Teruslah Melangkah Maju, Kamu Tidak Harus Selalu Mendengar Apa Kata Orang

Merasa diterima atau diakui oleh orang lain adalah hal yang sangat diinginkan oleh setiap orang, hal itu pun dapat menjadi ketenangan tersendiri bagi sebagian orang. Tak heran, jika banyak orang yang sangat memperdulikan “kata orang” tentang hidupnya. Sehingga, terkadang stres jika apa yang dilakukan tidak sesuai dengan apa kata orang.

Gambar : Idntimes.com

Tapi apakah kamu tahu? Bahwa tidak semua kata orang itu benar dan harus diterapkan dalam hidup kita loh. Apalagi jika kata-kata tersebut adalah kata yang kejam dan terkesan menjatuhkan, maka sudah sepantasnya kamu mengabaikan itu semua.

Memang benar, terkadang kita harus mendengarkan kritik orang lain untuk memperbaiki kualitas diri kita, namun kita juga harus pintar-pintar dalam memilih mana komentar yang benar-benar membangun dan bisa membuat kita menjadi lebih baik, atau itu hanya sekedar komentar yang dibuat untuk menjatuhkan dan mematahkan semangat kita.

Kamu mempunyai banyak alasan kenapa kamu tak harus mendengarkan semua tentang “kata orang”, diantaranya adalah :

Ini Adalah Hidupmu, Bukan Hidup Meraka

Kadang kita memang memerlukan cara pandang orang lain untuk mengetahui tentang yang terjadi dihidup kita, namun jangan serahkan 100% penilaian itu kepada orang lain. Karena, bagaimana pun ini adalah hidupmu bukan hidup mereka.

Yang lebih tahu banyak dan lebih memahami tentang apa yang terjadi dalam hidupmu, yaa hanya kamu. Orang lain hanya bisa melihat dari sisi luar saja, mereka tak sepenuhnya paham tentang apa yang sedang kamu jalani.

Jadi jangan pernah serahkan hidupmu kepada orang lain, melainkan cobalah untuk lebih mengenal tentang dirimu. Agar kamu bisa yakin dengan segala keputusan yang kamu ambil untuk hidupmu.

Kamu Memiliki Keunikan Tersendiri. Kebaikan Menurut Orang Lain, Belum Tentu Menjadi Kebaikan Bagi Hidupmu

Berkomentar memang hal yang paling mudah, siapa pun bisa dan boleh berkomentar sesuka hati. Tapi apakah komentar orang lain sudah pasti akan membawa kebaikan untuk hidupmu? Jawabanya sudah pasti TIDAK.

Karena sesuatu yang baik bagi si A belum tentu baik jika dilakukan oleh si B. Misalnya, saat temanmu terlihat sukses menjalani karirnya sebagai Pegawai Negeri, maka belum tentu hal yang sama akan terjadi dalam hidupmu. Karena setiap orang mempunyai jalan hidup yang berbeda-beda.

Menapaki jalan yang sama belum tentu akan mendapatkan hal yang sama juga, karena cara pikir setiap orang berbeda-beda. Setiap orang memiliki kepribadian dan keunikannya masing-masing. Yang harus kita lakukan adalah terus menggali tentang keunikan yang kita miliki, tanpa membanding-bandingkan dengan keunikan orang lain.

Tidak Semua Cibiran dan Celaan  Dapat Membangkitkan Semangat. Ada Beberapa Yang Justru Membuat Kita Semakin Terpuruk

Katanya, saat kita mendapatkan cibiran atau cacian pedas dari orang lain maka, hal tersebut akan menjadi motivasi untuk kita menjadi lebih baik lagi. Tapi pada kenyataannya, saat kita mendapatkan celaan tentang diri kita malah bisa membuat kita semakin terpuruk.

Jika kita tidak siap dengan segala cibiran, malah membuat kita membenarkan apa yang dikatakan orang, lalu malas untuk membuat suatu karya atau melanjutkan kembali hal-hal sebelumnya sudah dilakukan.

Maka, agar hal tersebut tidak terjadi, hal yang pertama harus kita lakukan adalah sadar dengan apa yang sedang kita lakukan atau kerjakan. Pahamilah, bahwa setiap hal yang kita lakukan pasti akan selalu menimbulkan pro dan kontra.

Yang kedua, kita harus memiiliki tujuan yang jelas serta niat yang kuat tentang apa yang sedang kita lakukan, agar saat mendapatkan celaan dari orang lain tidak akan membuat kita terpuruk dan berhenti ditengah jalan.

Sesekali kita memang perlu mendengarkan pendapat orang lain, tapi tidak semua kata orang harus kamu ambil pusing, fokus saja dengan yang kamu kerjakan. Dan buktikanlah bahwa tak semua yang mereka katakana itu benar.

