk lainnya. Harga nasi liwet solo ini dijual dengan harga yang terjangkau, mulai dari harga 8 ribu rupiah tiap porsinya.

5. Serabi Solo

Serabi Solo
Serabi Solo (Sumber: Grosirmesin.com)

Banyak cabang Serabi yang sudah dibuka di seluruh Indonesia, tapi jika kamu ingin mencoba yang asli, langsung aja mampir ke Kota Solo. Serabi Solo ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai makanan manis. Camilan yang satu ini dibuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan. Setelah itu, kemudian bahan-bahan tersebut digoreng pada sebuah tungku. Beberapa variasi yang bisa kamu nikmati dari surabi SOlo ini antara lain topping pisang, taburan coklat, keju bahkan nangka.

Untuk mencari Serabi Solo, kamu gak bakal kesusahan. Camilan yang satu ini biasa ditemukan di tempat-tempat yang menjual makanan ringan tradisional, seperti pasar tradisional. Salah satu tempat yang populer dan legendaris yang bisa kamu kunjungi adalah Serabi Notosuman di Jl. Mohammad Yamin No 28, Solo.

 

Referensi:

1. blog.reservasi.com/5-makanan-khas-solo-murah-tapi-enak

2. pedomanwisata.com/news/makanan/5-makanan-khas-solo-yang-sangat-lezat

3. tripzilla.id/makanan-khas-solo/4940

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Cafee kekinian Yang Cocok Buat Nongkrong Bareng

Tue Aug 27 , 2019
Lucky Cat Coffee & Kitchen, Kuningan, Jakarta Selatan Cafe ini berada di daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Cafe ini menawarkan desain cafe yang  membuat kamu merasa seperti mengunjungi sebuah cafe outdoor. Padahal cafe ini berada di indoor. Memang cafe ini sengaja didesain sedemikian rupa agar para pengunjung merasa nyaman. Desain yang […]
Miss Unicorn Cafe