4 Tips Mengurus Mutasi Motor Jupiter MX

yamaha
yamaha-motor.co.id

Motor Jupiter MX tergolong salah satu motor bebek yang masih banyak digandrungi oleh masyarakat  Indonesia. Karena banyaknya yang menyukai motor satu ini, tidak jarang banyak orang yang berpindah dari satu daerah ke daerah lain ikut serta membawa kendaraan bermotor kesayangan ini. Saat berpindah domisili dengan membawa kendaraan bermotor, maka pemilik kendaraan bermotor harus melakukan yang namanya mutasi motor.

Hanya saja, banyak orang yang mengatakan jika mengurus mutasi motor itu cukup ribet dan memakan waktu yang cukup lama. Tidak terkecuali mengurus mutasi motor seperti Yamaha Jupiter MX. Ada juga yang mengatakan jika mengurus mutasi motor juga membutuhkan biaya yang tidak murah. Anggapan-anggapan seperti ini yang membuat banyak orang yang akan mengurus mutasi motor lebih memilih menggunakan calo.

Padahal jika Anda mengetahui apa saya yang harus Anda siapkan secara lengkap dalam mengurus mutasi motor, maka Anda tidak akan lagi membutuhkan jasa dari calo. Nah, berikut ini akan ada beberapa tips yang akan disajikan untuk Anda dalam mengurus mutasi motor seperi Jupiter MX.

Apa itu Mutasi Motor?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tips-tips dalam mengurus mutasi motor, ada baiknya jika Anda mengetahui lebih dulu apa itu mutasi motor. Istilah mutasi kendaraan seperti mobil atau motor diperlukan saat seorang pemilik kendaraan berpindah dari satu domisili ke domisili yang lain.

Dalam hal ini, pemilik kendaraan diwajibkan untuk melakukan registrasi ulang sesuai dengan domisili atau tempat tinggal yang baru. Saat melakukan mutasi motor, plat nomor pemilik kendaraan bermotor akan diganti dengan plat nomor baru. Begitu juga dengan BPKB dan STNKnya.

Ketahui Berkas Apa saja yang Perlu disiapkan

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan yang akan mengurus mutasi motor adalah mencari tahu apa saja berkas yang harus disiapkan. Umumnya, beberapa berkas yang dibutuhkan dalam mengurus mutasi motor adalah STNK asli beserta fotokopiannya, BPKB asli beserta fotokopiannya, KTP asli beserta fotokopiannya, dan kwitansi pembelian motor yang dilengkapi dengan materai 6000.

Ketahui Biaya Apa Saja yang dibutuhkan

Setelah mencari tahu info mengenai apa saja berkas yang harus Anda siapkan, maka berikutnya Anda juga harus mencari tahu biaya apa saja yang dibutuhkan dalam pengurusan mutasi motor seperti Jupiter MX.

Secara umum, jenis-jenis biaya mutasi Jupiter MX terdiri dari, bea balik nama, biaya penerbitan STNK, biaya penerbitan tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB), biaya penerbitan BPKB, biaya penerbitan surat mutasi, biaya pajak kendaraan, dan biaya sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLJJ).

Untuk pengecekan fisik, biasanya tidak dikenakan biaya. Namun, di beberapa daerah, untuk cek fisik kendaraan motor terkadang juga dikenakan biaya. Hal ini bergantung dengan Samsat tempat Anda mengurus mutasi.

Ketahui Alur Mengurus Mutasi Motor

Tips berikutnya supaya Anda tidak salah dalam memahami alur pengurusan mutasi motor, Anda harus mencari informasi yang tepercaya mengenai hal ini. Setidaknya ada beberapa langkah yang harus dilalui dalam pengurusan ini mulai dari datang ke Samsat hingga cek fisik kendaraan. Dengan mengetahui alur mengurus mutasi motor, tentu akan memudahkan Anda nantinya saat datang ke kantor Samsat terdekat. Kemudian, mengenai informasi lengkap untuk biaya dan syarat mutasi bisa Anda lihat disini.

Itulah beberapa tips singkat yang harus Anda ketahui mengenai mutasi motor. Memang bagi beberapa orang mengurus mutasi motor bisa jadi membuat repot dan membutuhkan banyak pengeluaran. Namun, jika setiap alurnya diketahui dan dipahami secara jelas, maka mengurus mutasi motor tidak lagi sesusah yang dibayangkan.

hidupkita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kuliner Khas Merauke yang Didominasi Olahan Rusa

Sun Sep 5 , 2021
Merauke memang punya pesona yang tiada habisnya. Engga cuma keindahan alamnya saja, daerah yang terletak di ujung timur Indonesia ini punya kuliner khas yang sulit ditemukan di wilayah lainnya di nusnatara ini. Kuliner khas Merauke ini didominasi oleh olahan daging rusa. Baik yang dibuat dengan cara digoreng hingga dibuat sate, bakso dan […]