Inilah Teknologi yang tak Lekang oleh Waktu

Berkembangnya zaman mendorong perubahan pada teknologi. Jika dulu teknologi hanya digunakan untuk sektor – sektor tertentu, kini tidak lagi. Bahkan, setiap kehidupan manusia selalu diliputi oleh teknologi.

Tanpa sadar, kegiatan sehari – hari kita pun tak lepas dari teknologi. Smartphone, laptop, mesin – mesin pekerjaan sehari – hari, hingga peralatan rumah tangga pun tak lepas dari teknologi.

Teknologi merupakan sarana untuk menyediakan barang – barang yang diperlukan untuk umat manusia. Tujuan utamanya yaitu untuk kelangsungan dan kenyamanan kehidupan manusia. Dengan adanya teknologi, tentu pekerjaan akan semakin lebih mudah.

Teknologi sudah ada sejak zaman dahulu. Meski begitu, hingga saat ini masih ada teknologi – teknologi yang seolah tak lekang oleh waktu. Justru semakin berkembang. Apa saja itu?

Foto: Gerd Altman dari Pixabay

Inilah teknologi yang tak lekang oleh waktu:

Teknologi Informasi

Teknologi informasi berfungsi untuk memudahkan manusia dalam menerima dan memberikan informasi. Sangat berbeda dari zaman dulu, yang mana dalam memberi informasi saja harus menunggu keesokan harinya melalui koran.

Kini tak perlu lagi menunggu berita hingga keesokan harinya. Hal yang baru saja terjadi juga dapat langsung tersebar ke segala penjuru. Karena adanya internet, informasi menyebar begitu cepat.

Apalagi setelah adanya portal – portal berita atau website untuk menayangkan berita. Seperti yang dibahas pada blog Pak Sulthon, bahwa website dapat diakses melalui berbagai platform, mulai dari komputer, smartphone, atau gadget lainnya. Yang semakin memudahkan informasi tersebar secara cepat.

Teknologi Komunikasi

Tak berbeda jauh dengan teknologi informasi. Teknologi komunikasi juga semakin cepat berkembang. Jika dulu, mengirim pesan melalui fax, telegram, atau surat yang datangnya tidak bisa langsung, kini tidak lagi.

Teknologi komunikasi semakin berkembang. Kini, untuk berkomunikasi dengan orang lain begitu mudah dan cepat. Banyak sekali pilihan cara menghubungi orang lain. Tidak hanya melalui telepon dan sms, tapi juga berbagai aplikasi chatting yang memudahkan.

Meski teknologi komunikasi sudah berkembang, namun teknologi yang dari dulu hingga kini tidak ditinggalkan adalah berkirim surat. Jika dulu berkirim surat sebagai hal utama dalam komunikasi, kini tidak lagi. Orang berkirim surat untuk tujuan lain, misalnya mencari sahabat pena atau untuk berkirim surat ke sesama penggemar surat.

Teknologi Transportasi

Teknologi yang tidak lekang oleh waktu selanjutnya adalah teknologi transportasi. Transportasi diciptakan untuk mempermudah manusia melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain. Tentu semakin berkembangnya teknologi, transportasi juga akan semakin cepat.

Munculnya teknologi transportasi dimulai sejak penemuan roda. Yang digunakan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain supaya lebih mudah dan ringan. Seiring waktu berjalan, temuan akan transportasi semakin berkembang.

Teknologi transportasi semakin berkembang, dengan mengkombinasikan transportasi dengan mesin. Hingga kini, transportasi semakin maju. Bahkan, tidak hanya mempermudah saja, tapi juga bahan bakar yang digunakan semakin diperbaiki supaya tidak terus – menerus menggunakan sumber daya minyak.

Teknologi Medis

Bayangkan jika teknologi medis tidak berkembang, tentu akan banyak nyawa melayang karena penyakit. Kini, teknologi medis sudah maju. Contohnya saja alat – alat medis seperti mikroskop, CT-Scan, serta alat lainnya.

Dimana, teknologi ini menggabungkan komputer untuk menghasilkan diagnosis pada pasien. Vaksin dan obat – obatan pun semakin berkembang. Bayangkan saja, jika obat bius belum ditemukan, tak terbayangkan betapa mengerikannya operasi itu.

Teknologi Konstruksi

Teknologi konstruksi juga mengalami perkembangan. Namun, konstruksi di sini bukan seperti yang dijelaskan pada artikel di blog Pak Sulthon mengenai konstruksi website, melainkan konstruksi bangunan.

Dalam pengerjaan pembangunan suatu gedung, banyak alat – alat teknologi yang digunakan. Alat – alat berat dalam konstruksi termasuk teknologi. Dulu, untuk mengangkut bahan – bahan yang berat dalam pembuatan gedung, dibutuhkan katrol yang masih menggunakan tenaga manusia. Kini, mesinlah yang melakukan tugas tersebut. Bahkan, dalam pembuatan konstruksi juga menggunakan teknologi dari komputer.

Itulah teknologi – teknologi yang tak lekang oleh waktu. Yang keberadaannya justru semakin berkembang menjadi lebih baik.Namun tentunya, teknologi harus dikembangkan dengan bijak, supaya tidak menimbulkan masalah bagi dunia.

hidupkita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kuliner Khas Manokwari Yang Menggoda Untuk Dicicipi

Thu Jun 4 , 2020
Manokwari merupakan ibukota dari Provinsi Papua Barat. Sama halnya seperti kota-kota lainnya di Indonesia, Manokwari juga ternyata punya kekayaan kuliner khas yang sangat khas dan unik. Mau tahu ada apa saja makanan unik khas Manokwari Papua Barat yang sangat menggoda untuk dicicipi? Yukkk langsung disimak aja. 1. Ikan bakar Manokwari […]
Aunu Senebre