Kamulah Orang Menjalani Semuanya, Keberhasilan Dan Kegagalan Sebenarnya Bukanlah Urusan Mereka

Salah satu hal yang sering membuat hidup kita stuck adalah besarnya rasa takut untuk memulai sesuatu. Apalagi jika harus melakukan sesuatu diluar zona nyaman kita,waahh pasti akan sangat sulit dan berat untuk dilakukan.

kamu memiliki kebebasan menentukan jalan hidupmu – Gambar : Idntimes.com

Terlebih jika harus mendapatkan label sebagai orang yang gagal, membayangkannya saja sudah sangat ngeri dan menakutkan. Maka tak heran, jika semakin banyak orang yang lebih betah bermain dalam zona nyaman.

Padahal sekalipun apa yang kita lakukan gagal, pasti ada saja hal baru yang dapat kita terima dari kejadian tersebut. Karena tidak akan pernah ada keberhasilan jika tidak ada yang namanya kegagalan.

Maka, cobalah menjadi orang yang bersikap positif dan memiliki semangat yang tinggi untuk melakukan hal-hal baru tanpa memperdulikan orang-orang yang hanya bisa berkomentar tentang hidupmu, tanpa tahu usaha yang pernah kamu jalani.

Pikiran Manusia Selalu Berubah-ubah, Jika Saat Ini Kita Dianggap Buruk, Tapi Kita Tidak Pernah Tahu Bagaimana Dimasa Depan kelak

Manusia adalah mahluk yang memiliki akal, dan hal itu yang  membuat manusia selalu berubah-ubah. Jika saat ini banyak yang menilaimu buruk, tapi jika kamu terus mencoba melakukan yang terbaik dan memperbaiki diri. Maka, tidak menutup kemungkinan seiring berjalannya waktu mereka mulai melihat sisi yang sebelumnya tak terlihat oleh mereka.

Yang perlu kita lakukan adalah terus berusaha yang terbaik. Jika ditengah jalan merasa lelah, maka istirahatlah tapi jangan pernah menyerah.

Hidup Ini Terlalu Singkat Untuk Sekedar Mendengar Pendapat Buruk Orang Tentang Kita

Hidup ini hanya sekali, waktu yang telah berlalu pun tak dapat kita ulangi. Jika kita terlalu sibuk mengurusi pendapat orang lain, lalu kapan kita mau memulai?

Selama kita yakin apa yang kita lakukan adalah hal yang benar dan tidak bertentangan dengan norma dan agama, maka lanjutkan saja.

Kamu hanya perlu membuktikan bahwa kamu bisa meraih keberhasilan dengan apa yang sedang kamu kerjakan saat ini. Dengan sendirinya mereka akan tahu bahwa mereka telah salah menilai. Yakinlah bahwa setiap usaha dan doa yang terbaik maka akan menghasilkan yang terbaik.

**
Tidak mudah memang untuk bisa mengabaikan begitu saja apa kata orang, tapi kita pun tidak akan pernah bisa mengikuti semua yang dikatakan orang. Karena hal tersebut tidak akan pernah ada habisnya.

Yakin sepenuhnya dengan apa yang sedang kita jalani pun bukan hal yang mudah, tapi jika kita saja tidak mampu meyakinkan orang lain, bagaimana kita mampu membuat orang lain yakin?

Ingatlah, bahwa kamu tidak akan pernah mampu membahagiakan semua orang, tapi kamu sangat mampu untuk membuat dirimu bahagia dengan caramu.

Mungkin kita pernah merasakan gagal, jatuh dan terpuruk. Tetapi dibalik semua itu pasti tersimpan banyak pembelajaran mahal yang kita dapatkan.

Setiap keberhasilan dalam hidup selalu didapatkan komplit dengan prosesnya, tidak pernah ada yang instan. Selama kita sabar menjalani setiap prosesnya maka suatu saat pasti akan mengantarkan kita pada keberhasilan.

Sri Raditiningsih

Hanya Seseorang yang ingin mencoba membuat karya dan berbagi melalui sebuah tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Inilah Alasan Saya Kenapa Akhirnya Memutuskan Berbisnis di Usia Muda!

Sat Aug 17 , 2019
Masa muda merupakan masa dimana seseorang lagi idealis-idelisnya. Bahkan kadangakala idealisme yang di pegang teguhnya itu susah sekali untuk di ganggu gugat. Tapi seperti itulah anak muda. Ia punya pendirian, punya sikap, dan tidak mudah terbawa arus. Walaupun mungkin ada saja yang kebalikannya. Tapi saya yakin jumlahnya hanyalah segilintir orang […]