5 Kuliner Khas Pematang Siantar, Cocok Banget Bagi Pecinta Mie!

Mie merupakan makanan yang diadaptasi dari budaya Tionghoa. Makanan yang satu ini sangat populer di Indonesia. Beragam olahan mie kini tersebar di Tanah Air. Nah salah satu surga bagi pecinta mie adalah Pematang Siantar. Di kota terbesar kedua setelah Medan di Sumatera Utara ini kamu dapat menemui beragam olahan mie.

Bukan cuma satu atau dua jenis saja, tapi banyaaak banget. Nah berikut ini merupakan 5 kuliner khas Pematang Siantar yang wajib kamu coba saat berkunjung kesana. Apalagi kalo kamu mengaku pecinta mie karena di Pematang Siantar banyak banget olahan mie dengan berbagai variasi. Biar gak penasran yukk langsung di simak aja!

1. Lontong Mie

Lontong Mie
Lontong Mie (Sumber: travelingyuk.com)

Lontong mie merupakan kuliner khas Pematang Siantar yang berbahan dasar mie kuning atau putih. Karena namnaya lontong mie maka mie ini disajikan dengan potongan-potongan lontong. Kuah yang digunakan untuk menambah cita rasa sedappada hidangan ini adalah kuah santan.

Sementara rempah-rempah pilihan yang digunakan untuk menambah madep lontong mie ini yaitu lengkuas, kemiri, dan jahe. Belum lagi ditambah nangka muda rebus, kacang panjang, dan terong ungu. Wuihhh makin muantaaap aja. Dengan menyiapkan budget 10 ribu saja, kamu bisa menjajal penganan ini di kedai lontong yang berada di Jalan Bahagia, Siantar Selatan.

Baca juga: Tempat Nongkrong di Pematang Siantar

2. Mie Gomak

Mie gomak merupakan kuliner Pematang Siantar lainnya yang berbahan dasar mie. Untuk menyatukan bumbunya, roses pembuatan mie yang satu ini diaduk alias digomak dengan tangan. Dalam pengadukannya, sebagian pedagang membuat mie ini menggunakan tungku tradisional. Tujuannya yaitu untuk menjaga rasa dan agar bumbu lebih meyerap, dan juga aroma mie nya tetap harum.

Bumbu khas dari mie gomak ini adalah andaliman. Bagi yang belum tau, bentuknya itu seperti lada namun tergolong dalam jenis bunga-bungaan pada keluarga sitrus. Bumbu lainnya yang digunakan yaitu bawang, merica, cabai merah, kunyit, lengkuas, serai, dan lainnya. Kudapan yang satu ini memiliki cita rasa kaya berkat beragam rempah-rempah yang digunakan, jadi kamu wajib mencobanya sendiri.

3. Miso

Miso
Miso (Sumber: travelingyuk.com)

Miso ini merupakan singkatan dari mie dan sop. Isinya berupa mie kuning basah dan bihun atau bisa juga salah satunya, tinggal disesuaikan dengan selera saja. Sekilas sih hidangan ini mirip dengan soto ayam, tapi bumbu yang digunakannya berbeda, seperti kembang lawang, kapulaga, kayu manis, pala, lada, dan rempah lainnya.

Cita rasanya ssungguh ‘kaya’ dan sedap, apalagi kalo pake daging atau tetelan sapi untuk kuah kaldunya. Dalam satu porsi makan, miso biasanya juga disajikan dengan seporsi sate berbumbu rendang di piring terpisah. Harganya cukup terjangkau ko, kamu cukup perlu merogoh kocek 12 ribuan saja.

4. Mie Pangsit

Mie Pangsit
Mie Pangsit (Sumber: travelingyuk.com)

Olahan mie lainnya yang berasala dari Pematang SInatara adalah mie pangsit. Kuliner ini jangan sampai kamu lewatatkan untuk disantap, khusunya bagi non-muslim. Kenapa? Pasalnya dalam satu porsi mie pangsit ini terdapat taburan daging babi yang merupakan ciri khasnya.

Selain mienya yang kenyal, keistimewaa lainnya dari mie yang satu ini terletak pada pangsit alias wonton yang dihidangkan dalam mangkuk mie. Sayuran yang biasanya di gunakan sebagai topping nya yaitu taoge dan sawi hijau. Kamu bisa mencoba satu porsi mie pangsit Siantar ini dengan modal Rp10 ribuan saja. Jadi cukup terjangkau lah yaa

Baca juga: Tempat Makan di Medan

5. Roti Ketawa

Roti Ketawa
Roti Ketawa (Sumber: Idntimes.com)

Setelah membahas berbagaimacam olahan mie, sekarang kita pindah ke yang lain ya hehe. Kuliner terkakhir yang merupakan khas Pematang Siantar adalah roti ketawa. Memiliki nama yang unik, bentuk dari roti yang satu ini yaitu bulat dan ada belahan di permukaannya, persis seperti wajah yang sedang tersenyum.

Teksturnya sedikit keras dan rapuh. Di permukaannya ditaburi wijen yang menambah sedikit rasa gurih. Di tokonya, roti ini dijual dengan dua versi, kecil dan besar. Biasanya roti ketawa ini digoreng langsung saat ada yang memesan. Jadi, kamu gak perlu khawatir dengan kualitas rotinya. Harganya juga terbilang murah lho, cukup mengeluarkan uang 10 ribu kamu sudah bisa membungkus camilan yang satu ini

Irvan Daniansyah

Lagi belajar istiqomah untuk menulis. Semoga ada manfaatnya yaa :))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Kain Tenun Khas Waingapu Sumba Timur

Fri Aug 14 , 2020
Waingapu merupakan ibukota Kabupaten Sumba Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kota Waingapu merupakan kota terbesar yang ada di Pulau Sumba. Kota ini terkenal dengan alamnya yang cantik dan eksotis, begitu pula dengan kain tenun khas Waingapu. Destinasi wisata yang biasa dikunjungi saat trip sumba ada beragam dan cukup terkenal, seperti […]
Tenun Waingapu Sumba Timur