5 Kuliner Khas Manokwari Yang Menggoda Untuk Dicicipi

Manokwari merupakan ibukota dari Provinsi Papua Barat. Sama halnya seperti kota-kota lainnya di Indonesia, Manokwari juga ternyata punya kekayaan kuliner khas yang sangat khas dan unik. Mau tahu ada apa saja makanan unik khas Manokwari Papua Barat yang sangat menggoda untuk dicicipi? Yukkk langsung disimak aja.

1. Ikan bakar Manokwari

Ikan Bakar Manokwari
Ikan Bakar Manokwari (Sumber: blog.reservasi.com)

Sesuai namanya, kuliner yang satu ini memang jadi andalan dan sudah sangat favorit di Manokwari. Rasa dan aroma ikan bakar manokwari yang khas ini akan membuat para pecinta kuliner tak sabar ingin mencicipinya. Jenis ikan yang biasa digunakan dalam pembuatannya adalah ikan tongkol. Kuliner khas Manokwari ini biasanya dihidangkan dengan sajian yang pedas dan memiliki keunikan rasanya tersendiri. Eummhhh yummy pokonya mah!

Nah bagi kamu yang ingin mengunjungi Manokwari, jangan sampe lupa menyicipi ikan bakar Manokwari ini ya. Biar gak bingung, kamu bisa mencoba kuliner khas Manokwari ini di Rumah Makan Pangkep di Jl. Trikora Wosi, Kabupaten Manokwari, Papua Barat dari pukul 12 siang hingga 10 malam.

Baca juga: Tempat Makan di Jayapura

2. Sate Ulat Sagu

Sate Ulat Sagu
Sate Ulat Sagu (Sumber: tokopedia.com)

Kebanyakan masyarakat Indonesia mungkin terlihat ekstrem dan menggelikan melihat kuliner khas Manokwari yang satu ini. Tapi percayalah, melalui tangan-tangan kreatif masyarakat Papua ulat ini bisa diubah menjadi sebuah sajian makanan berbentuk sate yang paling lezat dan kaya akan gizi bermanfaat bagi tubuh.

Makanan khas Manokwari ini memang unik dan beda dari lainnya. Yaaaps namanya adalah Sate Ulat Sagu. Ulat sagu jelas merupakan bahan dasar dari kuliner yang satu ini. Ulat sagu ini memang sudah sering dikonsumsi oleh masyarakat Papua dan diolah terlebih dahulu sedemikian rupa sebelum dimakan. Sama seperti sate lainnya, cara mengolah makanan yang satu ini yaitu dibakar diatas arang yang sudah dipanaskan.

3. Kue Bagea

Kue Sagu Bagea
Kue Sagu Bagea (Sumber: mkwtourism.wordpress.com)

Bagea atau kue sagu merupakan kue tradisional yang merupakan kuliner khas Indonesia timur seperti Palopo Sulawesi Selatan, Makasar,  Manado, Bugis, Maluku, Maluku Utara dan Papua. Termasuk di dalamnya Manokwari. Tidak aneh memang, karena di Papua khusunya Manokwari memang cukup banyak ulat sagu dan salahsatu olahannya merupakan kue sagu bagea ini.

Kue sagu asal Manokwari ini punya tekstur yang keras dan agak susah digigit. Tapi kalo kue tersebut sudah masuk ke mulut, maka bakal berubah menjadi lembut. Makanya, memakan kue sagu ini biasanya menggunakan kuah ikan kuning seperti papeda. Satu lagi, kulimer khas Papua ini kadang diisi dengan kacang hijau sebagai variasinya.

4. Aunu Sanabre

Aunu Senebre
Aunu Senebre (Sumber: tokopedia.com)

Aunu Senebre merupakan salah satu makanan khas Manokwari yang harus kamu coba! Mungkin namanya agak sedikit asing di telinga kamu, tapi engga bagi yang pernah berkunjung ke Manokwari. Kuliner tradisional asal Manokwari yang satu ini terbuat dari bahan pokok yaitu nasi, ikan teri, kemudian dicampur dengan irisan daun talas..

Makanan ini memiliki tekstur yang engga kering. Daun talas yang diiris juga menambah rasa gurih dari aunu senebre. Bumbu resep yang digunakan pada kuliner ynag satu ini tidak banyak. Jika ingin menyicipinya, kamu bisa temukan aunu sanebre ini di warung-warung dekat pantai di Papua Barat. Disana banayak ko yang jual. Supaya lebih muntaaaap, akanan khas ini biasanya disantap dengan sepiring papeda atau umbu-umbian.

Baca juga: Tempat Nongkrong di Bandung

5. Es Buah Matoa

Es Buah Matoa
Es Buah Matoa (Sumber: tokopedia.com)

Mari kita beralih dari makanan ke minuman. Minuman khas Papua Barat yang satu ini yaitu es dengan campuran kolang kaling merah, agar-agar hijau, buah Matoa,serta rempah-rempah lainnya yang sering ditemui di tanah Papua. Setelah selesai kemudian dihias dengan jeruk limau dan daun pandan. Rasanya? Asam, manis, dan segar.

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Yuk Ketahui Pentingnya Artikel untuk SEO

Fri Jun 5 , 2020
Berkembangnya teknologi memaksa manusia mengubah tatanan kehidupan, tak terkecuali di sektor bisnis. Dulu, berbisnis identik dengan membuka toko dan menjajakan produk dagangan di toko. Dengan display yang cantik sehingga menarik minat orang lain. Kini, dengan bermodalkan internet dan gadget, bisnis dapat berjalan tanpa harus memiliki toko. Tanpa juga harus memajang […]
seo