Studi Kelayakan Bisnis

Sebelum membuka suatu bisnis, hal yang penting dilakukan sebelum memiliki modal adalah membuat studi kelayakan bisnis. Studi kelayakan bisnis perlu dilakukan untuk menghitung apakah bisnis yang akan dijalankan layak atau tidak.

Karena jangan sampai terjadi, bisnis justru bangkrut di awal pendiriannya. Karena, dalam berbisnis harus dilakukan perhitungan yang jelas dan matang. Yang mana ini menjadi kunci keberhasilan dalam suatu bisnis.

Apa itu Studi Kelayakan Bisnis?

bisnis
Sumber: bccourier.com

Studi kelayakan bisnis adalah kegiatan yang mempelajari bisnis yang akan dilakukan secara mendalam. Menentukan apakah bisnis tersbut layak untuk dijalankan atau tidak. Tujuannya adalah untuk mengukur bisnis dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dan mencegah bisnis berhenti di tengah jalan.

Meskipun penting, tidak semua para pebisnis menggunakan studi kelayakan bisnis. Biasanya ini dialami oleh pebisnis skala kecil hingga menengah. Karena untuk melakukan studi kelayakan bisnis cukup rumit dan perlu dilakukan dengan teliti.

Namun, jika bisnis sudah masuk ke skala besar. Mulai dari CV hingga perusahaan misalnya, tentu sangat memerlukan studi kelayakan bisnis. Supaya bisnis yang dijalankan dapat bertahan lama dan tidak berhenti di tengah jalan.

Karena cukup sulit, kini ada juga jasa yang menyediakan jasa pembuatan studi kelayakan. Dimana, jasa ini menyediakan orang – orang yang mumpuni dan paham di bidang bisnis. Baik dari segi pemasaran, keuangan, sumber daya, serta operasionalnya.

Dengan jasa studi kelayakan ini, pelaku bisnis dapat mengetahui risiko yang kemungkinan terjadi dan bagaimana mengatasinya. Plan ketika terjadi kegagalan pun dimuat dalam studi kelayakan ini.

Aspek Studi Kelayakan Bisnis

Dalam melakukan studi kelayakan, ada aspek – aspek yang harus diteliti. Namun, aspek – aspek ini bersifat fleksibel, sehingga dapat disesuaikan dengan bisnis yang akan dijalankan.

Diantaranya ada aspek hukum atau legalitas, yang menyangkut hal – hal berhubungan dengan legalitas atau ketentuan hukum dalam mendirikan perusahaan. Ini sangat penting, apalagi perusahaan yang dibuat akan berbadan hukum. Sehingga poin – poin terkait izin, surat tanda daftar perusahaan, NPWP, SIUP, akta pendirian perusahaan dari notaris, dan surat lainnya harus lengkap.

Selanjutnya adalah aspek manajemen, dimana ini menjadi aspek dasar yang harus dianalisis. Aspek manajemen ini berkaitan dengan operasional perusahaan, baik pembangunan maupun pengembangan. Dimana, aspek manajemen ini memiliki cakupan yng paling luas, karena menyangkut kegiatan manajerial perusahaan.

Aspek pasar dan pemasaran, dimana aspek yang satu ini diteliti guna menjawab pertanyaan apakah produk yang diproduksi perusahaan memiliki peluang pasar atau tidak. Oleh karena itu, perlu diperhatikan potensi pasar, daya beli masyarakat, jumlah konsumen, segmentasi, situasi persaingan, dan lainnya.

Aspek selanjutnya adalah aspek keuangan, dimana modal menjadi bagian penting juga dalam membangun bisnis. Bahkan sebelum membangun bisnis, perlu dilakukan proses penganggaran supaya bisnis berjalan lancar. Dan supaya modal tidak dibuang percuma hanya karena pemborosan saat menjalankan bisnis.

The last but not least adalah aspek ekonomi dan budaya. Dimana aspek ini memberikan dampak tidak hanya di dalam perusahaan, tapi juga di luar lingkungan perusahaan. Bagaimana bisnis ini berpengaruh dengan adat istiadat di daerah sekitar. Sementara dari aspek ekonomi, menilai bagaimana perusahaan berdampak pada tingkat pendapatan per kapita wilayah tempat usaha didirikan.

Jasa Studi Kelayakan Bisnis

Tentunya, untuk membuat studi kelayakan bisnis harus memuat aspek – aspek tersebut, meski aspek ini bersifat fleksibel. Hal ini dilakukan supaya rencana bisnis dapat dijalankan dengan baik. Namun, untuk dapat menilai aspek – aspek tersebut, dibutuhkan orang – orang yang pandai di bidangnya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi pelaku bisnis untuk menggunakan jasa pembuatan studi kelayakan bisnis. Supaya studi kelayakan dilakukan oleh mereka yang benar – benar ahli, sehingga mampu menjadi pedoman dalam membangun bisnis.

hidupkita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

5 Kuliner Khas Pematang Siantar, Cocok Banget Bagi Pecinta Mie!

Sat Aug 8 , 2020
Mie merupakan makanan yang diadaptasi dari budaya Tionghoa. Makanan yang satu ini sangat populer di Indonesia. Beragam olahan mie kini tersebar di Tanah Air. Nah salah satu surga bagi pecinta mie adalah Pematang Siantar. Di kota terbesar kedua setelah Medan di Sumatera Utara ini kamu dapat menemui beragam olahan mie. Bukan […]
Mie Gomak